Dalam dunia One Piece, memakan buah iblis akan memberikan kemampuan unik kepada mereka yang memakannya. Kemampuan tersebut tergantung dari jenis dan buah iblis apa yang mereka makan. Seperti yang kita ketahui, buah iblis terbagi menjadi tiga kategori utama; Paramecia, Logia, dan Zoan. Namun, ada banyak juga sub jenis yang muncul dari ketiga jenis buah iblis tersebut.

Namun, sampai sejauh ini misteri tentang buah iblis masih belum terjawab. Apakah memang buah iblis diciptakan oleh iblis/setan? Atau justru sebenarnya buah iblis adalah buatan manusia? Dengan misteri tentang buah iblis yang masih menggantung sampai sekarang, kemunculan Vegapunk dalam arc terbaru ini dianggap akan mampu mampu memberikan jawaban dari semua misteri itu.

Berbicara mengenai sosok Dr. Vegapunk, kita tentu sudah mengenal siapa sosoknya. Dia adalah ilmuwan paling jenius di dunia One Piece. Berbagai penemuannya dianggap melampaui waktu. Dalam hal ini, penemuan dari Vegapunk dianggap mampu melampaui waktu sampai 500 tahun kedepan. Namun, yang juga kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana Vegapunk bisa menjadi sosok yang sangat cerdas?

Vegapunk Adalah Pemakan Buah Iblis?

Sosok Vegapunk saat ini masih menjadi salah satu karakter yang misterius, di mana kemunculannya sangat para fans nantikan. Meskipun para fans terkejut dengan kemunculan sosok wanita yang mengaku Vegapunk di chapter sebelumnya, fakta kemudian terungkap bahwa itu merupakan satelit atau kloning. Sampai saat ini, kita masih belum tahu seperti apa wujud dan rupa dari Vegapunk.

Menjadi sosok ilmuwan paling cerdas di dunia tentunya membuat banyak fans penasaran tentang sosoknya. Di sisi lain, hal ini juga menimbulkan berbagai spekulasi dan teori yang menarik di kalangan fans. Salah satu teori yang menarik adalah bagaimana kemungkinan jika Vegapunk adalah pengguna kekuatan buah iblis. Namun, dalam hal ini, Vegapunk berbeda dari pengguna buah iblis lain.

Seperti yang disebutkan di atas, jika pemakan buah iblis akan memiliki kemampuan yang unik sesuai dengan buah yang mereka makan. Jika mayoritas pemakan buah iblis mendapatkan kekuatan dahsyat untuk bertarung, lain halnya dengan Vegapunk. Kemungkinan, dia mendapatkan kekuatan lain yaitu berupa kecerdasan yang sangat tinggi. Bahkan, level kecerdasannya mungkin melampaui manusia normal.

Buah iblis yang mungkin dimakan oleh Vegapunk adalah buah iblis pengetahuan, Chisi Chisi no Mi, atau knowledge Knowledge Fruit. Buah iblis tersebut tidak memberikan Vegapunk kemampuan bertarung atau membuat dia berubah menjadi elemen. Namun, tingkat kecerdasan dan daya pikirnya akan sangat meningkat drastis melampaui manusia normal. Kemampuan ini mirip seperti buah iblis milik Foxy, yang membuatnya mampu memperlambat waktu selama beberapa detik.

Pengetahuan Buah Iblis

Seperti disebutkan di atas, bahwa Oda akan menjelaskan misteri dan rahasia tentang buah iblis setelah sosok ilmuwan cerdas muncul dalam cerita. Dan sosok ilmuwan cerdas tersebut tidak lain adalah Vegapunk. Dia diyakini akan mampu menjawab berbagai pertanyaan yang muncul selama ini di kalangan fans. Misalnya, bagaimana kemudian manusia bisa memiliki kekuatan buah iblis.

Dengan kecerdasan yang dia miliki, serta berbagai riset dan eksperimen yang sudah dia lakukan, rasanya wajar jika kemudian Vegapunk memiliki banyak pengetahuan tentang buah iblis. Di sisi lain, dia juga merupakan pengguna buah iblis yang mana hal tersebut akan membuat rahasia dan berbagai penelitian yang dia lakukan semakin relevan. Kecerdasan yang dia miliki dari kekuatan buah iblis bisa menjadi kunci untuk rahasia tersebut.

