Devil Fruit alias Buah iblis merupakan salah satu misteri besar dalam dunia One Piece. Pasalnya, meskipun banyak beredar dan memiliki banyak jenisnya masih belum ada informasi tentang siapa pembuat atau siapa yang menciptakan devil fruit. Berkaitan dengan hal tersebut, banyak fans yang coba menerka-nerka tentang siapa yang membuat devil fruit. Hasilnya ada banyak sekali teori dan spekulasi tentang penciptaan devil fruit.

devil fruit merupakan buah yang mampu memberikan kekuatan dahsyat, kepada siapapun yang memakannya. Kekuatannya sendiri sangatlah beragam, mulai dari yang terlihat biasa saja sampai yang sangat luar biasa. Dengan kekuatan yang besar, devil fruit sering kali menjadi incaran banyak orang. Berikut adalah berbagai teori atau spekulasi mengenal asal-usul devil fruit.

Berasal Dari Teknologi Kuno

Seperti yang disebutkan di awal, sampai saat ini kita masih belum tahu dari mana devil fruit berasal. Pertanyaanya kemudian bagaimana devil fruit bisa ada di dunia One Piece, dan sebagainya. Bagaimana jika kemudian devil fruit sebenarnya sudah ada sejak awal bumi diciptakan? Lalu, mengapa dinamai devil fruit? Mungkin, dahulu devil fruit adalah buah spesial biasa yang akan memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya.

Asal-Usul Devil Fruit

Namun, buah iblis ini mereka gunakan untuk berperang melawan sesamanya. Dalam hal ini, kemungkinan buah iblis digunakan oleh para Gorosei atau mereka yang terlibat dalam perang melawan Kerajaan Kuno pada 800 tahun yang lalu. Dengan kekuatan mereka yang mengerikan, bisa jadi orang-orang di zaman dahulu menganggapnya sebagai buah yang memiliki kekuatan iblis, buah yang mampu menghancurkan apa pun. Karena itulah mereka menamai buah tersebut sebagai buah iblis.

Diciptakan Oleh Sosok Iblis

Teori yang juga tidak kalah menarik dan cukup ekstrem menyebutkan bahwa buah iblis memang tercipta atau sengaja sang iblis ciptakan sendiri, melalui pohon yang dia buat. Konsepnya mirip seperti buah yang Adam dan Hawa makan, yang membuat mereka terusir dari surga. Sang iblis dengan sengaja menciptakan buah iblis dengan kekuatan yang dahsyat, agar manusia saling berperang satu sama lain.

Asal-Usul Devil Fruit

Para iblis itu ingin dunia berubah menjadi “neraka” dan tempat yang mengerikan. Dan hal ini terbukti sekitar 800 tahun yang lalu, di mana 20 kerajaan bersatu untuk menghancurkan Kerajaan Kuno. Melihat bagaimana Oda menghadirkan konsep perjalanan waktu seperti yang Toki lakukan, artinya bukan hal mustahil jika Oda juga menghadirkan sosok ekstrem seperti iblis ini.

Kekuatan Jahat Yang Terjebak

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi ribuan atau bahkan jutaan tahun yang lalu di bumi ini, dan sama halnya dengan cerita di One Piece. Selama 800 tahun sejarah perdaban hilang, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat itu dan jauh sebelumnya. Pemerintah Dunia selalu berusaha menutup-nutupi fakta ini. Salah satu teori menyebutkan bahwa kemungkinan buah iblis adalah hasil kesepakatan antara seseorang dengan iblis, yang memberikan mereka kekuatan.

Asal-Usul Devil Fruit

Entah dipakai untuk kejahatan atau kebaikan, buah iblis tersebut terus berada di tubuh si pengguna sampai dia tewas. Namun, kekuatannya sendiri masih terus mencari cara agar dia mendapatkan “mangsa.” Dan akhirnya kekuatan itu pun masuk ke dalam buah yang kemudian ditemukan oleh manusia di zaman atau di era selanjutnya dan begitu seterusnya. Mungkin inilah alasan mengapa buah iblis memiliki siklus di mana setelah kematian penggunanya, maka kekuatannya akan mencari buah terdekat.

Berasal Dari Bulan

Selain teknologi dari masa lalu, spekulasi lainnya juga menyebutkan bahwa buah iblis merupakan “produk” dari teknologi yang berasal dari luar bumi. Ada beberapa faktor yang mendukung spekulasinya, misalnya bagaimana kemudian berbagai kekuatan dahsyat tersebut ada di dalam buah. Kekuatan dahsyat ini pun beragam, mulai dari perubahan untuk menjadi binatang, menjadi elemen, bahkan menjadi dewa.

Asal-Usul Devil Fruit

Spekulasinya menjelaskan bahwa kekuatan dahsyat di bumi sekali pun rasanya tidak akan mungkin sanggup membuat hal semacam itu. Artinya ada sesuatu yang tidak ada atau tidak tersedia di bumi ini, yang mana kemudian bisa kita asumsikan bahwa teknologi pembuatan devil fruit berasal dari luar bumi. Dan bagaimana Oda menghadirkan tentang Automata dan bajak laut luar angkasa dalam cerita sampul Enel, bukan hal mustahil jika teori ini terbukti benar.

Devil Fruit Dibuat Oleh Im

Salah satu teori yang cukup santer di kalangan para fans terkait penciptaan buah iblis adalah bagaimana sosok misterius Im adalah pembuatnya. Im atau Im Sama adalah karakter yang paling misterius dalam cerita One Piece saat ini. Kita tidak pernah tahu wajahnya. Selama ini Im selalu muncul dalam balutan siluet, dan kita tahu dia merupakan pemimpin tertinggi Pemerintah Dunia.

Dalam salah satu teori terungkap bahwa Im adalah orang yang menanam/membuat devil fruit yang selama ini kita liat. Lalu, untuk apa sebenarnya devil fruit tersebut? Mengapa Im membuatnya? Jawabannya tentu untuk menguasai dunia. Menghancurkan Kerajaan Kuno adalah salah satu upaya Im meraih kekuasaan di dunia. Dan untuk menghancurkan kerajaan yang hebat dan besar tersebut butuh sesuatu yang sangat kuat.

Maka dari itu Im pun dengan sengaja membuat devil fruit untuk mempermudah “pasukannya” menghancurkan pasukan Kerajaan Kuno. Mungkin itulah alasan mengapa Pemerintah Dunia selalu menyembunyikan sejarah tentang abad yang hilang. Karena, ada fakta yang Im tidak ingin orang-orang ketahui terutama yang berkaitan dengan penciptaan devil fruit.

Devil fruit masih akan menjadi misteri untuk beberapa waktu kedepan. Meskipun begitu, para fans sendiri tentunya berharap bahwa teka-teki besar mengenai hal ini akan segera terjawab. Dengan mulai masuknya seri One Piece ke arc baru yang menghadirkan Vegapunk pada chapter 1061, para fans berharap bahwa Oda akan menghadirkan jawaban tentang buah iblis sesuai dengan janjinya. Kita nantikan sajak kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.