Dr. Vegapunk merupakan sosok ilmuwan jenius di seri One Piece. Dia adalah ilmuwan yang paling pintar di dunia dengan berbagai ciptaan luar biasa yang sangat berguna, khususnya bagi angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia. Namun para fans masih penasaran dengan sosoknya. Pasalnya, selama dua dekade lebih berjalan satu kali pun Oda belum pernah memperlihatkan sosoknya. Dan pada chapter 1061 kemarin, setelah lama menunggu akhirnya para fans bisa melihat sosok Vegapunk. Nampak seorang wanita muda mengendarai robot muncul dan berhasil menyelamatkan kelompok Topi Jerami dari bahaya dan kemudian mengaku sebagai Vegapunk. Tapi muncul juga sebuah teori bahwa Vegapunk adalah ibu Sanji. Benarkah?

Ibu Sanji?

Terdapat sebuah teori yang menarik yang menyebutkan bahwa sosok wanita tersebut merupakan sosok Sora atau ibu Sanji ketika dia masih muda. Vegapunk sengaja menciptakan kembali sosok Sora – yang kemungkinan saat masih muda – karena sebenarnya dia mencintai sosok tersebut. Namun, sayangnya, Sora justru memilih Judge.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Vegapunk pernah bekerja sama dalam kelompok ilmuwan MADS bersama Caesar dan Queen. Mereka semua melakukan berbagai penelitian, sampai kemudian kelompok ini terpecah dan bubar. Meskipun begitu, hasil penemuan mereka sangat luar biasa. Misalnya tentang Lineage Factor atau DNA. Juga berbagai hal lainnya yang tidak kalah luar biasa.

Dalam teorinya dijelaskan bahwa ada kemungkinan jika Judge dan Vegapunk menyukai sosok wanita yang sama. Namun, sayangnya, Sora justru lebih memilih Judge yang mana hal ini membuat Vegapunk akhirnya melakukan cara lain untuk kemudian bisa “memiliki” Sora. Contohnya adalah menciptakan karakter pahlawan fiktif bernama Sora di sebuah komik yang ada di koran World Economic Times milik Morgans.

Vegapunk Ibu Sanji?

Dalam komik tersebut Sora memang muncul sebagai sosok laki-laki dan merupakan bagian dari angkatan laut. Namun, bagaimana kemudian dari nama dan bagaimana Sora harus menghadapi Germa 66 yang menjadi musuhnya tentu memunculkan tanda tanya. Mengapa kemudian Germa 66 harus menghadapi ibu dari keluarga tersebut. Karena, ini merupakan propaganda dari angkatan laut dan juga Vegapunk.

Bagaimana kemudian kita tahu bahwa wanita yang muncul itu merupakan penciptaan ulang sosok Sora? Hal ini bisa dilihat dari ciri-ciri yang paling mencolok, yaitu rambut yang menutupi mata. Model rambut ini sudah menjadi ciri khas dari keluarga Vinsmoke. Dan Sora sendiri memiliki model rambut yang menutupi satu matanya. Seperti disebutkan di atas, mungkin sosok wanita yang muncul di chapter itu adalah versi muda dari Sora.

Bukan Yang Pertama

Bagaimana seorang ilmuwan menciptakan kembali sosok yang dia cintai sebenarnya bukan yang pertama kali terjadi di seri One Piece. Jauh sebelumnya di arc Thriller Bark kita melihat sosok Dr. Hogback. Sosok ilmuwan yang mampu menghidupkan kembali sosok yang sudah tewas ini memiliki masa lalu yang menyedihkan. Dia sempat jatuh cinta terhadap seorang wanita cantik bernama Cindry.

Queen One Piece

Namun, yang terjadi adalah Cindry justru jatuh cinta terhadap pria lainnya yang mana hal ini membuat Hogback patah hati. Suatu hari, Hogback mengetahui bahwa Cindry tewas dalam sebuah kecelakaan yang mana kemudian dia curi tubuhnya dan dia hidupkan lagi. Meskipun impian Hogback tercapai, namun kehendak bebas (free will) tersebut tidak berlaku mengingat tubuh Cindry sendiri nampak menolaknya.

Berdasarkan hal itu, teori Mr. Morj tentang wanita yang muncul adalah kloning atau bentuk kreasi dari sosok Sora saat masih muda cukup masuk akal. Namun, tentunya masih harus kita tunggu konfirmasi lebih lanjut dari Oda Sensei terkait hal ini. Meskipun begitu, akan sangat menarik jika kemudian spekulasi atau teori ini memang terbukti. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.