Nama admiral Kizaru alias Borsalino mungkin bukan nama yang asing bagi para fans One Piece. Dia adalah salah satu admiral yang muncul sebelum timeskip terjadi. Dia juga yang membuat Luffy dan kru Topi Jerami harus pergi dari Sabaody dan memulai timeskip. Sebagai salah satu admiral di markas angkatan laut, tentunya sudah tidak aneh jika level kekuatannya sangat luar biasa.

Banyak fans yang menganggap jika level seorang admiral setara dengan seorang Komandan Yonko. Bahkan, ada juga yang yakin jika mereka setara dengan Yonko. Terlepas dari hal itu, memang harus diakui bahwa Kizaru sangatlah dahsyat. Buktinya, dia mampu menghadapi semua bajak laut Supernova sendirian di Sabaody. Salah satu faktor yang membuatnya sangat luar biasa adalah buah iblis yang dia miliki.

Kizaru memiliki kekuatan buah iblis Pika Pika no Mi. Buah iblis berjenis Logia tersebut membuatnya bisa untuk berubah, memanipulasi, bahkan bergerak secepat kilat. Inilah yang membuatnya sulit untuk ditaklukan oleh sosok biasa. Namun, dalam chapter 1062 kemarin, disadari atau tidak, Oda mungkin memberikan petunjuk mengenai cara mengalahkan admiral Kizaru.

Alat Pengendali Cahaya

Dalam chapter tersebut, para fans diperkenalkan sebuah alat yang mungkin bisa mengalahkan Kizaru meskipun tidak memiliki kekuatan Haki. Ketika Luffy dan kelompoknya tiba di Egg Head, mereka kemudian menemukan banyak penemuan Vegapunk. Salah satunya adalah monster naga raksasa. Luffy, tanpa basa-basi, langsung menyerang monster tersebut.

Sayangnya, yang terjadi justru Luffy yang dimakan oleh monster itu dan kemudian dia keluarkan. Luffy kembali melihat makanan dalam ukuran besar. Bonney dan Chopper juga ikut bergabung, karena mereka lapar. Tetapi, yang terjadi mereka justru menembus makanan tersebut. Ternyata, semua yang Luffy lihat tersebut merupakan hologram, sebuah gambar 3 dimensi yang terbuat dari cahaya.

Mereka kemudian dikejutkan dengan kedatangan salah satu kloning Vegapunk, Atlas. Meskipun pada awalnya dia nampak baik dan lucu, namun dia dengan cepat berubah sifatnya menjadi sosok yang pemarah dan penggerutu. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan titel di namanya yaitu “Violence” atau “Kekerasan.” Yang menarik, ketika Luffy dan Bonney tidak bisa menyentuh gambar tersebut, Atlas justru mampu menghajar monster hologramnya.

Atlas kemudian menjelaskan bahwa dia menggunakan sebuah sarung tangan khusus yang bisa berinteraksi dengan hologram atau cahaya, yaitu sarung tangan Photon. Atlas sendiri masih belum memberikan informasl lebih lanjut mengenai hal ini. Namun, mungkin, kita akan melihatkan di chapter yang akan datang mengapa dan bagaimana kemudian cara kerja dari sarung tangan Photon tersebut.

Banyak fans berasumsi jika arc ini akan berakhir dengan kelompok Topi Jerami yang akan mengalahkan Vegapunk, serta mengambil sebagian teknologinya untuk mereka kembangkan dan gunakan. Sudah sangat jelas jika Franky sangat ingin meningkatkan kemampuan cyborg di tubuhnya dengan teknologi tersebut.

Bagaimana Cara Kalahkan Kizaru

Admiral Kizaru sangat sulit untuk dikalahkan, selain karena kekuatan fisiknya juga karena buah iblis yang dia miliki. Buah iblis tersebut membuatnya bisa berubah menjadi cahaya murni. Seperti halnya pengguna Logia lain, saat berubah wujud menjadi elemen tersebut tidak akan ada yang mampu melukai atau bahkan membunuhnya. Kecuali, jika ada seseorang yang menggunakan Armament Haki.

Tetapi, menggunakan Armament Haki saja tentu tidak cukup, apalagi jika kemampuan Armament Haki dari sosok tersebut tidak cukup kuat untuk bisa menahan kekuatan buah iblis Kizaru. Dengan secara teknis Kizaru menjadi sesuatu yang tidak tersentuh, bagaimana kemudian cara mengalahkannya? Tentunya dengan adanya bantuan dari sarung tangan Photon ciptaan Vegapunk tersebut.

Franky atau Usopp mungkin bisa memodifikasi sarung tangan Photon ciptaan Vegapunk tersebut untuk kemudian menjadi alat mengalahkan Kizaru. Dengan teknologinya, mereka yang menggunakan sarung tangan itu akan mampu menandingi kekuatan cahaya dari buah iblisnya. Sarung tangan tersebut akan mampu menahan bentuk asli dari Kizaru. Sistem kerjanya mirip seperti haki atau ketika Luffy menggunakan air untuk menghajar Crocodile.

Siapa pun yang kemudian menggunakan teknologi itu mungkin tidak membutuhkan Haki yang superior untuk bisa melukai, bahkan mengalahkan, sang admiral. Ini tentunya akan sangat berguna bagi mereka yang tidak memiliki kekuatan Haki seperti Chopper, Brook, dan bahkan Franky. Yang menjadi pertanyaannya siapa yang kemudian sanggup untuk menandingi kecepatan Kizaru.

Sarung tangan Photon ini mungkin memang tidak menjadi jaminan untuk bisa menang menghadapi admiral Kizaru, namun penggunanya memiliki peluang bertarung dan menang yang sangat besar dibandingkan tidak menggunakannya. Dan yang paling penting, sang admiral tidak lagi menjadi musuh yang mustahil untuk dikalahkan seperti yang kita lihat di Sabaody atau Marineford. Dengan alat ini, siapa pun kini bisa melukainya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.