World Government memiliki beberapa nama incaran dalam daftar mereka di seri One Piece. Sebagai organisasi yang menguasai dan mengatur di seluruh dunia, World Government menjadi kekuatan mutlak di dunia tersebut. Tidak boleh ada yang mengatur, menghentikan, atau bahkan ikut campur keputusan mereka. Meskipun begitu, ada juga nyatanya beberapa pihak yang bertentangan dengan mereka.

Sebagian pihak memutuskan untuk melakukan pergerakan diam-diam, dan sebagian lainnya menyatakan dengan jelas dan terbuka bahwa mereka menjadi musuh bagi World Government. Hal inilah yang kemudian membuat mereka memiliki daftar nama yang menjadi incaran seperti yang bisa kita lihat di sepanjang ceritanya. Lalu, siapa saja karakter yang jadi incaran World Government?

Blackbeard

Blackbeard merupakan salah satu karakter terkuat di seri One Piece saat ini. Hal ini berkat kelebihan yang dia miliki yang membuatnya bisa memiliki dua kekuatan buah iblis sekaligus. Sebenarnya, masih menjadi sebuah pertanyaan besar mengapa Blackbeard menjadi incaran World Government. Spekulasi sendiri menyebutkan jika hal tersebut ada kaitannya dengan Blackbeard yang dianggap sebagai sosok yang mewarisi tekad Rocks D. Xebec.

Seperti yang kita ketahui, Rocks D. Xebec memiliki impian untuk menguasai dunia. Blackbeard pun memiliki impian yang sama. Karena itulah, World Government mengincar sosoknya. Selain tentang Rocks, ada juga kemungkinan jika Blackbeard menjadi incaran World Government karena “kelebihan” yang dia miliki yang berkaitan dengan kekuatan dua buah iblisnya. Mereka mungkin penasaran mengapa Blackbeard bisa melakukannya.

Nico Robin

Nama Nico Robin yang menjadi incaran World Government mungkin sudah tidak asing bagi Geeks semua. Hal ini wajar mengingat dia diketahui menjadi satu-satunya orang yang selamat dalam peristiwa mengerikan yang terjadi di tempat tinggalnya dahulu, Ohara. Sedari kecil, Robin sudah menjadi incaran pihak World Government karena kemampuan yang dia miliki yaitu membaca Poneglyph.

Bahkan, bisa dibilang, untuk saat ini Robin adalah satu-satunya orang yang mampu membaca huruf Poneglyph. Hal inilah yang kemudian membuat Nico Robin menjadi incaran banyak pihak. Pada chapter 1028 kemarin, World Government mengeluarkan perintah untuk menangkap Nico Robin. Hal ini sepertinya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah tidak ada satu orang pun yang bisa pergi ke Laugh Tale.

Shirahoshi

Shirahoshi merupakan putri dari sang raja laut penguasa pulau manusia Ikan, Neptune. Meskipun Shirahoshi terlihat bukan seperti ancaman atau sebuah kekuatan besar, tetapi sebenarnya dia merupakan perwujudan dari salah satu senjata kuno yaitu Poseidon. Seperti yang kita ketahui, senjata kuno atau Ancient Weapon merupakan senjata yang sangat luar biasa.

Shirahoshi merupakan putri duyung yang memiliki kemampuan untuk berbicara dengan Sea Kings, dan makhluk laut lainnya. Seperti yang diungkapkan oleh Neptune kepada Nico Robin, inilah alasan mengapa Shirahoshi selama ini dikurung di dalam istana Ryugu dan tidak pernah diizinkan untuk keluar. Shirahoshi diyakini akan memiliki peran penting di kemudian hari, ketika Luffy sudah berhasil menemukan One Piece.

Nefertari Vivi

Bagaimana Vivi menjadi incaran World Government sebenarnya menjadi sebuah kejutan besar dalam ceritanya. Pasalnya, keluarga Nefertari dan kerajaan Alabasta adalah salah satu dari 20 kerajaan yang membentuk World Government. Namun, perkataan Gorosei di arc Reverie tentang keluarga Nefertari yang dianggap sebagai pengkhianat mungkin adalah jawaban utama dari hal tersebut.

Selain dianggap sebagai pengkhianat, Vivi menjadi target dari World Government kemungkinan karena dianggap terlalu tahu banyak mengenai rahasia besar mereka pada zaman dahulu. Dan sepertinya, rencana besar mereka saat ini sudah berjalan. Dalam chapter sebelumnya diketahui jika Nefertari Cobra tewas, yang mana mereka mengkambinghitamkan Sabo. Dan nasib Vivi sendiri sekarang masih misterius.

