Siapa sebenarnya sosok Pochita yang muncul di episode perdana seri anime Chainsaw Man? Kekuatan apa yang dia miliki? Setelah cukup lama menunggu, akhirnya para fans anime bisa menyaksikan adaptasi seri manga populer karya Tatsuki Fujimoto, Chainsaw Man. Rumah produksi MAPPA yang kemudian mengerjakan proyek musim perdana dari seri animenya.

Meskipun banyak fans yang sangat menantikan visual dan juga musik yang muncul di musim perdana ini, namun banyak juga yang menantikan debut berbagai karakter ikonik seperti Denji, Makima, Power, dan Aki. Namun, ada juga sosok karakter yang selalu berhasil mencuri perhatian para fans yaitu Pochita. Siapa sebenarnya sosok tersebut? Apakah dia merupakan sosok yang kuat?

Mengenal Sosok Pochita

Dalam alur cerita Chainsaw Man, Pochita adalah sosok dari Chainsaw Devil. Dia adalah perwujudan dari rasa takut akan gergaji mesin (chainsaw) dan merupakan sosok Chainsaw Man sebelum pertemuannya dengan Denji. Dalam versi manganya, terungkap di chapter 87 bahwa Pochita sempat bertarung melawan empat iblis terkuat sebelum kemudian dia berada di situasi terpojok.

Dalam situasi yang lemah dan tidak menguntungkan, Pochita kemudian mengadopsi bentuk atau wujud seekor anjing kecil lucu berwarna jingga. Dan dalam bentuk inilah kemudian Pochita bertemu dengan Denji, sang protagonis utama serinya. Hubungan yang terjalin diantara keduanya benar-benar laur biasa apalagi Denji harus bekerja sebagai seorang Devil Hunters untuk membayar hutang ayahnya.

Pochita and Denji

Hubungan yang sangat dekat inilah yang kemudian menjadi pemicu bagaimana Pochita menawarkan dirinya untuk mengambil alih hati dari Denji, dan menyelamatkan nyawanya. Momen ini juga menjadi awal yang memicu perubahan atau transformasi Denji menjadi Chainsaw Man yang kita kenal. Sebagai bentuk pertukaran atas kekuatan tersebut, di bawah kontrak, Denji harus berbagi kehidupan dan semua hal lainnya dengan Pochita.

Di episode perdana animenya, nampak Pochita mengorbankan diri untuk menyelamatkan nyawa Denji. Apakah artinya dia sudah tewas? Pochita adalah sosok yang kuat dan iblis yang berbahaya. Pochita bisa dipastikan masih hidup dan aktif. Hanya saja, kini dia tidak memiliki wujud seperti anjing karena dia sudah berubah menjadi hati dari Denji. Hal ini sendiri terkonfirmasi saat Pochita terhubung secara tidak sadar dengan Denji dan Power di akhir arc Public Safety dalam versi manganya.

Berbagai Transformasi Pochita

Sejauh ini, Pochita memiliki tiga bentuk transformasi; Devil Form, Weakened State (versi lemah), dan juga Hybrid Form/Chainsaw Man. Pertama, sesuai namanya, Devil Form adalah wujud asli dari sosok Pochita dan juga merupakan form yang paling kuat. Ini adalah satu-satunya transformasi yang mampu membuat Pochita tidak terkalahkan dari para iblis lainnya. Bentuknya sendiri mirip seperti manusia, dengan dua pasang lengan serta sebuah gergaji mesin di kepalanya.

Jika kemudian kontrak dengan Denji rusak, maka dalam situasi apa pun Pochita bisa mengambil alih tubuh Denji dan berubah ke form aslinya. Kedua, yaitu Weakened State atau transformasi ketika dia lemah. Biasanya, Pochita akan berubah menjadi seekor anjing kecil ketika dalam situasi yang lemah atau terluka. Hal ini seperti yang kita lihat di episode perdananya kemarin.

Devil Form of Pochita - Chainsaw Man: Who is Pochita

Dalam form ini, dia tidak mampu dan tidak sanggup untuk bertarung sendirian. Bahkan, dia hanya mampu mengalahkan iblis yang memiliki level sangat kecil. Terakhir adalah form Hybrid atau form Chainsaw Mawn. Dalam versi anime, bentuk dari Pochita sekarang adalah jantung atau hati dari Denji. Demi menyelamatkan nyawa Denji, dia pun rela menyatu dengan hati dari sang protagonis, yang mana hal ini menghasilkan hybrid Chainsaw Man.

Bentuknya sendiri mirip seperti versi aslinya. Hanya saja desainnya tidak semengerikan versi Devil Form. Karena Denji sudah menjadi bagian dari Chainsaw Man/Pochita, maka dia juga bisa merasakan sensasi menjadi iblis tersebut. Meskipun begitu, form ini tidak terlalu kuat jika dibandingkan dengan form aslinya.

Berbagai Kekuatan Pochita

Dengan sosoknya yang dahsyat, tentunya yang menjadi pertanyaan besar selanjutnya adalah kekuatan apa yang dia miliki. Secara teknis, kekuatan Pochita sendiri terbagi menjadi dua; Kekuatan Fisik dan juga Kekuatan Iblis. Kekuatan Fisik Pochita terdiri dari:

  • Peningkatan kecepatan dan refleks. Meskipun dia adalah seorang iblis, pergerakan Pochita terkenal sangat dahsyat.
  • Peningkatan daya tahan
  • Peningkatan kekuatan yang luar biasa. Pochita mampu menghabisi nyawa orang hanya dengan memeluknya.
  • Pochita juga memiliki kemampuan regenerasi dan juga penyembuhan terhadap berbagai luka.

Chainsaw Man using chains in Chapter 95

Lalu, seperti apa Kekuatan Iblis dari Pochita? Kekuatan Iblisnya terdiri dari:

  • Devil Erasure; ketika dia mengonsumsi iblis lain, maka dia bisa menghapus atau menghilangkan kenangan dari iblis lainnya dari seluruh ingatan umat manusia. Ini yang membuat Pochita ditakuti iblis lain.
  • Chainsaw Generation; sesuai namanya, ini merupakan kekuatan di mana Pochita mampu untuk memunculkan gergaji mesin di tubuhnya.
  • Chain Entanglement; kemampuan di mana rantai yang berasal dari gergaji mesin bisa dia lepas dan mengubahnya menjadi cambuk.
  • Body Assimilation; kemampuan untuk menyatu dengan tubuh lainnya. Dalam hal ini, Pochita mampu untuk menyatu dengan tubuh Denji. Namun, jika kemudian kontrak yang mereka sepakati batal, maka Pochita bisa mengambil alih tubuh Denji sepenuhnya.
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.