Dalam dunia One Piece ternyata ada buah iblis yang kebal terhadap efek dahsyat dari kekuatan Haki. Seperti yang kita ketahui, Haki dan buah iblis adalah dua kekuatan utama yang banyak digunakan oleh para karakter dalam ceritanya. Baik buah iblis iblis atau pun Haki sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Biasanya, para karakter memiliki salah satu dari kekuatan itu.

Meskipun begitu, ada juga karakter yang mampu memiliki keduanya misalnya sosok Monkey D. Luffy yang merupakan protagonis utama serinya. Dalam seri One Piece, sering kali Haki menjadi satu-satunya cara untuk menahan kekuatan dari pengguna buah iblis. Namun, ternyata, ada juga beberapa buah iblis yang terbukti mampu menembus kedahsyatan dari Haki. Apa saja?

Buah Iblis Milik Jewelry Bonney

Sampai sekarang Oda Sensei masih belum mengungkapkan informasi mengenai buah iblis milik Bonney, termasuk namanya. Baru sedikit informasi yang diketahui tentang buah iblisnya. Misalnya, buah iblis ini bertipe Paramecia di mana dia bisa memanipulasi usia dari musuh atau orang lain. Dia juga bisa mengubah seseorang jadi anak kecil atau jadi orang tua, dalam waktu yang sekejap seperti di chapter kemarin.

Dengan kekuatannya yang unik dan misterius tersebut, level tertinggi Armament Haki pun nampak tidak mampu menghalangi efek dari buah iblis ini. Entah apa yang kemudian menjadi rahasia dari buah iblisnya sehingga mampu kebal terhadap kekuatan Haki. Namun, dengan Bonney yang sudah bertemu dengan Vegapunk mungkin akhirnya rahasia buah iblis ini akan terungkap.

Mero Mero No Mi

Buah iblis kebal Haki selanjutnya adalah Mero Mero no Mi. Buah iblis berjenis Paramecia ini memiliki kemampuan untuk menyerang musuh dari berbagai jarak dengan memanfaatkan salah satu emosi dari manusia yaitu hasrat atau nafsu. Buah iblis yang mampu taklukan kekuatan Haki ini menjadi milik mantan Shichibukai yang sekaligus penguasa wilayah Amazon Lily, Boa Hancock.

Ketika seseorang terkena kemampuan buah iblis ini, mereka akan langsung berubah menjadi batu. Dan yang menarik adalah bagaimana kekuatan buah iblis ini tidak terpaku pada jenis kelamin. Misalnya, kita melihat bagaimana sebagian suku Kuja pernah terkena efek buah iblis ini. Padahal, mereka terkenal memiliki Armament Haki yang dahsyat. Satu-satunya cara untuk terhindar dari efek buah iblis ini adalah melupakan hasrat dalam diri mereka atau mengalihkan pikiran mereka.

Bari Bari No Mi

Bari Bari no Mi merupakan buah iblis yang cukup unik dan terbukti kebal Haki. Berjenis Paramecia, kemampuan utama buah iblis ini adalah penggunanya bisa membuat atau menciptakan sebuah pelindung yang sangat kuat. Bahkan, hampir tidak ada yang mampu menembus pertahanan tersebut. Bartolomeo adalah karakter yang pertama kali memperkenalkan kemampuan buah iblis ini.

Namun, dalam kilas balik Kozuki Oden terungkap jika buah iblis ini sempat dimiliki juga oleh Kurozumi Semimaru. Pada saat itu, Semimaru mampu melindungi Orochi dari serangan pedang Oden. Padahal, serangan dua pedang milik Oden terkenal karena kedahsyatannya berkat aliran Haki. Oden sendiri tidak percaya dengan apa yang terjadi, karena sebelumnya hal tersebut tidak pernah terjadi.

Horo Horo No Mi

Buah Iblis yang kebal Haki lainnya adalah Horo Horo no Mi. Buah iblis berjenis Paramecia ini memberikan kekuatan kepada penggunanya untuk merubah kondisi mental seseorang dari positif menjadi negatif. Buah iblis ini dikonsumsi oleh Perona. Ketika seseorang terkena kekuatan serangannya, moral dan stamina yang ada dalam diri orang tersebut akan terkuras habis.

Luffy, Zoro, Franky, dan yang lain adalah bukti nyata bagaimana buah iblis ini kebal terhadap Haki, di mana mereka berubah menjadi sosok negatif dan pesimis setelah terkena serangan ini. Satu-satunya yang mampu menandingi kekuatan Perona adalah Usopp. Hal tersebut karena Usopp memang sedari awal sudah memiliki pemikiran atau pikiran yang negatif dan pesimis.

Zushi Zushi No Mi

Buah iblis ini bertipe Paramecia dan dikonsumsi oleh salah satu Admiral legendaris angkatan laut, Fujitora. Kekuatan Zushi Zushi no Mi adalah memberikan penggunanya kemampuan untuk mengendalikan gravitasi bumi. Fujitora juga bisa memilih lokasi mana yang akan dia atur kekuatan gravitasi tersebut. Kekuatan Haki tidak berlaku ketika melawan kekuatan buah iblis ini.

Buktinya adalah ketika Fujitora bertarung melawan Zoro, dia mencoba mengurung Zoro yang berusaha kabur dengan menggunakan Haki. Tapi, dia gagal untuk kabur karena memang Haki sama sekali tidak bisa menahan kekuatan ini. Satu-satunya cara untuk menghentikan atau menginterupsi kekuatan itu adalah dengan menyerang penggunanya. Contoh nyatanya adalah ketika Law dan Kin’emon berusaha menyerang Issho agar Zoro bisa keluar dari kemampuan buah iblis ini.

