Beberapa waktu lalu, Eiichiro Oda mengumumkan kepada seluruh fans dari seri One Piece bahwa cerita dari seri itu sudah mulai memasuki Saga terakhir. Setelah empat tahun berjalan, akhinya arc Wano resmi Oda di tutup di chapter 1057. Masih belum ada informasi apa yang kemudian menjadi rencana Oda selanjutnya pasca arc Wano.

Berdasarkan informasinya, Saga terakhir sendiri sudah Oda mulai sejak chapter 1054 kemarin. Setelah Oda sempat hiatus selama satu bulan, dia pun kini sudah siap untuk menghadirkan cerita epik yang akan menutup perjalanan dua dekade One Piece. Dengan ceritanya yang akan berakhir, ada kemungkinan beberapa karakter memiliki peran penting di Saga terakhir nanti. Siapa saja?

Sakazuki dan Angkatan Laut

Saat ini Sakazuki alias Akainu sudah mendapatkan promosi dengan menjabat sebagai Fleet Admiral di markas angkatan laut, setelah dia menang dalam duel menghadapi Aokiji. Setelah mendapatkan kekuasaan tersebut, Sakazuki langsung menghadirkan berbagai perubahan besar. Salah satu perubahan yang muncul dalam ceritanya sejauh ini adalah pemindahan markas angkatan laut yang dekat dengan Red Line.

Pasca mengetahui apa yang terjadi di Wano, Sakazuki tentunya akan melakukan sesuatu. Namun, masih belum kita ketahui apa yang akan mereka lakukan untuk menanggapi situasi tersebut. Di sisi lain, Sakazuki adalah sosok yang sudah membunuh Ace. Artinya Luffy pun pastinya akan menaruh dendam terhadap Sakazuki. Pertarungan mereka menjadi salah satu pertarungan yang para fans nantikan, dan mungkin akan terjadi di Saga terakhir ini

Shanks

Shanks merupakan salah satu sosok karakter paling misterius dalam cerita One Piece. Meskipun Shanks muncul sejak awal serinya, tapi sampai sekarang tidak banyak informasi mengenai kekuatan dan karakternya yang bisa kita ketahui. Berdasarkan bagaimana Shanks bisa menahan serangan Sakazuki dengan mudah, bisa kita asumsikan bahwa kekuatannya luar biasa dahsyat.

Shanks memiliki koneksi yang besar dan mendalam dengan sosok Luffy, bahkan dia yang menginspirasi Luffy menjadi bajak laut. Mungkin, Oda sengaja menyimpan Shanks di akhir ceritanya karena dia menjadi salah satu sosok yang berpengaruh dalam ceritanya. Apakah Shanks akan membeberkan rahasia besar dunia kepada Luffy? Atau Shanks yang akan membantu Luffy untuk bisa pergi ke Laugh Tale?

Blackbeard

Sosok Marshall D. Teach akhirnya menjadi seorang Yonko setelah berhasil mengalahkan seluruh sisa-sisa kelompok bajak laut Whitebeard. Dia merupakan sosok yang tumbuh dan mampu mendapatkan popularitas dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan, dia adalah sosok bajak laut paling kuat di dunia pasca kekalahan Kaido. Dengan kekuatan dua buah iblis, wajar jika dia menjadi sosok yang berbahaya.

Sejauh ini, kita masih belum mendapatkan informasi mengenai ambisinya dan juga tujuannya kedepan selain mengumpulkan banyak buah iblis. Dan pasca time-skip, Blackbeard jarang terlibat dalam cerita. Di Saga terakhir ini, Blackbeard mungkin akan lebih banyak terlibat dalam berbagai peristiwa yang ada mengingat dia juga menjadi sosok penting dalam ceritanya.

Gorosei

Gorosei merupakan pemimpin tertinggi di Pemerintah Dunia, satu tingkat di bawah Im. Sama halnya seperti Shanks, Oda Sensei sudah memperlihatkan kepada kita seperti apa rupa dan wajah dari Gorosei. Namun, kita masih belum tahu seberapa kuat Gorosei, apakah mereka pernah bertarung, apakah mereka memiliki kekuatan buah iblis, dan sebagainya. Perlahan, Oda mulai sering memunculkan peran dari Gorosei terutama di babak ketiga arc Wano.

