Nama Sora di cerita One Piece beberapa waktu lalu sempat menjadi bahan perbincangan para fans terutama pasca terungkapnya sosok karakter yang sejak lama dinantikan kemunculannya. Meskipun sosoknya belum lagi muncul sejak lama, namun beberapa fans yakin bahwa saat ini mungkin kemunculan Sora akan kembali relevan dengan alur cerita yang sedang berjalan saat ini.

Seperti yang kita ketahui, dalam chapter 1061 kemarin sempat muncul sosok wanita yang mengaku sebagai Vegapunk. Banyak fans meyakini bawa itu adalah kloning dari Vegapunk. Hal ini melihat berbagai petunjuk yang ada, termasuk beberapa adalah desain karakter dan juga tulisan di bajunya. Dan berbicara mengenai desain karakternya, para fans ramai membahas bagaimana sosok wanita tersebut mirip dengan sosok Sora.

Siapa Sosok Sora?

Lalu, siapa sebenarnya siapa Sora, sosok yang dianggap mirip dengan salah satu kloning Vegapunk tersebut? Dia merupakan ratu dari kerajaan Germa dan juga suami dari Vinsmoke Judge. Suatu hari, pada masa lalu, Sora memutuskan untuk menikahi Judve dan kemudian melahirkan kelima anak-anaknya. Dia pun kemudian menjadi ratu di kerajaan Germa, salah satu kerajaan dan juga kekuatan militer terkuat di dunia One Piece.

Siapa saja anak-anak dari Sora dan Judge? Mereka adalah:

  • Reiju
  • Ichiji
  • Niji
  • Sanji
  • Yonji

One Piece-talk... — One Piece 841 - Review/Thoughts

Meskipun Sora memiliki status bangsawan sebagai ratu dari kerajaan Germa, namun faktanya dia tidak memiliki kekuasaan atau wewenang apa pun. Dia bahkan tidak mampu untuk mengendalikan suaminya, Judge, untuk memodifikasi anak-anaknya. Seperti yang Geeks ketahui, Judge merupakan salah satu ilmuwan yang pernah melakukan penelitian rekayasa genetik bersama Vegapunk.

Hasil dari penelitian tersebut kemudian dia aplikasikan kepada anak-anaknya. Judge melakukan rekayasa genetik terhadap kelima anak-anaknya, di mana tujuan utamanya adalah merubah mereka menjadi mesin pembunuh yang efektif, efisien, dan tidak memiliki perasaan. Namun, Sora sendiri tidak pernah setuju dengan hal tersebut. Dia selalu keberatan bagaimana Judge berkuasa. Sora bahkan harus mengalami nasib buruk, di mana dia dipaksa untuk melakukan sebuah proses operasi demi menghapus sisi emosional dari anak-anaknya.

Sora Menyerahkan Jiwanya

Dalam salah satu momen saat operasinya terjadi, Sora yang merasa sudah putus asa terhadap semua upaya suaminya, memutuskan untuk meminum obat atau ramuan khusus. Dia berharap bahwa obat atau ramuan tersebut akan membuat anak-anaknya kembali bisa memiliki emosi. Namun, ternyata, ramuan tersebut tidak bekerja secara maksimal terhadap anak-anaknya.

Happy Birthday to Vinsmoke Sora, Sanji's mother (7/9) !!! : r/OnePiece

Hanya Sanji yang kemudian terpengaruh oleh obat tersebut. Dan ironisnya lagi, Sora bahkan harus mengorbankan nyawa dan kesehatannya dalam proses tersebut. Sora menghabiskan sisa-sisa hidupnya di kasur pemulihan, sambil terus menjaga Sanji saat masa kecilnya. Dia pun kemudian tewas 13 tahun sebelum cerita utamanya mulai. Namun, Sora sendiri senang bahwa Sanji masih bisa tetap menjadi manusia, tidak seperti saudara-saudaranya.

Apa yang Sora lakukan tersebut ternyata terbukt saat arc Whole Cake Island berjalan. Ketika Big Mom hendak menghabisi keluarga Vinsmoke, Sanji pun muncul dan kemudian menyelamatkan nyawa mereka. Sebenarnya, dia tidak harus melakukan hal tersebut, namun kebaikan hatinya yang kemudian membuat dia memutuskan untuk menyelamatkan nyawa saudara-saudaranya.

Sora Jadi Sosok Pahlawan

Dalam surat kabar yang ada di universe One Piece – World Economic Times yang merupakan milik dari Morgans – terdapat sebuah seri komik yang menghadirkan sosok karakter angkatan laut bernama Sora. Sosok Sora dianggap sebagai pahlawan besar karena bertarung menghadapi Germa 66. Dia memiliki kemampuan untuk bisa berjalan di atas air. Yang menarik adalah musuh terbesar Sora adalah Stealth Black.

Sora and Germa : r/OnePiece

Masih belum ada penjelasan apa yang kemudian menjadi alasan Morgans membuat alur cerita Sora tersebut. Namun, mungkin cerita tentang bagaimana nasib Sora yang menderita akibat Judge sampai ke telinga Morgans. Atau bisa juga hanya sebuah kebetulan semata bagaimana Morgans menghadirkan cerita Sora dengan alur cerita aslinya. Yang pasti fakta ini tentunya sangat menarik.

Sora Kembali Relevan Dalam Cerita?

Seperti dijelaskan di atas, dalam chapter 1061 kemarin kita melihat bagaimana seorang wanita mengaku sebagai Vegapunk. Yang menarik, sosok tersebut memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Sora. Meskipun dalam chapter 1062 kemarin akhirnya terungkap bahwa memang itu adalah kloning, menarik tentunya untuk mengetahui apakah karakter tersebut memang Vegapunk hadirkan berdasarkan sosok Sora.

She is the reason Sanji turned out okay

Salah satu spekulasi yang banyak beredar di kalangan fans menyebutkan bahwa mungkin Vegapunk mengenal sosok Sora pada masa lalu. Hal ini berkat Judge dan Vegapunk yang tergabung dalam kelompok MADS. Ada juga spekulasi lainnya yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan jika Vegapunk sempat jatuh cinta terhadap Sora, sebelum kemudian dia memutuskan untuk memilih Judge.

Hal ini mungkin bisa menjadi petunjuk untuk para fans One Piece, bahwa Oda Sensei bisa jadia kan memberikan kilas balik atau menghadirkan informasi lainnya tentang Sora. Atau mungkin kita akan melihat koneksi antara Vegapunk dan Sora. Dan juga menarik untuk kita nantikan apakah obat yang Sora minum ada kaitannya dengan Vegapunk. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.