Kemunculan robot kuno pada chapter sebelumnya di seri manga One Piece sepertinya bukan sekedar pelengkap semata. Karena, robot tersebut ternyata memiliki sejarah panjang dan bahkan terlibat dalam sebuah peristiwa besar. Seperti yang Geeks ketahui, robot kuno tersebut pertama kali muncul di chapter 1065 kemarin saat Luffy, Bonney, Jinbe, dan Chopper berada di tempat pembuangan penemuan Vegapunk.

Robot tersebut nampak sudah usang dan berkarat. Nampak juga sebuah besi besar tertancap di bagian tengah tubuhnya. Hal ini pun berhasil membuat para fans penasaran dengan robot tersebut. Banyak spekulasi yang kemudian muncul terkait robot kuno itu, namun pada akhirnya informasi sebenarnya mengenai robot tersebut muncul di chapter 1067.

Sejarah Robot Kuno

Menurut penjelasan dari Vegapunk di chapter 1067, robot kuno tersebut pertama kali dibuat pada 900 tahun yang lalu. Namun, sayangnya Vegapunk tidak mengetahui dari mana asalnya atau apakah ini juga merupakan salah satu teknologi ciptaan Kerajaan Kuno. Selain tidak tahu asal-usulnya, Vegapunk pun tidak tahu apa tujuan pembuatannya dan misi dari robot raksasa tersebut.

Kemudian, dia menjelaskan jika 200 tahun yang lalu robot tersebut pergi ke Red Line dan menyerang wilayah Mary Geoise. Serangan robot kuno itu membuat semua orang panik dan ketakutan. Pasalnya, pada saat itu, tidak ada teknologi canggih yang mampu untuk menciptakan robot secanggih dan luar biasa seperti itu. Sayangnya, sebelum misinya selesai robot tersebut kemudian kehabisan sumber daya.

Pihak World Government memerintahkan untuk menghancurkan robot tersebut, tetapi karena rasa penasaran yang besar para peneliti dan ilmuwan zaman dahulu memutuskan untuk menyembunyikannya. Vegapunk sendiri sampai sekarang masih belum mengetahui apa yang menjadi sumber kekuatan robot tersebut. Meskipun begitu, mungkin ada dua hal yang bisa mengembalikan fungsi robotnya.

Kekuatan Matahari/Api Nika

Dalam chapter 1065, salah satu kloning Vegapunk, Lilith, menjelaskan bahwa Vegapunk masih mencari sebuah sumber daya yaitu api abadi. Dia menjelaskan bahwa semua teknologi dan hal modern yang ada di pulau Egghead berasal dari api, atau digerakan oleh api. Vegapunk sendiri masih mencari keberadaan “eternal flame” atau “api abadi” untuk menjadi sumber daya teknologinya.

Seperti yang kita ketahui, Gear 5 Luffy memiliki kekuatan api yang luar biasa. Selain itu, Nika juga merupakan sosok dewa matahari yang artinya Luffy memiliki apa yang Vegapunk butuhkan. Berdasarkan hal itu, dengan menggunakan kekuatan Nika, Luffy akan mampu untuk membangkitkan kembali robot kuno tersebut. Menggunakan api abadi dari kekuatan Nika sebagai sumber tenaga untuk membangkitkan robot kuno itu juga rasanya cukup masuk akal.

Jika kemudian hal ini benar terjadi, artinya Vegapunk hanya tinggal mencari cara bagaimana mengalirkan energi atau kekuatan Nika untuk menjadi sumber dayanya. Mungkin, ini juga menjadi momen bagaimana dia akan meneliti atau memberikan informasi lainnya mengenai buah iblis Nika. Misalnya, mengapa ini bisa jadi buah iblis yang berbahaya atau luar biasa.

Kekuatan Cola Franky

Selain kekuatan matahari dari buah iblis Nika, robot kuno itu bisa saja dihidupkan kembali dengan menggunakan sumber energi lain seperti cola. Franky dan Thousand Sunny membutuhkan cola untuk menjadi sumber tenaga. Sunny membutuhkan dua tong cola untuk bisa menembakan meriam gaon. Atau bisa juga digunakan untuk melakukan berbagai hal luar biasa lainnya.

Di sisi lain, Franky adalah seorang cyborg yang mana artinya dia sudah sangat familiar dengan hal robotik dan fungsi-fungsinya. Franky juga memiliki teknologi canggih di badannya yang mana semuanya dia lakukan dan aplikasikan secara mandiri. Salah satu petunjuk yang muncul dari penjelasan Vegapunk mengenai robot kuno tersebut adalah sumber dayanya tidak bisa ditemukan di era modern.

Berdasarkan hal tersebut, tidak ada bahan bakar yang mampu membangkitkan kembali sang robot. Artinya perlu ada cara baru untuk membangkitkannya, yaitu tidak lain dengan cara mengubahnya menjadi sumber daya yang berbeda. Dan berbicara mengenai sumber daya/tenaga alternatif, maka sistem berbasis cola yang Franky ciptakan dan kembangkan bisa menjadi solusinya. Franky berhasil mengubah kekuatan karbonasi menjadi sumber energi yang luar biasa.

Ini tentunya bisa menjadi momen Franky untuk menunjukan kecerdasan yang dia miliki, yang mungkin akan membuat Vegapunk terkejut. Di sisi lain, banyak yang meyakini bahwa ini akan menjadi arc milik Franky yang mana inilah momen untuk menghadirkan alur cerita tersebut. Lagipula, robot ini bisa mereka gunakan untuk menghancurkan pasukan CP0 yang berada di luar pulau Egghead. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.