Apakah Eiichiro Oda memberikan petunjuk mengenai kemunculan jenis baru dari Haki? Selain buah iblis, Geeks tentunya sudah mengenal tentang Haki. Haki merupakan sebuah kekuatan yang sangat luar biasa yang ada di seri One Piece. Tidak semua orang mampu menggunakan atau membangkitkan Haki. Sebagian dari kemampuan ini memang bisa semua orang pelajari, tetapi belum tentu mereka berhasil.

Meskipun sebagian besar orang-orang yang ada di New World memiliki kemampuan ini, namun jika membandingkannya dengan jumlah seluruh orang yang ada di dunia, hanya sedikit saja yang mampu menggunakan kekuatan ini. Haki sendiri pada dasarnya adalah kemampuan di mana seseorang mampu menggunakan tekad atau semangat mereka untuk sesuatu yang sangat luar biasa dalam sebuah pertarungan.

Haki sendiri, seperti yang kita ketahui, di bagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Observation Haki, kemudian Armament Haki, dan Conqueror Haki. Kita tentunya sudah mengetahui apa dan bagaimana serta seberapa kuat Haki di dalam serinya. Tapi, informasi tentang Haki baru muncul ketika Luffy berlatih bersama dengan Rayleigh. Namun, sebenarnya kekuatan dari Haki sendiri sudah Oda perlihatkan bahkan sejak chapter atau episode pertama serinya.

Haki Lainnya

Meskipun secara garis besar Haki terbagi menjadi tiga jenis, namun dalam ceritanya kita sering melihat bagaimana Oda Sensei mengembangkan ide tentang Haki ini. Yang paling umum tentunya adalah bagaimana Oda menghadirkan versi yang jauh lebih luar biasa atau advanced. Contoh nyatanya adalah Advanced Armament Haki atau Ryuo. Dalam tingkatan ini, penggunanya akan mampu menghancurkan benda dari dalam.

One Piece: 8 Known Users Of Advanced Ryou

Atau kita juga bisa melihat Advanced Observation Haki, di mana penggunanya akan mampu melihat ke masa depan selama beberapa saat. Dan tentunya, yang paling epik adalah Advanced Conqueror Haki di mana saat penggunanya mengkatifkan kekuatan ini mereka akan menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Kaido dan Luffy adalah contoh nyata dari hal ini.

Penggunaan Haki ini juga bisa penggunanya aplikasikan kemana pun yang mereka inginkan. Mereka bisa saja melapisi tubuh atau anggota tubuh lainnya dengan Haki. Bahkan, mereka bisa melapisi senjata apa pun dengan Haki. Ini tentunya sangat menarik karena pengembangan dari konsep Haki menjadi luar biasa yang memperdalam dan memperluas mitologi di seri One Piece.

Perkenalkan Jenis Lainnya?

Namun, ada hal menarik yang mana kemungkinan Oda memberikan petunjuk mengenai kemunculan jenis Haki lainnya. Spekulasi ini berdasarkan informasi yang beredar dari bocoran untuk chapter 1063. Dalam informasinya, kita melihat bagaimana Trafalgar Law dan kelompok Blackbeard saling bertarung. Hal ini terjadi setelah Blackbeard menyerang Law di tengah lautan.

Setelah merapat ke pulau terdekat, pertarungan tersebut pun akhirnya terjadi. Tetapi, ada sebuah detail yang menarik kemudian muncul dalam pertarungan tersebut. Informasi lainnya menyebutkan bahwa di tengah-tengah pertarungan tersebut muncul petir atau kilatan putih. Kilatan tersebut merupakan efek yang muncul saat Law menggunakan Haki miliknya.

Mengapa kemudian hal ini menjadi “luar biasa”? Karena, umumnya ketika seseorang menggunakan kekuatan Conqueror Haki maka kilatan hitam yang akan muncul di sekitarnya. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan Whitebeard vs Roger, Luffy vs Kaido, atau bahkan ketika Shanks menggunakan kekuatan Hakinya untuk membuat Aramaki menyerah dan kemudian pergi dari Wano.

Why does zoro get advanced haoshoku haki in his profile? | VS Battles Wiki Forum

Dua kemungkinan yang kemudian muncul dari hal ini adalah pertama itu merupakan petunjuk dari Oda bahwa ada “jenis” Haki lainnya di dunia One Piece. Dan dia akan memperkenalkannya melalui pertarungan ini. Bisa jadi, ini bukan merupakan tingkat lanjut dari ketiga Haki sebelumnya. Tetapi, benar-benar Oda akan menghadirkan jenis Haki baru yang berbeda.

Kemungkinan kedua adalah itu merupakan kombinasi dari beberapa Haki tingkat lanjut. Ketika pengguna Haki menggabungkan kemampuan Haki mereka, yang mungkin terjadi tentunya adalah akan muncul hal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Law sendiri diketahui memiliki kemampuan Armament Haki dan juga Observation Haki. Mungkin, kilatan putih tersebut merupakan efek karena Law mengombinasikan kedua Haki itu. Kita nantikan saja ya Geeks penjelasan Oda Sensei mengenai hal ini pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.