Profesi Hunter adalah profesi yang sangat populer dan paling terpandang dalam dunia di seri Hunter X Hunter. Namun, seperti yang muncul dalam ceritanya, ada banyak jenis pekerjaan atau kategori Hunter. Berdasarkan informasinya, ada kurang lebih 24 tipe Hunter di mana masing-masing Hunter berburu sesuatu yang berbeda-beda. Salah satu tipe tersebut adalah Blacklist Hunter.

Pada dasarnya, mereka memiliki kemiripan dengan para pemburu bayaran di mana mereka memang ada untuk memburu para kriminal dengan imbalan harta atau uang. Karena inilah, tidak semua orang mampu untuk masuk dalam kategori Blacklist Hunter. Karena, lawan yang mereka hadapi sangatlah berbahaya. Butuh kekuatan yang dahsyat, serta kecerdasan dan kemampuan luar biasa untuk menjadi seorang Blacklist Hunter. Berikut adalah para Blacklist Hunter terkuat dalam serinya.

Seaquant

Seaquant adalah seorang penjaga ruang bawah tanah dari keluarga Zoldyck. Secara penampilan, mungkin tidak ada yang istimewa dari sosok ini. Seaquant sebelumnya pernah berhadapan dengan salah satu anggota keluarga Zoldyck dan kagum dengan kehebatan mereka. Inilah yang kemudian menjadi alasannya untuk mengabdi kepada keluarga Zoldyck.

Dengan statusnya sebagai seorang Hunter, Seaquant tentu memiliki kekuatan yang tidak sembarangan. Dia juga kemungkinan besar memiliki kemampuan yang tidak kalah epik. Tetapi, jika dibandingkan dengan para Blacklist Hunter lain dalam daftar ini, kemampuan Seaquant berada di bawah yang lainnya. Meskipun begitu, sejauh ini Togashi Sensei masih belum memperlihatkan kemampuan Nen dari Seaquant dalam ceritanya.

Lippo

Lippo adalah seorang Blacklist Hunter yang sudah muncul sejak awal serinya dimulai. Yang menarik adalah selain menjadi bagian dari Blacklist Hunter, dia juga berperan sebagai pengawas ujian. Dalam ceritanya, dia pernah menjadi pengawas ujian untuk babak ketiga dan keempat dalam ujian Hunter ke 287. Lippo sendiri adalah Blaklist Hunter yang berhasil menangkap sosok Johness, seorang pembunuh berantai di Zaban City.

Lippo sering kali dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan Nen luar biasa, seperti Illumi dan Hisoka. Namun, dia juga tentunya memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Bagaimana kemudian dia ditunjuk menjadi pengawas ujian menjadi bukti nyata dari hal tersebut. Sayangnya, memang masih belum diperlihatkan bagaimana kedahsyatan kekuatan dari Lippo.

Binolt

Binolt sebenarnya adalah seorang mantan pembunuh berantai yang kemudian memiliki profesi sebagai Blacklist Hunter. Dia muncul sebagai sosok antagonis kecil di arc Greed Island. Dalam masalah kekuatan, dia jauh lebih kuat daripada Killua atau Gon sebelum keduanya berlatih di bawah pengawasan Biscuit Krueger. Binolt memiliki sebuah kemampuan unik yang sering dia gunakan dalam pertarungan.

Nama dari tekniknya sendiri adalah Scissor Hands: Demon Barber. Teknik Scissor Hands: Demon Barber ini membuat Binolt mampu untuk memotong dan mengonsumsi rambut lawannya. Dengan begitu, Binolt akan tahu berbagai informasi dari lawannya tersebut mulai dari usia sampai kemampuannya. Binolt juga merupakan karakter lainnya yang kemampuan Nennya masih belum Togashi Sensei perlihatkan. Namun, di Green Island nampak dia mampu menggunakan dua dari empat teknik dasar Nen, yaitu Zetsu dan Hatsu.

Saiyu

Saiyu adalah salah satu anggota dari kelompok Blacklist Hunter dan juga menjadi bagian dari kelompok Zodiacs. Dia memiliki nama panggilan “Monkey.” Dari segi penampilan, sosok Saiyu nampak memiliki desain karakter yang mirip dengan karakter legendaris Sun Wukong. Dan kemampuannya pun memang sangat luar biasa, di mana dia adalah salah satu Blacklist Hunter terkuat sejauh ini.

Salah satu bukti kedahsyatan Saiyu sebagai Blacklist Hunter adalah bagaimana dia pernah menantang Ging untuk bertarung. Saiyu pun memperlihatkan kemampuan pengendalian Nen miliknya yang sangat apik, terutama untuk jenis Conjuration. Sejauh ini, kekuatan penuh dari Saiyu masih belum tereksplor dengan baik. Namun, dengan serinya yang sudah kembali berjalan ada kemungkinan kita akan melihat potensi penuh Saiyu pada masa depan.

Kurapika

Kurapika adalah contoh yang paling umum dan paling populer untuk Hunter yang masuk dalam kategori Blacklist Hunter. Dengan kemampuan Nen yang sangat luar biasa, wajar memang jika kemudian dia masuk dalam kategori ini. Kemampuan Nen dari Kurapika memang sangat erat koneksinya dengan kekuatan Kurta yang dia miliki, bernama Scarlet Eyes.

Kurapika sendiri merupakan salah satu karakter utama di serinya. Dia berhasil melewati ujian Hunter bersama Gon dan Leorio. Dengan cepat Kurapika mampu mempelajari berbagai hal tentang Nen. Dan dia pun karakter yang terkenal karena merupakan pengguna teknik Nen Conjuration. Keputusan Kurapika menjadi Blacklist Hunter bukan tanpa alasan. Dia sengaja melakukan hal ini demi melacak keberadaan kelompok yang sudah menghabisi seluruh klannya.

Blacklist Hunter adalah salah satu jenis Hunter yang berbahaya, di mana memang butuh kualifikasi tinggi untuk bisa menjadi bagian dari jenis tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, karena lawan yang harus mereka hadapi pun sangat berbahaya. Para karakter di atas adalah beberapa Blacklist Hunter terkuat sejauh ini di serinya. Namun, mudah-mudahan saja akan ada lagi Blacklist Hunter lain yang muncul dalam cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.