Pulau Egg Head menjadi bahan perbincangan hangat para fans One Piece dalam beberapa pekan terakhir ini. Hal tersebut wajar mengingat ini merupakan pulau baru yang akan kelompok Topi Jerami jelajahi selanjutnya. Dan dengan Oda yang siap dengan cerita barunya, artinya akan banyak kemungkinan yang terjadi di pulau dan arc terbaru ini.

Meskipun arc ini baru saja mulai, hal tersebut tidak membuat para fans berhenti untuk menghadirkan berbagai spekulasi atau teori. Salah satu spekulasi atau teori yang menarik adalah bagaimana adanya kemungkinan jika kru Topi Jerami akan berpisah. Lebih tepatnya, salah satu dari mereka, Franky, kemungkinan akan memutuskan untuk tetap tinggal di pulau ini.

Seperti yang kita ketahui, pulau Egg Head adalah pulau masa depan dengan berbagai teknologi canggih dan modern yang ada di sana. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan sosok karakter Franky, yang sangat mengandalkan teknologi mengingat dia adalah cyborg. Franky mungkin akan tinggal di sana selama beberapa waktu dan kemudian membantu Vegapunk. Sudah ada beberapa petunjuk yang muncul yang mendukung spekulasinya.

Perkataan Usopp Tentang General Franky

Saat pertama kali kru Topi Jerami tiba di pulau Egg Head, mereka harus mengalami nasib yang sangat sial. Selain angin kencang, mereka hampir saja ditelan oleh robot hiu raksasa yang ada di pulau tersebut. Beruntung, muncul sebuah robot raksasa yang di dalamnya terdapat salah satu kloning dari Vegapunk yaitu Lillth. Dia menyelamatkan Thousand Sunny dan seluruh kru Topi Jerami.

Ukuran robot raksasa tersebut benar-benar masif. Bahkan, ukurannya berkali-kali lipat dari kapal Sunny. Dalam momen ini, Chopper dan Usopp nampak sangat terkesima dan tertegun melihat robot tersebut. Usopp bahkan menyebutkan bahwa robot tersebut ukurannya jauh lebih besar dari General Franky. Di sisi lain, Franky juga nampak sangat terkejut dan kagum dengan robot tersebut.

Spekulasinya sendiri menyebutkan bahwa Franky mungkin akan memodifikasi model General Franky miliknya menjadi jauh lebih besar. Bahkan, mungkin menjadi seukuran kapal. Hal ini terkoneksi juga dengan spekulasi lain, di mana ada kemungkinan jika bentuk atau form terakhir Franky adalah sebuah kapal. Hal ini bisa kita lihat dalam kolom SBS, di mana Oda menghadirkan Franky dalam bentuk kapal denga dua mode berbeda.

Selain itu, yang baru adalah bagaimana poster buruan Franky yang menghadirkan foto Sunny. Banyak fans meyakini jika foto tersebut memberikan petunjuk bahwa di akhir serinya nanti Oda akan menghadirkan Franky menjadi sosok yang mirip Sunny. Untuk melakukan hal itu, tentunya Franky butuh waktu dan hal ini tentunya memaksa dia untuk tetap berada di pulau Egg Head.

Vegapunk Kekurangan Sosok Kompeten

Dalam chapter 1062 kemarin, Luffy dan kelompoknya bertemu dengan kloning dari Vegapunk lainnya yaitu Atlas. Dalam momen itu, Luffy dan yang lain benar-benar terkesima dengan semua teknologi dan hasil ciptaan Vegapunk. Meskipun begitu, Atlas sendiri nampak marah dan kesal dengan situasi yang ada. Apalagi, yang terkait dengan dana dan sumber daya.

Atlas mengaku bahwa pihak Pemerintah Dunia tidak lagi memberikan dana yang besar yang sesuai dengan kebutuhan. Padahal, ada banyak sekali ide-ide yang muncul yang bisa menjadi sebuah kreasi. Kesulitan inilah yang membuatnya tidak bisa melanjutkan dan mengembangkan semua ide tersebut. Di sisi lain, dia juga kesal karena tidak ada sumber daya yang mumpuni untuk mewujudkan berbagai ide tersebut.

