Tinggal menghitung hari sampai akhirnya film Black Adam yang sangat penggemar antisipasi tayang di bioskop. Film DCEU karya sutradara Jaume Collet-Serra ini akan memperkenalkan mega bintang Dwayne Johnson sebagai Teth-Adam alias Black Adam. Selain Black Adam, film ini juga sudah pasti akan menjadi ajang debut bagi empat superhero baru DCEU. Seperti Hawkman, Cyclone, Atom Smasher, dan Doctor Fate, yang tergabung dalam tim superhero Justice Society of America (JSA) atau yang kini hanya disebut sebagai Justice Society (JS).

Menariknya, menjelang penayangan film Black Adam, ternyata DC Comics juga telah merilis empat komik prekuel yang menceritakan keempat superhero tersebut. Termasuk di dalamnya bagaimana mereka akhirnya menjadi generasi baru JS di DCEU, khususnya di film Black Adam. Kali ini kami akan mencoba merangkumnya untuk kalian, sehingga nanti ketika menonton filmnya, kita sudah tahu apa yang menjadi latar belakang kemunculan JS. Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Bangkitnya JS Berawal dari Kekhawatiran Hawkman

Berdasarkan kisah di empat komik prekuel Black Adam, terungkap bahwa sebenarnya JS sudah ada sejak lama di semesta DCEU. Namun menurut Doctor Fate, kejayaan JS sendiri tidak lebih dari sekadar kisah masa lalu dan para anggotanya juga sudah tidak bersama lagi. Walaupun begitu di komik The Justice Society Files: Hawkman, sebagai pemimpinnya, Carter Hall alias Hawkman (Aldis Hodge) merasa harus membentuk kembali JS. Semuanya bermula dari investigasinya di sebuah museum yang memamerkan elemen-elemen di DCEU. Termasuk lambang petir Shazam yang terbuat dari elemen gaib Eternium.

Ketika dia dan sahabatnya Jeremy memeriksa keadaan museum, tiba-tiba muncul salah satu antek Intergang bernama Jim Craddock yang langsung mencuri Eternium. Saat mengetahui hal tersebut, Hawkman langsung mengejar Jim ke luar. Dalam prosesnya, Jim malah tewas setelah motor terbangnya menabrak gedung. Setelah Hawkman berhasil mengamankan Eternium, pada saat yang bersamaan arwah Jim mengadakan perjanjian dengan Manhawks untuk membunuh Hawkman. Jim pun kembali muncul sebagai hantu pendendam yang bisa berubah bentuk sesuai keinginannya.

Singkat cerita, meskipun awalnya sempat kewalahan, tetapi Hawkman berhasil mengalahkan Jim dengan menusuknya menggunakan pecahan Eternium. Sebelum kembali ke dunia arwah, Jim memperingkatkan Hawkman bahwa sesuatu yang besar akan segera datang. Anehnya, ternyata hanya Hawkman saja yang mengetahui kembalinya arwah Jim. Ketika Jeremy bertanya terkait kebingungannya, Hawkman hanya mengatakan “sesuatu akan datang, sesuatu yang tidak bisa kutangani sendiri.” Pada titik inilah dia melihat sahabat lamanya di JS, Doctor Fate, tercermin pada pecahan Eternium di tangannya.

Cyclone Bergabung dengan Tim Idolanya, JS

Dalam salah satu upayanya untuk kembali membentuk JS, Hawkman berusaha mengumpulkan para superhero. Salah satu kandidatnya adalah superhero muda bernama Maxine Hunkel alias Cyclone (Quintessa Swindell), cucu dari anggota lama JS bernama Ma Hunkel alias Red Tornado. Kisah origin Maxine di DCEU bermula dari kesukaannya terhadap JS yang terungkap di komik The Justice Society Files: Cyclone. Sejak kecil dia sudah sangat menyukai JS, khususnya Hawkman. Hal tersebut terbukti dari gambar JS dan Hawkman buatannya, yang sampai dewasa masih dia pajang di kamarnya.

Setelah tubuhnya terinfeksi Nanites dari eksperimen ilmuwan gila, Maxine tumbuh sebagai manusia super yang bisa memanipulasi angin. Dia awalnya sempat mencoba untuk menjadi superhero, tetapi hal tersebut tidak berjalan lancar. Karena orang-orang justru memperlakukannya dengan aneh, setelah dia terlihat mengalahkan para pecandu narkoba yang menjadi raksasa. Saat hampir menyerah, datanglah Hawkman yang mengajaknya bergabung dengan JS. Meskipun awalnya sempat menolak tawaran idolanya, tetapi Maxine akhirnya bersedia bergabung, di mana Hawkman memberinya nama Cyclone.

