Isildur adalah salah satu karakter yang perannya sangat penting di mitologi The Lord of the Rings. Baru-baru ini karakternya juga muncul di serial prekuel beranggaran fantastis yang berjudul The Rings of Power. Sebagai pejuang Numenor, di serial ini Isildur (Maxim Baldry) terlibat dalam pertempuran pasukan Orc di Southland. Di The Rings of Power episode 6, Isildur dan pasukan Numenor terkena imbas dari letusan gunung di Southland. Mirisnya, di episode selanjutnya dia tampak mati setelah berusaha menyelamatkan orang-orang.

Kematian Isildur di The Rings of Power ini tentunya memicu pertanyaan di kalangan penggemar, apakah dia benar-benar mati? Karena di novel The Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien, seharusnya dia mempunyai kisah yang masih sangat panjang dan penting di Middle-earth. Jadi dia seharusnya tidak mati dan melanjutkan kisahnya di season 2 yang akan datang. Berdasarkan hal tersebut, mari kita bahas nasib Isidur yang sebenarnya dan seperti apa pengaruhnya pada masa depan Middle-earth.

Isildur di Serial The Rings of Power

Di serial The Rings of Power, karakter Isildur dari Maxim Baldry pertama kali muncul di episode 3 yang berjudul ‘Adar’. Dia adalah anak pertama Elendil yang bercita-cita ingin menjadi Sea Guard Numenor. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dia mengalami berbagai kesulitan untuk mencapai hal tersebut. Sampai akhirnya dia mengetahui Elendil menjadi pemimpin pasukan yang akan berperang ke Southland. Meskipun awalnya Elendil menolak Isildur yang ingin bergabung dengan pasukannya, tetapi akhirnya dia mendapatkan izin untuk menjadi penjaga kandang kuda yang ikut ke Southland.

Singkat cerita, dia ikut terlibat dalam pertempuran melawan Adar dan pasukan Orc-nya di Southland. Awalnya dia bersama pasukan Numenor lainnya sempat terlihat menang. Namun tidak lama setelah itu gunung Orodruin meletus karena Adar berhasil melancarkan rencananya untuk mengubah Southland menjadi Mordor. Hal tersebut membuat Isildur dan manusia lainnya yang berada di Southland terkena dampak dari letusan dahsyat Orodruin, yang nantinya lebih dikenal sebagai Mount Doom.

Kemudian di episode 7 yang berjudul ‘The Eye’, Isildur terakhir kali terlihat bersama Ratu Míriel dan sahabatnya Valandil. Di mana berusaha menyelamatkan penduduk desa yang terjebak di bawah rumah yang terbakar. Malangnya, meskipun mereka berhasil mengeluarkan orang-orang, Isildur justru terjebak di dalam karena berusaha menyelamatkan Ratu Miriel. Pada titik ini cukup jelas bahwa Isildur tertimpa reruntuhan rumah, sementara Miriel dan Valandil yang yakin bahwa dia telah mati terpaksa menjauh dari lokasi kejadian.

Semua karakter di The Rings of Power tampaknya cukup yakin dengan kematian Isildur, termasuk ayahnya Elendil. Karena memang dia tidak pernah terlihat lagi sampai season perdana selesai. Bahkan di final episode kemarin, Elendil yang masih bersedih karena anaknya mati, terpaksa pulang ke Numenor bersama Ratu Miriel yang sekarang tidak bisa melihat. Menurutnya, kematian Isildur adalah resiko dari tugasnya sebagai seorang pejuang Numenor dan Middle-earth secara keseluruhan.

Alasan Mengapa Isildur Harus Tetap Hidup

Meskipun semua orang di serialnya percaya dengan kematian Isildur, tetapi sudah menjadi suatu keharusan baginya untuk tetap hidup di The Rings of Power. Alasannya cukup sederhana, karena baik di novelnya maupun di film trilogi The Lord of the Rings, dia masih mempunyai tugas yang sangat penting, yaitu memotong jari Sauron dan mengambil One Ring miliknya. Bahkan jauh sebelum itu terjadi, di novelnya, Isildur dan ayahnya Elendil adalah sosok yang memimpin para Numenorean yang tersisa ke Middle-earth, setelah Kerajaan Numenor tenggelam.

Selanjutnya, Isildur dan Elendil akan mendirikan salah satu kerajaan manusia terbesar di selatan Middle-earth yaitu Gondor. Bahkan ia adalah moyang dari salah satu karakter penting di Lord of the Rings, Aragorn. Setelah Elendil sempat menjadi raja pertama Gondor, dia akhirnya menjadikan Isildur sebagai raja selanjutnya. Pada titik inilah Isildur dan Elendil berpisah untuk waktu yang lama, karena Elendil mendirikan kerajaan besar lainnya di utara Middle-earth, yaitu Arnor. Isildur dan Elendil kembali berkumpul di pertempuran ‘Last Alliance of Elves and Men’ melawan Dark Lord Sauron pada akhir Zaman Kedua.

Pahlawan Middle Earth

Dalam pertempuran besar ini, setelah Elendil tewas di tangan Sauron, Isildur mengambil potongan pedang ayahnya dan berhasil memotong jari Sauron. Dia lantas mengambil One Ring dari potongan jari Sauron, sementara Sauron dan pasukannya mundur. Sejak saat itu Sauron bahkan tidak bisa lagi mempertahankan bentuk fisiknya. Itulah mengapa di film trilogi The Lord of the Rings dia hanya terlihat sebagai Mata Api. Berdasarkan hal ini cukup jelas bahwa Isildur masih harus tetap hidup untuk menyelesaikan kisah pentingnya di The Rings of Power.

Itulah pembahasan tentang nasib Isildur yang seharusnya masih hidup dan mungkin akan kembali di season 2 nanti. Untuk saat ini masih belum terungkap kapan The Rings of Power season 2 akan rilis, yang jelas saat ini produksinya telah dimulai di Inggris. Jadi kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya terkait The Rings of Power season 2 dan nasib Isildur pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.