Namor adalah karakter Marvel yang sebentar lagi akan melakukan debut live action-nya di film Black Panther: Wakanda ForeverBerdasarkan apa yang terlihat di trailer filmnya, selain bisa bernapas di air dan di darat, ternyata Namor juga bisa terbang di udara. Hal ini membuatnya menjadi salah satu karakter Marvel yang mempunyai kemampuan super paling lengkap. Namun tahukah kalian, sebenarnya sebelum seperti sekarang, Namor juga mempunyai beberapa kekuatan super yang membuat versi komiknya tampak lebih superior. Kekuatan apa saja yang dimaksud? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini!

Pori-Pori Air

Namor adalah salah satu karakter Marvel paling pertama yang sudah melakukan debutnya sejak tahun 1939. Selama itu juga origin dan kekuatan Namor the Sub-Mariner telah mendapatkan beberapa kali penyesuaian, mulai dari penambahan, pengurangan, bahkan sampai penghapusan. Salah satu kekuatan yang akhirnya Marvel hilangkan dari Namor adalah kemampuan yang memungkinkan dia untuk mengeluarkan air dari tubuhnya. Kekuatan ini sempat terlihat di Marvel Mystery Comics #2 (1939), di mana Namor dapat mengeluarkan air dari pori-porinya, sehingga tubuhnya kebal terhadap kobaran api.

Sonar Laut

Kekuatan klasik Namor lainnya yang akhirnya Marvel hilangkan adalah sonar bawah laut. Dengan kekuatan yang satu ini, dahulu Namor bisa mendeteksi apa pun yang ada di sekitarnya, baik makhluk hidup maupun benda mati seperti kapal selam. Sonarnya ini bahkan bukan hanya mendeteksi gelombang suara saja, tetapi juga getaran sekecil apa pun. Sehingga sangat tidak mungkin mendekati Namor secara diam-diam di dalam air.

Yang lebih hebatnya lagi, deteksi sonarnya ini juga bekerja secara dua arah. Hal inlah yang pada akhirnya memungkinkan Namor yang terkenal sebagai ‘Manusia Kapal Selam’ untuk mencari siapa pun melalui gelombang radio yang dikeluarkan targetnya. Kekuatan ini terakhir kali terlihat di komik Avengers #40 (1967), saat Namor pertama kali bertemu dengan Earth’s Mightiest Heroes sebagai sebagai musuh mereka.

Biolistrik

Biolistrik adalah sebutan untuk kemampuan yang memungkinkan makhluk hidup untuk mengeluarkan sengatan listrik alami. Di dalam laut sendiri sebenarnya ada banyak sekali hewan yang mempunyai kemampuan biolistrik, tetapi yang paling terkenal adalah belut listrik. Menariknya, dahulu Namor juga ternyata mempunyai kemampuan yang satu ini, di mana dia bisa mengalisrkan listrik di tubuhnya seperti belut listrik.

Kekuatan ini juga membuatnya bisa melontarkan listrik seperti proyektil. Syaratnya, dia harus menerima serangan listrik terlebih dahulu dari luar. Seperti ketika Wasp menyerangnya dengan sengatan listrik, kemudian Namor langsung menyalurkannya kepada Captain Amerika. Komik Fantastic Four 1234 #3 (2001) bahkan pernah menceritakan bahwa kemampuan biolistriknya ini memungkinkan Namor untuk melihat Invisible Women meskipun dia sedang menghilang.

Phoenix Force

Terakhir, kekuatan super Namor yang akhirnya Marvel hilangkan darinya adalah Phoenix Force. Bedanya dengan tiga kekuatan sebelumnya, Phoenix Force tidak muncul secara alami. Melainkan karena entitas kosmik Phoenix telah memilihnya sebagai satu dari lima mutan yang mendapatkan kekuatannya di kisah Avengers vs. X-Men. Pada saat itu, Phoenix sengaja memilih lima mutan dari X-Men, termasuk Namor, karena para Avengers ingin menghancurkannya.

Karena kekuatan kosmik ini memungkinkan Namor untuk terbang lebih jauh ke luar angkasa, dia sampai mengganti julukannya menjadi ‘the Star-Mariner’. Namor yang awalnya sudah arogan, dengan kekuatan ini dia menjadi sosok yang jauh lebih menyebalkan lagi. Hal tersebut terbukti dari tindakannya yang sengaja membawa tsunami untuk meratakan Wakanda, saat Avengers bersembunyi di rumah Black Panther tersebut. Di ending kisahnya, Phoenix akhirnya meninggalkan Namor untuk mencari inang baru.

Itulah berbagai kekuatan super yang sekarang telah Marvel hilangkan dari Namor . Tidak jelas apa yang menjadi alasan Marvel dalam menghilangkan berbagai kekuatannya ini. Yang pasti jika Namor masih memiliki semua ini, mungkin dia akan jauh lebih superior dari siapa pun. Untungnya, semua kekuatan tersebut telah dihilangkan darinya, sehingga sekarang karakternya terasa lebih layak untuk berada di Marvel Universe. Begitu juga di Marvel Cinematic Universe, melalui film Black Panther: Wakanda Forever yang akan tayang pada tanggal 11 November nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.