Nama Akira Toriyama tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Geeks semua. Mangaka dan kreator Dragon Ball ini merupakan salah satu mangaka legendaris di dunia. Kesuksesan dan popularitas Dragon Ball membuat Akira Toriyama menerima banyak pujian dan sanjungan. Berbagai penghargaan juga sudah sangat sering dia dapatkan di sepanjang karirnya sebagai mangaka.

Selain sukses menjadi seorang mangaka, Akira Toriyama juga sukses sebagai sosok yang memberikan pengaruh besar terhadap mangaka lainnya. Banyak mangaka yang kemudian menjadi “murid” dari Akira Toriyama. Bukan murid dalam arti sebenarnya, namun mereka dengan terang-terangan mengakui bahwa para mangaka ini terinspirasi atau mengidolakan sosok Akira Toriyama. Siapa saja? Simak selengkapnya dibawah ini.

Yoshihiro Togashi (Hunter x Hunter)

Yoshihiro Togashi merupakan mangaka yang terkenal akan dua serinya yaitu Yu Yu Hakusho dan juga Hunter X Hunter. Seringkali, para fans membandingkan seri Yu Yu Hakusho dengan manga Dragon Ball dalam hal style atau gaya gambar. Alur ceritanya juga mengikuti formula yang sama dengan Dragon Ball, di mana pada awalnya Togashi akan menghadirkan unsur komedi.

Namun, seiring berjalannya waktu alur ceritanya menjadi jauh lebih serius dan menghadirkan banyak unsur supranatural dan aksi. Hal ini juga bahkan Togashi lakukan dengan seri populernya yang lain, Hunter X Hunter. Unsur selipan komedi dalam alur ceritanya serta gaya komedi yang muncul juga sangat memperlihatkan gaya dari Akira Toriyama.

ONE (One Punch Man)

Sosok ONE mungkin tidak sebesar mangaka lainnya yang populer. Hal ini wajar karena ONE pada dasarnya adalah seniman atau mangaka untuk seri web atau webcomic. Beberapa karya ONE yang populer adalah Mob Psycho 100, Angry Warrior, Monster of Earth, dan tentunya adalah One-Punch Man. Dari beberapa judul tersebut, One-Punch Man adalah karya ONE yang paling fenomenal.

ONE - MyAnimeList.net

Terbukti meskipun hanya muncul dalam versi webcomic kepopulerannya sangat luar biasa. Bahkan, kepopuleran inilah yang menjadi jalan bagi serinya untuk kemudian diadaptasi dalam versi manga dan bahkan anime. Gaya komedi serinya menjadi bukti bagaimana ONE terinspirasi dari sosok Akira Toriyama. Bahkan, sosok Saitama sendiri tercipta untuk “menandingi” sosok Goku dalam ceritanya.

Tite Kubo (Bleach)

Seperti halnya Togashi, nama Tite Kubo tentunya sudah tidak asing di telinga para pecinta manga. Pasalnya, Tite Kubo merupakan kreator atau mangaka dari beberapa seri populer misalnya Burn the Witch, Zombiepowder, dan tentunya karyanya yang fenomenal yaitu Bleach. Rekam jejaknya ini membuat Tite Kubo menjadi sosok mangka yang handal dalam alur cerita manga bergenre supranatural atau horor.

Bleach Punya Cerita Baru?

Berbeda dengan sebagian besar mangaka lainnya, Tite Kubo bukan terinspirasi dari formula cerita atau gaya komedi Akira Toriyama. Melainkan desain karakter villainnya. Bahkan, Tite Kubo menyebut bahwa desain karakter villain dari seri karya Akira Toriyama sangat luar biasa, yang kemudian menjadi inspirasinya untuk menciptkan karakter di berbagai seri yang dia buat.

Kouhei Horikoshi (My Hero Academia)

Kouhei Horikoshi merupakan mangaka atau kreator dari seri populer My Hero Academia. Serinya sendiri berfokus pada sosok Izuku Midoriya alias Deku, yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pahlawan. Namun, sayangnya, dia harus mengalami kendala karena ternyata dia tidak memiliki kekuatan super. Horikoshi sendiri banyak terinspirasi dari komik barat untuk alur cerita dan desain karakternya.

My Hero Academia: The manga author already has plans for his next project • The Washington Dispatch

Meskipun begitu, Akira Toriyama juga termasuk salah satu mangaka yang menginspirasi atau memberikan pengaruh terhadap alur cerita atau desain karakter dari serinya. Dan terbukti bahwa seri My Hero Academia menjadi salah satu seri manga populer saat ini.

Masashi Kishimoto (Naruto)

Banyak penggemar anime atau pun manga yang tentunya familiar dengan nama Masashi Kishimoto. Dialah mangaka dari seri Naruto, yang terbit sejak 1999 sampai 2014. Meskipun seri Naruto sudah tamat, namun kepopuleran dari Kishimoto sendiri masih belum redup. Juga, seri Naruto masih menjadi bahan perbincangan para fans apalagi saat ini dia sedang mengerjakan sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation.

Proyek Kishimoto lainnya, Samurai 7, kurang laku di pasangan yang mana inilah alasan kemudian Kishimoto kembali mengerjakan seri Boruto. Kishimoto sendiri secara terang-terangan mengakui bahwa Akira Toriyama adalah salah satu inspirasinya dalam membuat manga. Bahkan, sudah sangat sering Shonen Jump melakukan kolaborasi antara Naruto dan Dragon Ball.

Eiichiro Oda (One Piece)

Nama Eiichiro Oda alias Oda Sensei tentunya tidak kalah populer dari sang inspirator. Bahkan, namanya kini sejajar dengan Kreator Dragon Ball yaitu Akira Toriyama yang banyak memberikan pengaruh terhadap alur cerita dari seri One Piece. Oda Sensei sendiri memulai karirnya sebagai mangaka di usianya yang ke 17, di mana dia merilis sebuah seri manga pendek berjudul Wanted! yang langsung mendapatkan juara dua dalam ajang penghargaan Tezuka Manga Award.

Oda Sensei sendiri sudah sering bekerja sebagai asisten bagi beberapa mangaka terkenal. Dan pada 1997, akhirnya Oda resmi menjadi mangaka bagi seri manga One Piece yang sukses berjalan hingga saat ini. Dalam berbagai kesempatan wawancara, Oda sering mengatakan bahwa Akira Toriyama adalah sosok inspirasinya dalam membuat cerita One Piece. Seperti halnya Kishimoto, karakter Oda Sensei juga pernah saling berkolaborasi dengan karakter Dragon Ball dalam acara Shonen Jump.

Dengan kesuksesan dan kepopuleran seri Dragon Ball yang bahkan masih bertahan sampai sekarang, rasanya wajar jika banyak mangaka yang terinpirasi atau mengidolakan sosok Kreator Dragon Ball alias Akira Toriyama. Bahkan, gaya dari Toriyama ini juga yang kemudian membawa mereka ke jalur kesuksesan mereka sendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.