Dalam One Piece chapter 1056 kemarin para fans dikejutkan dengan sebuah organisasi baru bernama Cross Guild. Dalam chapter tersebut terungkap bahwa beberapa mantan Shichibukai seperti Dracule Mihawk, Crocodile, dan Buggy menjadi bagian dari organisasi baru itu. Yang menarik dari organisasi ini adalah bagaimana pihak Pemerintah Dunia menganggap bahwa Buggy, sang Yonko baru, merupakan pemimpin dari organisasi tersebut.

Padahal, seperti yang terungkap dalam chapter 1058 kemarin, organisasi Cross Guild tersebut pada awalnya terbentuk berkat ide dari Crocodile. Dia kemudian mengajak Mihawk untuk bergabung. Inilah yang kemudian dia jelaskan kepada buggy, bahwa pada awalnya organisasi ini hanya untuk mereka berdua. Namun, justru Buggy tiba-tiba muncul dan menjadi bagian dari organisasi tersebut dan bahkan dianggap menjadi pemimpinnya.

Untuk saat ini, kita masih belum tahu banyak tentang organisasi tersebut. Selain berapa jumlah pasti anggotanya dan juga siapa saja yang bergabung, masih belum ada informasi terkait misi dari terbentuknya organisasi baru itu. Yang pasti, mengingat organisasinya berisi bajak laut kuat dan mantan Shichibukai artinya misi yang mereka miliki akan bertentangan dengan pihak angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia.

Ajang Balas Dendam?

Sejauh ini, informasi yang kita ketahui mengenai organisasi ini adalah mereka mengincar nyawa angkatan laut. Mereka memberikan angka atau harga terhadap berbagai sosok angkatan laut. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat luar biasa yang terjadi di dunia One Piece. Pasalnya, hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Biasanya, justru bajak laut yang mendapatkan nilai buruan.

Berbicara mengenai bajak laut dan nilai buruan, bisa jadi ini juga yang menjadi motivasi terbentuknya dari organisasi Cross Guild. Terdapat kemungkinan jika Crocodile ingin membalas dendam atas apa yang selama ini mereka lakukan terhadap para bajak laut, khususnya kepada sosoknya. Dia dendam terhadap angkatan laut dengan bagaimana posisinya sebagai Shichibukai harus mereka lepas pasca peristiwa Alabasta.

Dengan semua hal yang mereka lakukan terhadapnya dan juga para bajak laut, serta bagaimana Crocodile kini tidak lagi berstatus sebagai Shichibukai, mungkin dia berpikir untuk mulai berusaha membalas dendam mereka semua. Bagaimana caranya? Dengan mengumpulkan berbagai kekuatan dahsyat yang ada di lautan. Salah satunya adalah Dracule Mihawk.

Dan yang menarik adalah ada alasan khusus mengapa kemudian Crocodile mengundang Mihawk secara khusus untuk bisa bergabung dengan Cross Guild. Terungkap di chapter 1058 kemarin bahwa ternyata Mihawk dahulu memiliki julukan “Pemburu Angkatan Laut.” Masih belum ada informasi apa maksud dari julukan Mihawk tersebut. Yang pasti sepertinya Mihawk sering memburu angkatan laut di masa lalu.

Dengan mengumpulkan banyak orang kuat, Crocodile pun akhirnya berani untuk memulai misinya yaitu membalas dendam para bajak laut. Yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian siapa lagi karakter yang akan bergabung dengan organisasi tersebut. Spekulasi di artikel sebelumnya menyebutkan bahwa Boa Hancock yang mungkin bergabung selanjutnya, mengingat dia dan penduduk Amazon Lilly berada dalam bahaya. Tetapi, mungkin akan ada sosok kuat lainnya yang bergabung.

Ingin Ciptakan Kekacauan Dunia?

Selain menjadi ajang balas dendam, kemungkinan ada spekulasi lainnya mengapa kemudian Crocodile membentuk organisasi Cross Guild. Spekulasinya sendiri adalah dia mungkin ingin menciptakan kekacauan di dunia. Crocodile adalah sosok yang cerdas dan manipulatif. Dia mampu memanipulasi orang-orang yang dia inginkan untuk mau menjalankan semua misinya.

Lalu, mengapa kemudian dia ingin menciptakan kekacauan dunia? Kemungkinan pertama, Crocodile ingin menguasai banyak wilayah di dunia. Dengan adanya angkatan laut, hal ini tentu tidak akan terwujud. Dia tidak mampu menghancurkan mereka sendirian, dan karena itulah Crocodile membentuk Cross Guild demi mengumpulkan kekuatan dan juga pasukan untuk menghancurkan angkatan laut.

Kemungkinan lainnya adalah dia ingin meneruskan misi lamanya, yaitu menemukan Pluton. Dengan menciptakan kekacauan dunia, mungkin hal itu bisa jadi jalan bagi Crocodile untuk bisa menemukan Pluton. Atau bahkan mungkin dia sudah tahu di mana lokasi Pluton dan sedang menyusun rencana panjang untuk mulai mencuri Senjata Kuno tersebut dari lokasinya berada. Kita nantukan saja ya Geeks apa yang menjadi alasan utama Crocodile membentuk organisasi Cross Guild.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.