Setelah sempat membuat banyak penggemar penasaran, final episode The Rings of Power season 1 akhirnya menjawab siapa sebenarnya Stranger. Karakter dari aktor Daniel Weyman ini sebenarnya sudah muncul sejak awal. Di mana dia terlihat jatuh dalam bentuk meteor di ending episode perdana. Melihat kawah meteor yang penuh dengan api, banyak yang mengira bahwa dia adalah jelmaan Dark Lord Sauron. Final episode kemarin akhirnya menolak teori tersebut dengan mengungkap bahwa dia sebenarnya adalah ‘Istari’.

Pengungkapan tersebut bermula dari trio berjubah putih yang salah mengira sosok The Stranger sebagai tuan mereka, Sauron. Faktanya, setelah para Harfoot khususnya Nori berhasil menyadarkannya, Stranger akhirnya menggunakan kekuatannya untuk membunuh trio penyihir jahat tersebut. Menjelang ajalnya, salah satu dari tiga penyihir tersebut mengatakan, “dia adalah Istar!” Sekarang semua penggemar tahu bahwa Stranger merupakan sosok baik. Apakah itu artinya Stranger sebenarnya adalah Gandalf? Mari kita bahas kebenarannya, Geeks!

Valar Mengirim Istari Untuk Melawan Sauron

Sebelum membahas sosok Stranger, mari kita kenali terlebih dahulu Istari di mitologi The Lord of the Rings. Seperti penjelasan Stranger kepada Nori, Istar atau Istari artinya adalah ‘Sosok Bijak’ alias penyihir. Sejatinya, Istari di mitologi The Lord of the Rings adalah sebutan untuk lima roh Maiar yang Valar kirim ke Middle-earth untuk membimbing para Free People dalam melawan Sauron. Maiar sendiri adalah roh yang melayani ras surgawi Valar di Undying Land. Walaupun begitu, para Maiar tetap mempunyai kesaktian yang jauh lebih hebat dari manusia biasa. Sauron adalah Maiar terkuat yang akhirnya menjadi jahat.

Setibanya di Middle-earth para Maiar Istari ini mengambil bentuk fisik pria tua agar bisa berbaur dengan kehidupan nyata. Termasuk Stranger yang sudah pasti merupakan salah satu dari lima Istari yang tiba di Middle-earth. Adapun lima Istari tersebut adalah Saruman the White, Gandalf the Grey, Radagast the Brown, serta Alatar dan Pallando the Blue. Semuanya mendapatkan tugas dari Valar untuk menekan pengaruh jahat dari Sauron menggunakan carannya masing-masing.

Saruman adalah pemimpin para Istari yang terkenal menguasai banyak ilmu dark magic. Kemudian Olorin alias Gandalf lebih aktif dalam membimbing Free People untuk menghancurkan One Ring milik Sauron. Radagast lebih mementingkan kesejahteraan dunia tumbuhan dan hewan di Middle-earth. Sedangkan untuk Alatar dan Pallando masih minim sekali informasi mengenai mereka. Mengingat betapa dekatnya Stranger dengan suku Harfoot, salah satu ras Free People di Middle-earth, sekarang pertanyaannya “dari kelima Istari tersebut, apakah benar dia adalah Gandalf the Grey?”

Petunjuk Bahwa Stranger Adalah Gandalf

Di Middle-earth, bisa dibilang Gandalf the Grey adalah Istari yang paling berjasa dalam mengalahkan Sauron. Sepak terjangnya bisa kita lihat di film trilogi The Lord of the Rings dan The Hobbit karya sutradara Peter Jackson. Dengan segenap kekuatannya dia berusaha membimbing Free People untuk melawan kegelapan. Sebenarnya cukup masuk akal jika Stranger ternyata Gandalf. Apalagi serial The Rings of Power sebenarnya sudah memberikan sejumlah petunjuk yang mendukung dugaan tersebut.

Yang pertama, dia sangat dekat dengan leluhur Hobbit yaitu suku Harfoot, khususnya Nori. Seperti yang kita tahu, di film TLOTR dan The Hobbit, Gandalf sangat dekat juga dengan Bilbo dan Frodo Baggins dari suku Hobbit. Kedua, sudah terungkap juga bahwa Stranger adalah seorang Istari, sama seperti Gandalf the Grey. Petunjuk terakhir yang terlihat di final episode kemarin, Stranger mengatakan kalimat yang sama seperti yang pernah Gandalf ucapkan. Di mana saat akan memulai perjalanan dengan Nori, dia mengatakan “saat ragu [dengan arah tujuan], selalu ikuti [penciuman] hidungmu.”

Sebagai pengingat, di film TLOTR Gandalf pernah mengatakan hal yang sama kepada para Fellowship of the Ring. Yang terdiri dari para Hobbit bernana Frodo, Merry, Sam, dan Pippin; manusia bernama Aragorn dan Boromir; Legolas the Elf; Gimli the Dwarf; serta Gandalf sendiri. Mendengar Stranger mengatakan hal yang sama kepada Nori saat akan memulai petualangannya, cukup jelas bahwa dia adalah Gandalf the Grey.

Itulah pembahasan tentang Stranger yang sebenarnya adalah Gandalf the Grey. Meskipun masih banyak misteri yang belum terjawab dari karakternya, tetapi beberapa petunjuk telah menguatkan fakta bahwa dia adalah sosok yang akan menyelamatkan Middle-earth. Ada banyak yang harus Gandalf lakukan pada Zaman Kedua ini, salah satunya dengan pergi ke Rhun bersama sahabatnya Nori. Saat ini The Rings of Power season 2 telah memulai produksinya, tetapi masih belum mempunyai tanggal rilis. Jadi, kita nantikan saja kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.