Semenjak kematian dari Gol D. Roger sudah tidak terhitung ada berapa banyak kelompok bajak laut baru yang lahir. Mereka memiliki satu tujuan yang sama yaitu mencari harta karun yang dia tinggalkan. Selain itu, One Piece dan Laugh Tale juga menjadi incaran bagi para bajak laut tersebut. Kelompok Topi Jerami adalah salah satu contoh nyata dari hal ini.

Namun, lautan dalam dunia One Piece sangatlah kejam dan tidak semudah itu untuk menaklukannya. Ada banyak halangan rintangan yang harus mereka hadapi sebagai bajak laut. Tidak jarang bajak laut harus mengalami kegagalan dengan petualangan mereka karena berbagai faktor. Juga tidak sedikit dari mereka yang harus tewas dalam petualangannya.

Tetapi, seperti yang disebutkan di atas, ada banyak kelompok bajak laut yang juga berpetualang di lautan. Dan dari sekian banyak kelompok bajak laut, ada satu kelompok yang dianggap sebagai kru bajak laut terkuat di seri One Piece yaitu kelompok bajak laut Rambut Merah. Geeks tentunya mengenal kelompok bajak laut yang mana Shanks menjadi kaptennya.

Siapa Kelompok Bajak Laut Rambut Merah

Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah kelompok bajak laut pertama yang muncul dalam cerita manganya dan menjadi yang kedua dalam versi animenya (setelah bajak laut Alvida). Kelompok bajak laut Rambut Merah memiliki kapten yang merupakan salah satu penguasa samudra alias Yonko yaitu Shanks. Dia dan krunya adalah inspirasi bagi Luffy untuk menjadi seorang bajak laut hebat.

Tidak hanya Luffy, sosok Usopp juga terinspirasi untuk bisa seperti mereka. Hal ini karena ayahnya, Yasopp, merupakan bagian dari kru Shanks. Sebelumnya, tidak banyak yang kita ketahui tentang para kru dari kelompok bajak laut ini. Beberapa dari mereka memang ada yang sudah diketahui namanya: Shanks, Benn Beckmann, Lucky Roo, dan Yasopp. Namun, Oda kemudian memberikan informasi mengenai kru lainnya.

Hal ini bisa kita lihat dalam kolom SBS Volume 101 kemarin, di mana Oda Sensei menghadirkan informasi mengenai nama-nama kru bajak laut Rambut Merah lainnya seperti Lime Juice, Bonk Punch dan Monster, Building Snake, Hongou, dan juga Howling Gab. Oda juga kemudian memberikan penjelasan lainnya tentang kru ini dalam booklet One Piece 4 Billion.

Berikut adalah posisi lengkap dari kru Rambut Merah berdasarkan informasi dari One Piece 4 Billion :

  • Shanks : Kapten Kapal
  • Benn Beckman : Wakil Kapten
  • Lucky Roux : Koki
  • Building Snake : Navigator
  • Yasopp : Penembak Jitu
  • LimeJuice : Petarung Jarak Dekat
  • Rockstar : Petarung Jarak Dekat
  • Howling Gab : Petarung Jarak Dekat
  • Bonk Punch dan Monster: Musisi
  • Hongou : Dokter Kapal

Kru Paling Kuat dan Mahal?

Untuk nilai buruan, para kru Shanks ini sayangnya tidak kita ketahui sampai sekarang. Hanya sosok Shanks saja yang sudah Oda perlihatkan nilai buruannya, yaitu 4.048.000.000 Belly. Namun, bisa jadi nilai buruan mereka tidak jauh berbeda dengan nilai buruan dari Shanks. Hal ini karena menurut Brannew level kekuatan mereka tidak jauh berbeda. Artinya, nilai buruan mereka pun tidak akan berbeda jauh.

Jika Shanks berada di angka 4 milliar, mungkin kru lainnya ada di angka 2-3 miliar Belly. Sementara itu, untuk masalah kekuatan kelompok bajak laut Rambut Merah adalah satu-satunya kelompok bajak laut Yonko yang sejauh ini diketahui tidak memiliki kekuatan buah iblis. Tidak ada satu pun dari kru bajak laut tersebut yang memiliki kekuatan buah iblis, seperti halnya kru bajak laut Yonko lainnya.

Meskipun begitu, kekuatan dari kru bajak laut Shanks ini diakui oleh Pemerintah Dunia. Bahkan, Pemerintah Dunia khawatir dan takut jika kemudian kelompok bajak laut ini bergabung dengan kelompok bajak laut lainnya, misalnya kelompok Topi Jerami. Menurut pihak angkatan laut – dan juga Vivre Card serta Databook – kelompok bajak laut Rambut Merah ini adalah kelompok bajak laut yang memiliki kekuatan dan kemampuan yang paling seimbang di lautan.

Hampir semua krunya memiliki kekuatan yang tidak berbeda jauh dari sang kapten. Hal inilah yang kemudian membuat kelompok ini menjadi kelompok bajak laut yang sulit untuk dihancurkan. Dengan seluruh krunya yang tidak memiliki kekuatan buah iblis, kemampuan yang merata, serta jumlah kru mereka yang tidak lebih besar jika dibandingkan dengan kru Yonko lainnya, namun masih tetap dianggap ancaman besar oleh pihak Pemerintah Dunia, wajar jika kelompok bajak laut Rambut Merah dianggap sebagai kelompok bajak laut terkuat di lautan saat ini. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.