Gorosei sejauh ini hanya diperlihatkan berada di dalam istana Pangaea di wilayah Mary Geoise. Karena itulah berbagai hal yang terkait dengan kemampuannya masih sangat misterius. Meskipun begitu, para fans sendiri meyakini bahwa Gorosei adalah sosok yang sangat kuat. Hal ini bisa dilihat dari posisi yang mereka jalani saat ini. Gorosei merupakan salah satu kunci bagi berbagai rahasia besar dunia. Karena itulah, mereka menjadi salah satu pihak yang penting di Saga terakhir.

Monkey D. Dragon

Monkey Dragon adalah penjahat paling buron di seluruh dunia. Pihak Pemerintah Dunia menganggap Dragon sebagai ancaman paling besar. Masih belum ada informasi apa yang kemudian membuat Dragon menjadi penjahat besar, dan mengapa pihak Pemerintah Dunia menganggap Dragon sebagai ancaman yang sangat berbahaya. Dan sejauh ini pun para fans tidak tahu apa-apa mengenai sosoknya.

Mungkin, hal ini akan berubah di Saga terakhir karena bisa jadi Dragon dan Pasukan Revolusi akan memiliki peran penting di akhir serinya. Bisa jadi kita akan mulai melihat bagaimana Pasukan Revolusi dalam beraksi, begitu juga dengan sosok Dragon. Di Saga terakhir ini kita mungkin akan menemukan jawaban mengapa Dragon menjadi incaran pihak Pemerintah Dunia.

Shirahoshi

Shirahoshi merupakan putri dari sang raja laut penguasa pulau manusia Ikan, Neptune. Meskipun Shirahoshi terlihat bukan seperti ancaman atau sebuah kekuatan besar, tapi sebenarnya dia merupakan perwujudan dari salah satu senjata kuno yaitu Poseidon. Seperti yang kita ketahui, senjata kuno merupakan senjata yang bisa menghancurkan seluruh Grand Line.

Shirahoshi merupakan puteri duyung yang memiliki kemampuan untuk berbicara dengan Sea Kings, dan makhluk laut lainnya. Seperti yang diungkapkan kepada Nico Robin, inilah alasan mengapa Shirahoshi selama ini “dikurung” di dalam istana Ryugu dan tidak pernah diizinkan untuk keluar. Shirahoshi akan memiliki peran penting di kemudian hari, ketika Luffy sudah berhasil menemukan One Piece.

Im

Im merupakan pemimpin dari Pemerintah Dunia sekaligus merupakan sosok paling tinggi dalam hierarki tersebut. Seperti yang bisa kita lihat dalam ceritanya, bahkan Gorosei pun berlutut di hadapan sosok Im. Namun, di sisi lain, Im masih menjadi sosok yang paling misterius di seri One Piece. Im hanya muncul dalam beberapa panel dan sosoknya pun masih diselimuti oleh siluet.

Hampir tidak ada informasi yang bisa diketahui tentang sosok Im, selain dia adalah pemimpin tertinggi Pemerintah Dunia. Inilah yang kemudian memunculkan berbagai teori di kalangan fans. Sebagai sosok penguasa di dunia One Piece, Im tentunya akan memiliki peran besar di Saga terakhir ini. Im pastinya menyimpan dan mengetahui berbagai rahasia besar dunia yang selama ini belum kita ketahui. Sehingga, wajar jika kemudian dia menjadi sosok penting di Saga terakhir nanti.

Monkey D. Luffy

Monkey D. Luffy adalah nama yang sangat populer saat ini di dunia anime maupun manga. Semuanya berkat kepopuleran dari seri One Piece, yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Luffy sendiri memiliki sebuah impian besar, yaitu menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece. Sebagai seorang protagonis utama di serinya rasanya memang wajar jika kemudian Luffy menjadi sosok penting untuk Saga terakhir nanti.

Luffy saat ini sudah berhasil mengalahkan makhluk paling kuat di dunia, Kaido, dan mengakhiri teror di Wano. Hanya tinggal beberapa langkah lagi bagi Luffy untuk mewujudkan mimpinya sebagai raja bajak laut. Sebelum mewujudkan mimpinya itu, Luffy harus membereskan beberapa hal lainnya. Contohnya adalah mengalahkan Yonko yang lain. Setelah itu, Luffy mungkin akhirnya akan mengungkapkan rahasia besar ke seluruh dunia.

Setelah menghadirkan banyak cerita yang begitu besar dalam dua dekade terakhir ini, serta banyaknya kejutan yang muncul dalam ceritanya, seri One Piece mulai memasuki fase terakhir sebelum menyelesaikan semuanya. Dan dengan ceritanya yang akan segera berakhir, beberapa karakter akan menjadi kunci di ceritanya. Kita nantikan saja ya Geeks kemunculan mereka dalam ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.