Hobi Hobi No Mi

Buah iblis kebal Haki ini juga memiliki cara unik untuk menandingi kekuatannya. Hobi Hobi no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang membuat penggunanya memiliki kemampuan untuk bisa mengubah seseorang atau makhluk hidup menjadi mainan, dengan cara menyentuhnya. Ketika seseorang sudah berubah menjadi mainan, sosok tersebut tidak akan lagi diingat oleh orang lain.

Hal tersebut karena ingatan mereka tentang sosok yang berubah tersebut sudah terhapus. Buah iblis mengerikan ini merupakan milik Sugar, salah satu anak petinggi di kelompok bajak laut Donquixote. Tidak ada satu pun orang dengan kemampuan Haki yang bisa menahan kekuatannya. Hal ini bisa kita lihat ketika Sugar merubah Nico Robin menjadi salah satu boneka dari Sugar di arc Dressrosa. Padahal, Robin memiliki kemampuan Haki. Dan cara untuk mengalahkannya adalah dengan menyerang Sugar seperti yang Usopp lakukan.

Soru Soru No Mi

Buah iblis kebal Haki lainnya adalah Soru Soru no Mi. Ini adalah buah iblis bertipe Paramecia di mana penggunanya bisa mengendalikan dan memanipulasi sebuah jiwa. Awalnya buah iblis ini dimakan oleh Mother Carmel, sosok ibu asuh dari Big Mom. Namun, buah iblisnya kemudian berpindah kepada Big Mom setelah Mothe Carmel tewas karena termakan saat pesta ulang tahunnya.

Soru Soru no Mi juga bisa dibilang merupakan buah iblis yang sangat mengerikan. Bagi si pengguna, jiwa menjadi sesuatu yang bisa dipegang sehingga bisa dia manipulasi atau kendalikan dengan sesuka hati. Kekuatan Haki sama sekali tidak berpengaruh terhadap kekuatan buah iblisnya. Nyawa mereka tetap akan berkurang ketika terkena efek buah iblisnya. Satu-satunya cara agar tidak terpengaruh kekuatan tersebut hanyalah tidak memiliki rasa takut terhadap Big Mom.

Yami Yami No Mi

Berbeda dengan sebagian besar buah iblis di daftar ini, Yami Yami no Mi adalah buah iblis yang bertipe Logia, di mana artinya si pengguna bisa berubah wujud menjadi kemampuan dari buah iblis ini. Kemampuan buah iblis ini sendiri adalah memberikan si penggunanya kekuatan untuk mengendalikan dan menciptakan kegelapan. Buah iblis ini merupakan milik Marshall D. Teach alias Blackbeard.

Yami Yami dianggap buah iblis yang paling kuat dan paling mengerikan. Selain karena kekuatan Haki tidak mampu untuk menghadapi melawan kekuatan buah iblis ini, Blackbeard juga bisa menetralkan kekuatan buah iblis lain seperti yang dia lakukan terhadap Ace. Blackbeard juga bisa menghisap apa saja dengan kekuatan buah iblisnya dengan menggunakan teknik Black Hole.

Ope Ope No Mi

Salah satu buah iblis yang kekuatannya masih misterius, Ope Ope no Mi. Buah iblis milik Trafalgar Law ini merupakan buah iblis yang sangat istimewa seperti buah iblis Luffy. Seperti yang muncul dalam ceritanya, Ope Ope merupakan buah iblis yang dianggap sebagai harta karun dunia oleh Doflamingo. Bahkan, dia juga mengatakan bahwa ada rahasia besar dari buah iblis tersebut.

Dengan kedahsyatan tersebut, wajar jika kemudian buah iblisnya kebal terhadap Haki. Bukti nyata dari hal ini adalah ketika Law berhadapan dengan Vergo, dia terbukti mampu memotong tubuhnya. Padahal, Vergo adalah karakter yang memiliki kemampuan Armament Haki seluruh tubuh. Bahkan, kaki Sanji sendiri retak saat bertarung melawan Vergo.

Hito Hito No Mi, Model: Nika

Buah iblis kebal Haki terakhir adalah Nika. Awakening dari buah iblis yang awalnya bernama Gomu Gomu no Mi ini memberikan penggunanya kekuatan yang dahsyat. Luffy mampu meningkatkan level kekuatannya, level elastisitas tubuhnya, dan bahkan dia mampu melakukan hampir apa pun berkat kebebasan yang ada. Satu-satunya yang jadi batasan adalah imajinasi dari penggunanya.

Buah iblis ini terbukti kebal terhadap Haki, di mana dalam pertarungan Luffy melawan Kaido dia mampu menyerang dan mengahajar Kaido sampai akhirnya dia kalah. Luffy mampu mengahajar wajar Kaido sampai menembus matanya, dan bahkan membuat tubuh naga Kaido seakan-akan mainan. Padahal, Kaido adalah salah satu pengguna kekuatan Haki terhebat di mana hampir tidak ada karakter yang bisa melukai atau bahkan membunuhnya.

Haki memang menjadi cara untuk bisa menghadapi kekuatan buah iblis. Bahkan, akhir-akhir ini Oda sering menghadirkan cerita di mana Haki menjadi sesuatu yang lebih unggul dari kekuatan buah iblis.Namun, faktanya, ternyata ada juga beberapa buah iblis yang kebal terhadap kekuatan Haki dan di atas adalah contoh nyata dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.