Menurut Atlas, tidak ada sosok insinyur atau ahli yang kompeten yang bisa membuat semua benda yang ada diproduksi massal. Lalu, apa hubungannya dengan Franky? Geeks tentunya tahu bahwa Franky adalah sosok insinyur yang sangat sangat cerdas. Dia berhasil memodifikasi dirinya sendiri menjadi cyborg. Dia bahkan melakukan peningkatan kekuatan dengan menggunakan cetak biru peninggalan Vegapunk saat timeskip.

Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Franky memutuskan untuk tetap berada di Egg Head. Dia adalah salah satu sosok yang kompeten yang bisa membantu Vegapunk untuk kemudian memproduksi massal benda-benda tersebut. Vegapunk juga bisa memberikan banyak ilmu baru kepada Franky, yang mana hal ini berpotensi untuk membuatnya mampu untuk melampui sosok Vegapunk.

Mewujudkan Mimpi Luffy

Petunjuk ini masih ada kaitannya dengan poin yang di atas. Kita memang masih belum tahu apa yang kemudian menjadi mimpi terbesar Luffy. Pasalnya, Oda selalu menyembunyikan hal tersebut dari para fans. Namun, beberapa hal yang sudah muncul yang berkaitan dengan mimpi Luffy. Salah satunya bisa kita lihat pada saat pertarungan melawan Kaido di Onigashima.

Luffy mengatakan bahwa dia ingin menciptakan sebuah dunia di mana semua teman-temannya – dan juga orang-orang – bisa makan dengan sepuasnya. Di sisi lain, ada juga spekulasi yang berkembang di kalangan fans jika keinginan terbesar dari Luffy sebenarnya adalah mengadakan pesta paling besar di dunia. Bagaimana kemudian Luffy bisa mewujudkan hal tersebut?

Sanji sendiri rasanya tidak akan sanggup untuk melakukan hal tersebut, karena itulah dia butuh bantuan lainnya. Dan sosok bantuan tersebut tidak lain adalah Franky. Dalam chapter 1062 kita melihat bagaimana Luffy dan yang lain menemukan mesin pencipta makanan. Menurut Atlas, dengan memanfaatkan bahan mentah yang ada mesinnya bisa menghasilkan 500 jenis makanan berbeda. Bahkan, mesinnya bisa memodifikasi makanan sesuai keinginan.

Namun, karena tidak ada dana dan juga sumber daya yang kompeten pada akhirnya mesin tersebut tidak bisa diproduksi massal. Franky, seperti yang disebutkan di atas, bisa menjadi solusi untuk hal tersebut. Dia bisa membantu Vegapunk untuk menciptakan mesin pembuat makanan dalam jumlah yang sangat banyak. Hal ini tentunya akan membantu Luffy mewujudkan impiannya.

Franky Jadi Pemilik “Haki” Selanjutnya

Salah satu topik yang sering menjadi pembahasan menarik dari para fans One Piece, terutama mengenai kru Topi Jerami, adalah siapa yang kemungkinan akan memiliki kemampuan Haki selanjutnya. Seperti yang kita ketahui, kemampuan Haki adalah salah satu cara untuk bisa menghadapi para pengguna buah iblis. Namun, memang tidak bisa semua orang mampu untuk menggunakannya.

Di kelompok Topi Jerami sendiri ada beberapa orang yang kita ketahui memiliki Haki yaitu trio monster, Jinbe, dan Usopp. Spekulasinya sendiri meyakini bahwa Franky mungkin akan mampu memiliki “Haki” versinya sendiri. Apa maksudnya? Dalam chapter kemarin, kita melihat bagaimana Atlas menggunakan sarung tangan Photon untuk bisa menghajar cahaya – yang berbentuk monster.

Dan yang menarik, dia juga mampu untuk menghajar Luffy. Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan jika Franky akan mengembangkan sarung tagan Photon tersebut. Tujuannya tentu saja untuk bisa membuat alat yang bisa menandingi pengguna buah iblis. Dengan menggunakan sarung tangan ini, dia tidak perlu memiliki Haki seperti halnya yang lain. Adanya bantuan teknologi membuat Franky mampu memiliki “Haki” versinya sendiri.

Spekulasi bahwa Franky akan memutuskan untuk tetap berada di Egg Head sebenarnya merupakan ide yang menarik. Dan berbagai poin yang dianggap sebagai petunjuk juga rasanya cukup masuk akal. Mungkin, setelah Franky tidak terlalu banyak memiliki waktu kemunculan dalam cerita maka inilah saatnya bagi dia untuk menjadi fokus utama cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.