Setelah berjalan selama lebih dari 25 tahun, akhirnya seri One Piece sudah mulai memasuki Saga terakhir ceritanya. Hal ini berarti setiap apa pun peristiwa yang terjadi akan memberikan pengaruh besar terhadap keseimbangan dunia. Dalam beberapa chapter terakhir, Oda Sensei memberikan banyak informasi penting yang berkaitan dengan berbagai karakter misterius dalam serinya.

Arc pertama yang muncul di Saga terakhir ini adalah arc pulau Egg Head. Kelompok Topi Jerami akhirnya kembali ke sebuah pulau yang sangat luar biasa dan unik, setelah sebelumnya mereka harus menghadapi cuaca ekstrem di laut. Selain kelompok Topi Jerami yang sudah mencapai pulau baru, yang juga menjadi perhatian para fans di arc terbaru ini adalah kembali munculnya kelompok CP-0.

Seperti yang kita ketahui, kelompok Topi Jerami sudah menjadi perhatian bagi Pemerintah Dunia. Mereka juga sudah pernah berurusan dengan Cipher Pol pada masa lalu. Di arc Wano, Pemerintah Dunia mengirimkan Cipher Pol terbaik mereka, CP-0, untuk memburu Nico Robin dan menghabisi Luffy. Namun, upaya mereka tersebut. Tetapi, di chapter 1062 kemarin kita melihat bagaimana mereka kembali muncul dengan misi yang lain.

Siapa Cipher Pol 0?

CP-0 atau yang merupakan singkatan dari Cipher Pol Aigis Zero, adalah divisi Cipher Pol yang paling kuat di mana mereka berada di bawah pengawasan langsung kaum naga langit. Di dunia One Piece, CP-0 adalah organisasi yang paling ditakuti dan sangat populer. Mereka terkenal karena ciri khas pakaian putih yang mereka kenakan. Dan sejauh ini, sudah ada beberapa momen yang melibatkan mereka.

CP-0 pertama kali muncul di arc Dressrosa dan sejak saat itu mereka pun mulai sering bermunculan di berbagai arc lain. Karena mereka berada di bawah pengawasan langsung kaum naga langit, para anggotanya memiliki banyak informasi penting yang berkaitan dengan isu-isu sensitif. Informasi tersebut tidak bisa semua orang dapatkan, dan mereka juga bisa mengakses berbagai informasi yang spesial.

Namun, ternyata, tidak semua orang juga di CP-0 mendapatkan keistimewaan. Menurut informasinya, hanya mereka yang mengenakan topeng atau penutup wajah yang dianggap jauh lebih kuat. Serta, mereka juga berhak untuk mendapatkan informasi spesial dan juga menjalani misi yang sangat rahasia. Meskipun begitu, masih banyak hal yang Oda belum sampaikan mengenai organisasi ini.

Kita masih belum tahu siapa saja yang menjadi bagian dari organisasi CP-0. Sejauh ini baru ada enam orang yang menjadi organisasi tersebut. Mereka adalah Kaku, Rob Lucci, Stussy, dan tiga karakter lainnya yang mengenakan topeng. Namun, salah satu dari mereka tewas karena menganggu pertarungan antara Kaido dan Luffy sehingga tersisa lima orang.

Dalam pertarungan di Onigashima, nampak para CP-0 sangat kuat, terutama mereka yang bertopeng. Ketiganya sangat ahli dalam hal Rokushiki. Bahkan, mereka berhasil mengalahkan X Drake dan salah satu Numbers dengan mudah. Tetapi, kita masih belum tahu seberapa dahsyat CP-0. Apakah mereka memiliki senjata rahasia? Apakah mereka memiliki teknik tersembunyi?

Peran CP-0

Apa yang kemudian menjadi peran dari CP-0? Tugas utama mereka sebagian besar adalah menjaga semua rahasia dari Pemerintah Dunia. Mereka akan menghabisi atau mengeliminasi siapa pun atau apa pun yang dianggap sebagai ancaman bagi kaum naga langit. Mereka berhak melakukan apa pun, termasuk menghabisi seseorang, untuk bisa mewujudkan misinya.

Hal ni bisa kita lihat di arc Wano, saat mereka berusaha menculik Nico Robin atas perintah Gorosei. Namun, sayangnya, upaya mereka gagal dan kemudian Gorosei memberikan perintah lain yaitu menghabisi Luffy. Gorosei sendiri mengakui bahwa mereka tidak menyangka jika Luffy akan berubah menjadi sosok yang mengancam. Tetapi, kembali, mereka gagal untuk menjalankan misinya.

Rivalitasnya Dengan SWORD

Selain Cipher Pol, kita juga mengenal SWORD, organisasi rahasia yang dibentuk oleh markas pusat angkatan laut dan dipimpin oleh seorang mantan angkatan laut, yang sekarang menjadi salah satu dari Worst Generation, yaitu X Drake. Kelompok SWORD bergerak secara diam-diam, bahkan pihak angkatan laut sendiri sepertinya tidak tahu tentang keberadaan kelompok ini.

SWORD dan CP-0 sendiri banyak dispekulasikan merupakan rival, yang mana hal ini didukung oleh berbagai bukti. Misalnya, kata “Aegis” yang mana dalam bahasa Yunani kuni berarti tameng atau perisai. Biasanya, hal ini berkaitan dengan Zeus dan putrinya, Athena. Dalam cerita One Piece, mengingat kaum naga langit adalah sosok “dewa” maka CP-0 adalah tameng atau perisai mereka.

Sedangkan, SWORD bergerak untuk memonitor kegiatan empat penguasa samudra. Namun, tentunya itu bukan satu-satunya misi mereka. Dengan dua perbedaan nama organisasi tersebut, rasanya rivalitas dari kedua organisasi ini sudah sangat jelas. Oda sendiri pernah mengatakan bahwa masing-masing adalah musuh. Hal ini tentunya menarik mengingat dua organisasi tersebut sama-sama terafiliasi dengan Pemerintah Dunia.

Seperti yang banyak diprediksi para fans, meskipun ada di bawah Pemerintah Dunia namun organisasi SWORD tidak sejalan dengan mereka. Inilah kemungkinan mengapa SWORD dan CP-0 adalah musuh. Dalam chapter 1062 kemarin, terungkap bahwa Rob Lucci dan yang lain mendapatkan perintah untuk menghabisi Dr. Vegapunk. Hal ini sendiri sempat membuat Rob Lucci bingung, mengingat Vegapunk sangat berjasa bagi Pemerintah Dunia.

Selain menghabisi Vegapunk, mereka juga memiliki misi untuk mengembalikan salah satu Seraphim Kuma ke lab milik Vegapunk yang ada di pulau Egg Head. Yang juga menarik adalah bagaimana di chapter 1061 terungkap bahwa di sekitar pulau tersebut terdapat pangkalan angkatan laut G-14, yang mana beberapa penghuninya adalah anggota dari SWORD. Menarik tentunya untuk melihat pertarungan dua organisasi berbeda filosofi ini di arc terbaru.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.