Sosok Dracule Mihawk merupakan salah satu karakter paling kuat di dunia One Piece. Dia merupakan sosok ikonik yang muncul dari serinya. Mihawk merupakan idola sekaligus inspirasi Zoro untuk menjadi ahli pedang terkuat di dunia dengan melampaui kekuatannya. Dan juga yang paling populer di kalangan fans adalah bagaimana Mihawk merupakan rival abadi dari sosok Shanks.

Meskipun sejauh ini kita masih belum banyak melihat bagaimana level kekuatan dari Mihawk, namun dari apa yang sudah muncul di ceritanya bisa kita simpulkan bahwa dia bukanlah sosok sembarangan. Selain kemampuan berpedang, Mihawk juga diyakini memiliki kekuatan Haki yang sangat dahsyat. Selain Observation Haki, dia kemungkinan memilki Advanced Conqueror Haki juga.

Status Mihawk di Dunia One Piece

Dracule Mihawk adalah pemegang titel ahli pedang terkuat di dunia. Artinya, dia adalah salah satu karakter terkuat di seluruh seri One Piece. Mihawk sendiri merupakan mantan Shichibukai, dan level kekuatannya tidak perlu kita ragukan lagi. Bukti kedahsyatannya adalah bagaimana dia mampu mengimbangi sosok Shanks, yang notabene adalah seorang Yonko alias penguasa samudera.

Dalam chapter kemarin juga terungkap bahwa nilai buruan Mihawk benar-benar fantastis yaitu di angka 3.590.000.000 Belly. Bukti lainnya adalah bagaimana Zoro, yang saat ini sudah mampu mengalahkan tangan kanan seorang Yonko, masih belum mampu untuk melampaui level kekuatan Mihawk. Zoro sendiri mengakui bahwa dia masih butuh latihan dan juga pengembangan kekuatan untuk bisa seimbang dengan Mihawk.

Informasi terbaru menjelaskan bahwa Mihawk adalah salah satu pendiri dari Cross Guild, organisasi baru yang mendapatkan perhatian besar berkat aksi mereka yang mengincar angkatan laut. Berbicara mengenai Mihawk dan kekuatannya, sebenarnya dia bisa saja menjadi seorang Yonko jika dia ingin. Hal ini terungkap saat Oda memperkenalkan fakta dibalik terbentuknya organisasi Cross Guild.

View image on Twitter

Namun, Mihawk memutuskan untuk tidak melakukannya karena dia tidak ingin ada kegaduhan dalam hidupnya dan dia tidak mau menjadi pusat perhatian. Rivalitas Shanks dan Mihawk juga adalah bukti kedahsyatan dari sosoknya. Shanks merupakan sosok yang sangat kuat, yang terkenal karena kekuatan Hakinya yang mengerikan. Bahkan, seorang admiral pun terintimidasi oleh kekuatan Haki Shanks.

Bagaimana kemudian Mihawk mampu mengimbangi kekuatan Shanks, bisa kita simpulkan  bahwa dia bukanlah sosok biasa. Yang menarik adalah meskipun mereka rival, namun keduanya saling menghormati satu sama lain. Hal ini memang sesuai di mana hubungan mereka dianggap sangat mirip dengan rivalitas antara Gol D. Roger dan juga Whitebeard.

Alasan Mihawk Memiliki Advanced Conqueror Haki

Untuk saat ini, memang secara resmi masih belum terkonfirmasi apakah Mihawk memang memiliki Conqueror’s Haki. Namun, banyak fans yang sangat meyakini jika dia memiliki Haki luar biasa tersebut, baik dalam versi dasar atau pun dalam versi tingkat tingginya. Sejak awal serinya, Oda sudah mempersiapkan Mihawk sebagai musuh terakhir dan paling kuat yang pernah Zoro alami.

Mihawk sudah menunggunya di puncak kekuasaan. Dengan Zoro yang baru-baru ini terkonfirmasi memiliki bukan hanya Conqueror Haki tetapi juga Advanced Conqueror Haki, maka rasanya masuk akal untuk menganggap jika Mihawk juga merupakan pemilik kekuatan dahsyat tersebut. Justru akan sangat aneh jika kemudian Mihawk, yang akan menjadi lawan terakhir Zoro, tidak memiliki kekuatan tersebut.

Mereka yang lahir dengan kekuatan Conqueror Haki memiliki sikap seorang pemimpin, penguasa, atau penakluk. Artinya mereka memiliki kekuatan tekad dan juga potensi untuk menjadi sosok yang sangat luar biasa dan juga kuat di dunia. Pengguna Conqueror Haki mampu untuk mengintimidasi lawan-lawannya. Mereka yang lemah tidak akan mampu menghadapi para pengguna Haki ini.

Sitting at the top of all the swordsmen of the One Piece world, Mihawk is a true Supreme King (Image via Toei Animation, One Piece)

Para pengguna Conqueror Haki juga memiliki ambisi yang sangat besar. Mereka memang ditakdirkan untuk menjadi yang terkuat di dunia dan sering kali mendapatkan status yang luar biasa, mengindikasikan peran mereka yang mendominasi. Semua deskripsi tentang Haki tersebut sesuai dengan apa yang Mihawk miliki. Dia adalah ahli pedang terkuat di dunia yang mana dia adalah “penguasa” dari seluruh ahli pedang yang ada.

Dia mendapatkan titel tersebut dengan bertarung menghadapi semua ahli pedang yang ada sampai tidak tersisa. Dengan Advanced Conqueror Haki menjadi sesuatu yang sangat penting, terutama bagi alur cerita kedepannya, sudah jelas bahwa ini menjadi tanda apakahg seseorang memiliki kekuatan dahsyat yang membedakan mereka dari yang lain. Meskipun belum ada konfirmasi resmi, dari semua hal yang karakternya sudah tampilkan memberikan petunjuk bahwa memang Mihawk memiliki kekuatan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.