Cukup jelas bahwa Iron Man adalah salah satu karakter Marvel paling ikonik yang sangat populer di kalangan penggemar. Mempunyai nama asli Tony Stark dia adalah seorang penemu, milyarder, playboy, sekaligus superhero yang telah melindungi Bumi sejak tahun 1962. Sampai sekarang ada sejumlah karakter lain yang meneruskan perjuangannya di Marvel universe sebagai superhero berarmor besi. Menariknya, walaupun Iron Man adalah julukan untuk seorang superhero pria, ternyata ada 5 wanita yang juga terkenal sebagai penerusnya. Siapa saja mereka? Langsung saja simak di bawah ini, Geeks!

Rescue

Iron Man wanita pertama tidak lain adalah love interest Tony sendiri, yaitu Virginia ‘Pepper’ Poots, yang melakukan debutnya di komik Tales of Suspense #45 (1963). Setelah menjadi sekretaris Tony untuk waktu yang lama, pada tahun 2009 dia muncul sebagai ‘Iron Man wanita’ pertama bernama Rescue. Semuanya bermula saat Pepper menemukan armor yang diciptakan khusus untuknya di komik Invincible Iron Man Vol. 2 (2009). Sejak saat itu dia sering terlihat bertempur bersama Iron Man dan War Machine, termasuk ketika melindungi Stark Industries dari serbuan organisasi supervillain Detroit Steel Corps.

Ironheart

Debut di komik Invincible Iron Man Vol. 3 (2016), Riri Williams alias Ironheart adalah seorang gadis super genius yang menjadikan Tony Stark sebagai sumber inspirasinya. Hal inlah yang kemudian membuatnya bersemangat untuk membalik proses penciptaan armor lama Iron Man dan akhirnya menjadi wanita berarmor yang dikenal sebagai Ironheart. Bahkan Tony sendiri sampai mengakui Ironheart sebagai penerusnya di Marvel Universe. Setelah melalui trial & error, saat ini Ironheart telah berhasil menciptakan armor yang lebih ‘anggun’ dari armor Iron Man, dengan tetap mempertahankan semua kekuatannya.

Bethany Cabe

Bethany Cabe adalah seorang wanita Jerman yang sempat jatuh hati kepada Tony Stark alias Iron Man di komik Iron Man #117 (1978). Namun karena dia sudah bersuami akhirnya dia sempat menghilang dari kehidupan Tony. Sampai akhirnya dia muncul kembali di komik Iron Man #300 (1993) untuk membantu James Rhodes alias War Machine dalam melawan supervillain bernama Ultimo. Meskipun sebelum tidak pernah mengenakan armor Iron Man, tetapi tubuh wanita Beth langsung mampu mengendalikan Armor MK VIII yang diciptakan untuk pria. Sejak saat itulah Beth menjadi bodyguard tetap bagi Tony Stark.

Dr. Toni Ho

Dr. Toni Ho adalah anak dari Professor Yinsen Ho yang sempat membantu Tony Stark menciptakan armor Iron Man pertamanya, sebelum dia meninggal. Berbekal kebenciannya terhadap Tony, karakter Toni Ho terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Mulai dari mata-mata, bahkan sampai menjadi bagian dari Avengers Idea Mechanics. Dalam sejarahnya, dia bahkan pernah menjadi Iron Man versi wanita dengan mengenakan armor Rescue untuk mengalahkan villain bernama Maker. Dia juga sempat menjadi Iron Patriot baru di komik U.S.Avengers #1 (2017) bersama para anggota Avengers Idea Mechanics.

Natasha Stark

Dari Earth-616, sekarang kita bergeser sedikit ke universe alternatif Eart-3490, di mana terdapat varian Iron Man yang ternyata seorang wanita. Mempunyai nama asli Natasha Stark, dia hanya muncul sekilas di komik Dark Reign: Fantastic Four #2 (2009). Pada saat intu Mister Fantastic sengaja mengintip kejadian Civil War Marvel di multiverse. Betapa kagetnya Mister Fatastic setelah melihat di Earth-3490 ternyata Iron Man adalah seorang wanita, yang akhirnya memutuskan untuk menikah dengan Captain America, demi menyelesaikan permasalahan Super Human Registration Act. Di mana di universe utama permasalahan tersebut menyebabkan terjadi Civil War.

Itulah 5 Iron Man wanita yang eksis di Marvel Universe. Semua wanita tangguh ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa indentitas Iron Man bukan hanya milik pria saja. Pada kenyataannya, mereka justru terbukti tidak kalah hebat setelah mengenakan armor Iron Man versi mereka sendiri. Yang lebih menariknya lagi, Pepper Poots versi MCU juga telah membuktikan kehebatannya sebagai Rescue di Avengers: Endgame. Kemudian Ironheart juga sebentar lagi akan melakukan debutnya di film Black Panther 2. Jadi bukan tidak mungkin yang lainnya juga akan menyusul.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.