Atom Smasher Gantikan Pamannya di JS

Superhero berikutnya yang Hawkman ajak kembali bergabung dengan JS adalah Al Pratt alias Atom. Menariknya, di komik The Justice Society Files: Atom Smasher, Atom justru memberikan tawaran tersebut kepada keponakannya Al Rothstein alias Atom Smasher (Noah Centineo). Karena secara kekuatan dia juga bisa mengubah ukuran tubuhnya menjadi raksasa. Kisah origin Atom Smasher di DCEU sendiri bermula saat dirinya menjadi vigilante untuk menghentikan perdagangan senjata ilegal. Saat berusaha menghentikan penjahat kelas teri yang melakukan hal tersebut, tiba-tiba Intergang muncul.

Karena ternyata senjata yang tengah mereka jual adalah senjata canggih curian dari Intergang. Untuk mengalahkan mereka sekaligus, Atom Smasher terpaksa berubah menjadi raksasa, meskipun bajunya harus rusak karena tidak bisa menahan perubahan ukurannya. Keesokan harinya, setelah berbincang dengan pamannya tentang cara menjadi superhero yang benar, dia mendapatkan bingkisan dari Hawkman di kamarnya yang ternyata berisi kostum baru Atom Smasher. Pada titik inilah Atom Smasher dengan senang hati menjadi bagian dari tim JS yang baru menggantikan pamannya.

Doctor Fate Jadi Kunci Penting Bagi Justice Society

Terakhir, di komik The Justice Society Files: Doctor Fate, Kent Nelson alias Doctor Fate (Pierce Brosnan) juga memutuskan untuk kembali bergabung dengan JS setelah melihat ‘mimpi buruk’. Semuanya bermula saat dia mendapati sekelompok anak iseng yang melakukan ritual pemanggilan iblis. Di mana seekor iblis tanpa nama berhasil merasuki seorang anak perempuan. Doctor Fate dengan kekuatan sihir Nabu-nya lantas berusaha menghentikan ancaman tersebut. Dalam prosesnya, iblis yang tengah dia hadapi menyentuhkan tentakelnya ke kepala Doctor Fate, saat Helmet of Nabu lepas darinya.

Tentakel tersebut memperlihatkan sebuah mimpi buruk, di mana para JS tumbang di bawah kaki Black Adam, dengan sosok Sabbac yang terlihat di latar belakang. Doctor Fate tahu bahwa mimpi tersebut adalah masa depan yang harus dia cegah. Setelah berhasil mengalahkan iblis tersebut dengan bantuan seorang anak yang melemparkan Helmet of Nabu, dia langsung kembali ke rumahnya. Seakan sudah tahu bahwa sahabat lamanya Hawkman akan menelepon, Doctor Fate langsung mengiyakan ajakan Hawkman untuk kembali ke JS.

Bangkitnya Justice Society of America di DCEU

Berakhirnya komik prekuel atau prolog The Justice Society Files sekaligus menandai terbentunya kembali JS di DCEU. Dengan anggota yang terdiri dari Hawkman, Cyclone, Atom Smasher, dan Doctor Fate. Semuanya hanya mempunyai satu tujuan, yaitu menghentikan bencana masa depan yang sempat Hawkman dan Doctor Fate rasakan. Karena dalam mimpinya Doctor Fate melihat sosok Black Adam yang tengah duduk di singgasananya, JS sepertinya akan lebih dahulu menghadapi Black Adam seperti yang terlihat di trailer filmnya.

Itulah pembahasan tentang bagaimana Justice Society kembali terbentuk di DCEU. Menurut sinopsis film Black Adam, alih-alih menjadikannya musuh, JS akan mencoba merekrut Black Adam untuk menghadapi ancaman yang lebih besar lagi. Yaitu Sabbac, pemimpin Intergang yang ternyata bersekutu dengan iblis. Dengan rencana ini, tentunya JS bisa lebih kuat saat menghadapi Sabbac. Namun pertanyaannya, apakah Black Adam mau bekerja sama dengan mereka? Jawabannya akan segera terungkap di film Black Adam yang sudah bisa kita tonton di bioskop mulai tanggal 19 Oktober besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.