Mungkin, ini juga yang kemudian membuat Vegapunk akhirnya mampu membuat buah iblis ciptaannya sendiri. Meskipun dianggap gagal, namun terbukti bagaimana kekuatan buah iblis buatan Vegapunk nampak jauh lebih sempurna dan luar biasa jika membandingkannya dengan buah iblis SMILEs ciptaan Caesar. Bahkan, bukan hanya mampu menirukan bentuk dan tubuhnya, Vegapunk bahkan mampu menirukan kekuatan dari Kaido.

Hal ini bisa kita lihat ketika Momonosuke mampu menggunakan Boro Breath untuk menghadapi Aramaki, serta mampu menggunakan kekuatan awan api. Selain mampu menciptakan buah iblis, berbagai hasil ciptaanya yang mampu melampaui masa 500 tahun menjadi bukti lain dari kecerdasannya. Pada intinya, berkat buah iblis Vegapunk ini benar-benar menjadikannya sosok luar biasa terutama dalam hal pengetahuan buah iblis.

Bantu Luffy Kembangkan Buah iblisnya?

Pengetahuan Vegapunk tentang buah iblis mungkin akan berguna bagi pihak lain. Selain dia mampu untuk menciptakan buah iblisnya sendiri, Vegapunk juga kemungkinan akan mampu membantu orang lain untuk mengembangkan kekuatan buah iblis mereka. Dalam hal ini, terdapat spekulasi yang menarik terkait Vegapunk yang mungkin akan membantu Luffy dengan buah iblis Nika miliknya.

Spekulasinya menjelaskan bahwa Vegapunk mungkin akan membantu Luffy untuk meningkatkan kekuatannya. Dalam hal ini, dia akan membantu Luffy untuk bisa mengendalikan dan juga mampu mengembangkan kekuatannya. Luffy mungkin sudah sangat kuat saat ini. Hal ini terbukti dengan dia yang mampu membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Namun, sebagian fans merasa bahwa Luffy masih belum mampu mengendalikan kekuatannya secara penuh. Apalagi, dengan alur cerita One Piece yang akan segera tamat membuat Luffy dianggap memerlukan kekuatan dahsyat. Dan inilah yang kemungkinan akan Vegapunk lakukan berkat pengetahuannya tersebut, yaitu membantu Luffy untuk bisa lebih meningkatkan kemampuannya..

Selain itu, yang juga menarik adalah adanya spekulasi jika Vegapunk akan membantu Luffy mengaktifkan Gear 6 yang akan menjadi Gear terkuatnya di sepanjang seri One Piece. Peningkatan kekuatan ini akan membantu Luffy untuk menghadapi pertarungan melawan Blackbeard, yang memiliki kekuatan Yami Yami. Atau bahkan mungkin ini akan menjadi senjata untuk menghadapi Im dan Pemerintah Dunia.

Akan ada penerusnya?

Berdasarkan dari petunjuk yang sudah Oda munculkan saat pertama kali menghadirkan karakternya, Vegapunk kemungkinan adalah sosok pria tua yang jenius. Perannya di dunia One Piece jelas sangat tidak tergantikan, di mana dia berhasil menciptakan berbagai macam hal. Namun, dalam chapter 1064 terungkap jika Vegapunk merasa nyawanya tidak akan bertahan lama.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena Pemerintah Dunia saat ini mengincar nyawanya untuk sebuah alasan yang misterius. Pertanyaan besarnya kemudian dengan asumsi jika Vegapunk tewas pada masa yang akan datang, apakah akan ada sosok penggantinya? Kemungkinan besar akan ada sosok pengganti Vegapunk yang akan memakan buah iblisnya suatu hari nanti.

Seperti yang kita ketahui, setelah pengguna buah iblis tewas maka kekuatannya akan kembali. Dan mungkin, suatu hari nanti akan ada sosok yang memakan buah iblis tersebut dan menjadi penerus Vegapunk. Kemungkinan lainnya adalah dia mungkina akan memindahkan kekuatan buah iblis tersebut kepada orang lain. Dengan kecerdasan yang dia miliki, bukan hal mustahil jika hal ini terjadi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.