Nama Bartholomew Kuma serta Jewelry Bonney saat ini banyak dibahas oleh para penggemar One Piece. Hal ini berdasarkan fakta yang muncul di chapter 1063 kemarin. Dalam chapternya, terungkap bahwa Bonney dan Kuma memiliki koneksi yang mendalam. Mereka adalah ayah dan anak. Hal ini jelas membuat banyak fans terkejut, sekaligus juga mengonfirmasi teori populer di kalangan fans.

Sudah sejak lama para fans menduga jika Jewelry Bonney dan Kuma memiliki koneksi yang mendalam. Hal ini berdasarkan fakta bagaimana Bonney begitu marah dan sedih saat mengetahui nasib Kuma, yang saat itu dirubah oleh Dr. Vegapunk menjadi sebuah Pacifista. Sebagian fans menduga jika Kuma adalah sosok yang pernah menolong Bonney saat masih kecil. Sebagian lainnya menduga bahwa mereka adalah keluarga.

Dan akhirnya, di chapter 1063 kemarin Oda Sensei mengonfirmasi teori populer tersebut. Namun, sayangnya, masih ada banyak misteri yang muncul dari sosok Kuma yang membuat para fans penasaran. Dengan arc terbaru saat ini yang coba untuk menghadirkan masa lalu Jewelry Bonney, ada kemungkinan juga jika Oda Sensei akan menghadirkan kisah masa lalu dari Kuma.

Masa Lalu Kuma

Bartholomew Kuma adalah salah satu karakter menarik dan juga populer di kalangan para fans. Kuma pertama kali muncul di alur cerita sebelum timeskip, tepatnya saat saat arc Thriller Bark. Kuma juga adalah sosok yang bertanggung jawab atas timeskip yang terjadi kepada kru Topi Jerami. Dalam arc Sabaody, Kuma sengaja melemparkan semua kru Topi Jerami ke tempat berbeda agar mereka bisa berlatih dan menjadi kuat.

Dalam arc tersebut juga kita menemukan fakta jika Kuma ternyata menjadi salah satu subyek penelitian dari Dr. Vegapunk. Dia menyerahkan dirinya untuk kemudian dirubah menjadi Pacifista. Pacifista Kuma bisa kita lihat di arc Sabaody, saat Sentomaru muncul dan membuat kru Topi Jerami kocar-kacir. Kita juga bisa melihat Pacifista Kuma lainnya di chapter 1063 kemarin, saat dia mengejar kelompok Luffy.

Dengan terungkapnya fakta bahwa Kuma adalah ayah Bonney di chapter tersebut, ada kemungkinan jika Oda akan menghadirkan kisah masa lalu Kuma. Jika memang demikian, artinya ini bisa menjadi pintu masuk atau cara bagi Oda untuk menghadirkan berbagai poin-poin penting dalam ceritanya. Misalnya, yang pertama adalah kita bisa tahu apa koneksi yang terjalin antara Kuma dan Vegapunk.

Kedua, kita bisa tahu apa alasan sebenarnya Kuma setuju dan mau dirubah oleh Vegapunk untuk menjadi Pacifista. Sebelumnya, ada teori yang berkembang di kalangan fans jika Kuma sengaja merelakan dirinya menjadi Pacifista demi alasan kemanusiaan. Namun, bagaimana Bonney begitu sedih dan dendam terhadap Vegapunk bisa menjadi petunjuk bahwa ada hal lain dari peristiwa itu.

Inilah yang kemudian menjadi alasan bahwa kisah masa lalu Kuma bisa menjadi jalan bagi Oda untuk mengungkapkan fakta sebenarnya mengani hal tersebut. Mungkin, ada alasan yang benar-benar diluar dugaan mengapa Kuma mau merubah dirinya menjadi Pacifista. Satu hal yang pasti, ini akan menjadi salah satu cara untuk menghadirkan beberapa jawaban besar terkait Kuma.

Kuma Dan Pasukan Revolusi

Selain pernah menjadi subyek penelitian Dr. Vegapunk dan dirubah menjadi Pacifista, Geeks juga tentunya tahu bahwa Kuma memiliki koneksi dengan Monkey D. Dragon dan juga Pasukan Revolusi. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Oda Sensei, banyak yang berspekulasi di kalangan fans jika Kuma memang adalah bagian dari organisasi paling berbahaya menurut Pemerintah Dunia, yaitu Pasukan Revolusi.

Hal ini berdasarkan fakta bagaimana dia memiliki kedekatan dengan Dragon, serta bagaimana banyak sosok di Pasukan Revolusi – seperti Sabo – sangat mengenal Kuma. Bahkan, dalam arc Reverie kita melihat bagaimana Sabo dan beberapa komandan Pasukan Revolusi rela menyusup ke Mary Geoise demi menyelamatkan Kuma yang saat itu menjadi budak kaum naga langit.

Ini juga menjadi salah satu teka-teki besar yang muncul dari sosok Kuma. Alur cerita masa lalu atau kilas balik dari Kuma, bisa menjadi momen yang pas untuk mengungkap fakta sebenarnya. Bagaimana Kuma bisa kenal dengan sosok Dragon? Apakah dia merupakan salah satu pendiri organisasi tersebut? Mengapa kemudian dia memutuskan bergabung dengan Pasukan Revolusi? Apakah hal tersebut ada kaitannya dengan kerajaan Sorbet?

Bagaimana Dragon yang sangat khawatir dan cemas terhadap sosok Kuma, serta bagaimana Sabo dan yang lain sampai rela mengorbankan nyawa mereka dmei menyelamatkan Kuma, bisa kita asumsikan bahwa dia bukanlah sosok biasa. Kuma tentunya dirasa sangat spesial di mata Pasukan Revolusi, dan hal ini bisa Oda ungkap dalam kilas baliknya.

Kuma Adalah Ilmuwan?

Bagaimana dia bisa tekoneksi atau kenal dengan sosok Dr. Vegapunk memang masih menjadi misteri. Namun, ada sebuah spekulasi menarik yang muncul di mana ada kemungkinan jika Kuma merupakan seorang ilmuwan atau sosok yang jenius. Spekulasi ini muncul berdasarkan gambar masa lalu Bonney dan Kuma yang ada di chapter 1063. Dalam gambar tersebut nampak Kuma yang masih muda sedang menggendong Bonney kecil.

Dalam gambar itu juga, nampak Kuma seolah mengenakan pakaian yang mirip dengan jas laboratorium. Hanya saja, jas lab milik Kuma nampak sudah lusuh dan lama. Inilah yang kemudian menjadi dasar spekulasi bahwa ada kemungkinan jika Kuma adalah seorang ilmuwan atau mengerti tentang ilmu pengetahuan. Bukan hal mustahil jika kemudian Kuma adalah salah satu ilmuwan yang bergabung dengan MADS.

MADS sendiri adalah kelompok ilmuwan yang muncul puluhan tahun lalu. Mereka bekerja sama untuk melakukan berbagai peneltiian. Selain Vegapunk, ada nama Vinsmoke Judge, Caesar Clown, dan Queen, yang pernah bergabung dengan kelompok tersebut. Apakah semuanya saling berkaitan satu sama lain? Tentunya hal ini bisa Oda jawab melalui alur kilas balik tersebut. Kita nantikan saja ya geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.