Jewelry Bonney

Selain sosok Vivi, sosok lainnya yang secara mengejutkan menjadi incaran World Government adalah Bonney. Fakta ini terungkap ketika Akainu menangkapnya, setelah Bonney kalah menghadapi Blackbeard. Akainu mengungkapkan jika Bonney sudah sejak lama menjadi incaran World Government untuk sebuah alasan yang masih belum diketahui secara pasti.

Namun, dalam artikel lain disebutkan jika ada spekulasi bahwa World Government sengaja mengincar nyawanya karena sosok Bartholomew Kuma. Seperti yang kita ketahui baru-baru ini, jika Kuma ternyata adalah ayah dari Bonney. Dalam artikelnya sendiri dibahas jika mereka mungkin ingin melakukan hal yang sama terhadap Bonney. Yaitu mengubahnya menjadi Pacifista atau hal lain.

Sabo

Setelah berhasil kabur dari Mary Geoise, Sabo kemudian pergi ke kerajaan Lulusia, yang mana itu merupakan salah satu dari wilayah yang menjadi sekutu Pasukan Revolusi. Sebelumnya, Sabo sempat dispekulasikan tewas setelah melihat reaksi dari berbagai karakter yang ada. Namun, terungkap fakta jika Sabo ternyata masih hidup dan dia dianggap sebagai pelaku pembunuhan Cobra.

Menjadi bagian dari Pasukan Revolusi sendiri sebenarnya sudah menjadi alasan kuat mengapa dia menjadi incaran World Government. Namun, ada alasan lain yang membuatnya menjadi salah satu target utama. Apa itu? Sabo mengetahui tentang rahasia besar World Government. Dia tahu bahwa ada sosok yang berkuasa yang duduk di singgasana Mary Geoise, yang tidak lain adalah Im. Bahkan, di chapter 1060 diperlihatkan bagaimana Im rela menghancurkan satu kerajaan demi menutupi fakta tersebut.

Monkey D. Luffy

Monkey D. Luffy saat ini sedang dalam masalah besar. Seperti diperlihatkan dalam chapter sebelumnya, Luffy menjadi incaran World Government. Sebenarnya, Luffy memang sudah sejak lama diawasi oleh World Government setelah dia dan kelompok Topi Jerami melakukan hal yang dianggap mengancam keberlangsungan mereka, seperti menerobos ke Enies Lobby.

Dan pada chapter 1041 kemarin, Gorosei akhirnya mengeluarkan perintah kepada pihak CP-0 di Onigashima untuk menghabisi nyawa Luffy. Mengapa kemudian Luffy menjadi incaran World Government? Kemungkinan tidak lain karena buah iblis Nika yang dia konsumsi. Mereka sendiri sudah sejak lama mengincar buah iblis tersebut dan tahu seperti apa kekuatannya. Karena itulah, Luffy kemudian menjadi ancaman serius saat mengetahui hal tersebut.

Monkey D. Dragon

Selain Luffy, sang ayah juga menjadi incaran World Government dan angkatan laut. Bahkan, Dragon dianggap sebagai penjahat paling berbahaya di dunia yang membuatnya menjadi buronan nomor satu di dunia One Piece. Apa yang kemudian jadi alasan Dragon dianggap sebagai penjahat terbesar memang masih misterius. Namun, kemungkinan besar ada kaitannya dengan Pasukan Revolusi dan upaya penggulingan kekuasaan.

Dalam chapter 1066 kemarin, terungkap alasan mengapa Dragon membentuk Pasukan Revolusi. Dia ingin mengakhiri semua kekejaman dari World Government setelah melihat apa yang terjadi kepada Ohara. Dragon juga berencana untuk menghancurkan mereka. Namun, yang menarik adalah Vegapunk sempat menyinggung tujuan akhir Dragon yang masih misterius.

Saat ini pihak World Government, khususnya Im, sepertinya sudah mulai merasa terancam keberadaannya. Mereka menganggap ada pihak yang memiliki potensi besar untuk menghancurkan apa yang sudah dibangun sejak ratusan tahun lalu. Belum lagi potensi untuk membongkar rahasia besar yang selama ini sudah tersimpan rapat. Apa yang akan terjadi kepada para karakter tersebut? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.