Meskipun buah iblis memiliki kekuatan yang dahsyat, nyatanya tidak selamanya buah iblis jadi sumber kekuatan nomor satu di cerita One Piece. Haki atau kekuatan tekad, adalah satu satu kemampuan yang bisa melawan kekuatan buah iblis. Dengan kemampuan ini, seseorang bisa menahan kekuatan buah iblis. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan Kizaru melawan Rayleigh atau ketika Shanks berhadapan dengan Sakazuki.

Meskipun Haki mampu menahan kekuatan buah iblis, ternyata ada beberapa buah iblis yang tidak berpengaruh terhadap kemampuan Haki. Atau dengan kata lain, buah iblis ini mampu melampaui Haki. Apa saja?

Hobi Hobi no Mi

Buah Iblis yang mampu lampaui Haki yang pertama adalah Hobi Hobi no Mi. Ini adalah buah iblis bertipe Paramecia yang membuat penggunanya mempunyai kemampuan untuk mengubah seseorang atau makhluk hidup menjadi mainan, dengan cara menyentuhnya. Ketika seseorang sudah berubah menjadi mainan, sosok tersebut tidak akan lagi diingat oleh orang lain.

Hal tersebut karena ingatan mereka tentang sosok yang berubah tersebut sudah dihapus. Buah iblis ini dimiliki oleh Sugar, salah satu anak dari Big Mom. Dengan kekuatannya yang sangat mengerikan, tidak ada satu pun orang dengan kemampuan Haki yang bisa menahan kekuatan ini. Hal ini bisa kita lihat ketika Sugar merubah Nico Robin menjadi salah satu boneka dari Sugar di arc Dressrosa. Padahal, dia memiliki kemampuan Haki.

Horo Horo No Mi

Buah Iblis yang mampu lampaui Haki selanjutnya adalah Horo Horo no Mi. Ini juga adalah buah iblis berjenis Paramecia, yang mana kekuatannya adalah merubah kondisi mental seseorang dari positif menjadi negatif. Buah iblis ini dikonsumsi oleh Perona. Ketika seseorang terkena kekuatan serangannya, moral dan stamina yang ada dalam diri orang tersebut akan terkuras habis.

Selain itu, orang yang terkena efek buah iblis ini akan menjadi orang yang negatif, dan cenderung pesimis. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Luffy, Zoro, Franky, dan yang lain di mana mereka berubah menjadi sosok negatif dan pesimis setelah terkena serangan ini. Satu-satunya yang mampu menandingi kekuatan Perona adalah Usopp. Hal tersebut karena Usopp memang sedari awal sudah memiliki pemikiran atau pikiran yang negatif dan pesimis.

Buah Iblis Jewelry Bonney

Sampai saat ini, masih belum diketahui apa nama buah iblis yang dikonsumsi oleh Jewelry Bonney, yang mampu lampaui kekuatan Haki ini. Yang pasti, buah iblis ini bertipe Paramecia di mana penggunanya bisa memanipulasi usia dari musuh atau orang lain bahkan dirinya sendiri. Bonney bisa mengubah seseorang jadi anak kecil atau jadi orang tua, dalam waktu yang sekejap.

Hal ini bisa kita lihat dalam arc Sabaody atau bahkan di chapter 1064 kemarin, di mana karena faktor emosional Bonney mampu merubah Luffy dan Chopper menjadi orang tua, sedangkan Bonney dan Jinbe berubah menjadi anak-anak. Padahal, Jinbe dan Luffy memiliki kemampuan Haki yang sangat dahsyat. Selain namanya, masih belum ada penjelasan lengkap mengenai kekuatan Bonney ini.

Mero Mero No Mi

Mero Mero no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia, yang memiliki kemampuan untuk menyerang musuh dari berbagai jarak dengan menggunakan salah satu emosi dari manusia yaitu hasrat. Ketika seseorang terkena kemampuan buah iblis ini, mereka akan langsung berubah menjadi batu. Buah iblis yang mampu taklukan kekuatan Haki ini menjadi milik mantan Shichibukai yang sekaligus penguasa wilayah Amazon Lily, Boa Hancock.

Hal ini terbukti bagaimana sebagian dari suku Kuja – Alphelanda, Sweet Pea, dan Marguerite – pernah menjadi korban dari Mero Mero. Padahal, mereka memiliki kemampuan Armament Haki. Kelemahan atau satu-satunya cara untuk melawan buah iblis ini adalah jika targetnya tidak memiliki hasrat atau tidak memiliki kemampuan untuk melihat Hancock. Misalnya seperti kapten Momonga yang menyakiti dirinya sendiri atau bahkan Luffy yang memang tidak memiliki hasrat sedikit pun terhadap Hancock.

Bari Bari No Mi

Bari Bari no Mi merupakan buah iblis yang mampu lampaui Haki lainnya yang bertipe Paramecia. Kemampuan utama buah iblis ini adalah membuat penggunanya bisa membuat atau menciptakan sebuah pelindung (barrier) yang sangat kuat. Bahkan, hampir tidak ada yang mampu menembus pertahanan tersebut. Bartolomeo adalah karakter yang pertama kali diperlihatkan menggunakan kemampuan ini.

Sebelum dimiliki oleh Bartolomeo, buah iblis ini dikonsumsi oleh Kurozumi Semimaru. Bukti kedahsyatan dari Bari Bari no Mi sendiri bisa kita lihat ketika Semimaru mampu melindungi Orochi dari serangan pedang Oden. Padahal, serangan dua pedang milik Oden terkenal karena kedahsyatannya berkat aliran Haki. Oden sendiri tidak percaya dengan apa yang terjadi. Masih belum ada informasi apa yang kemudian mampu menghancurkan perisai tersebut.

Yami Yami No Mi

Berbeda dengan sebagian besar buah iblis yang mampu lampaui Haki di daftar ini, Yami Yami no Mi adalah buah iblis yang bertipe Logia. Artinya si pengguna bisa berubah wujud menjadi kemampuan dari buah iblis ini. Kemampuan buah iblis Yami Yami sendiri adalah memberikan si penggunanya kekuatan buat mengendalikan dan menciptakan kegelapan. Buah iblis ini menjadi milik Marshall D. Teach alias Blackbeard.

Buah iblis ini dianggap buah iblis yang paling kuat dan paling mengerikan. Selain karena kekuatan Haki tidak akan mampu melawan kekuatan buah iblis ini, seseorang yang punya kekuatan – entah itu Haki dan semua tipe buah iblis – dan terkena kemampuan ini maka kemampuannya akan hilang. Seperti ketika Blackbeard “menetralkan” kekuatan Ace. Blackbeard juga bisa menciptakan lubang hitam yang mampu menyerap apa pun.

Haki memang menjadi cara untuk bisa menghadapi kekuatan buah iblis. Bahkan, Haki juga merupakan sesuatu yang lebih unggul dari kekuatan buah iblis. Setidaknya, itulah yang kemungkinan Oda coba hadirkan dalam beberapa waktu terakhir ini. Namun, ternyata ada juga beberapa buah iblis yang mampu melampaui kedahsyatan dari Haki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.