Kekuatan epik baru yang Saitama perlihatkan di akhir arc Monster Association kemarin menciptakan sebuah kemungkinan yang luar biasa. Apalagi, hal tersebut berkaitan dengan sosok God sebenarnya, identitas tersembunyi, yang selama ini masih menjadi misteri. Hal tersebut bisa jadi adalah jembatan untuk menghubungkan God dan sang protagonis utama dalam serinya, Saitama.

Dalam pertarungan epik melawan Garou, Saitama mampu menggunakan sebuah teknik yang kita kenal dengan sebutan Zero Causality Fist. Saitama juga berhasil kembali ke masa lalu untuk mengalahkan sang villain dan menyelamatkan semua orang. Dalam cerita One Punch Man, God adalah sosok misterius yang memiliki level kekuatan yang sangat menggambarkan namanya.

Sayangnya, sampai sekarang, masih sangat sedikit informasi yang bisa kita ketahui tentang sosok God. Namun, berdasarkan informasi yang ada dia adalah makhluk yang sosok aslinya terjebak di dimensi lain. Dia pun bisa memberikan kekuatan kepada siapa pun yang dia inginkan, demi mewujudkan tujuan utamanya. Dan satu hal yang paling jelas adalah dia sepertinya memiliki koneksi dengan bulan. Identitas asli dari God masih menjadi salah satu pertanyaan besar yang ada di serinya. Namun, kemampuan baru Saitama mungkin bisa menjawab pertanyaan besar tersebut.

God Adalah Saitama?

Dalam chapter 167 kemarin, Genos sempat memberikan penjelasan yang cukup lengkap mengenai bagaimana caranya Saitama bisa kembali ke masa lalu, menciptakan multiverse, dan merubah situasi yang mengakibatkan adanya cabang timeline dari aslinya. Saitama tidak terlalu paham apa yang Genos ucapkan tersebut, namun penjelasan itu ternyata memperkenalkan konsep yang ada kepada para fans.

Berdasarkan petunjuk yang ada sebelumnya, ditambah dengan apa yang terjadi baru-baru ini, muncul sebuah spekulasi menarik yang menyebutkan bahwa God adalah Saitama. Tepatnya, God merupakan sosok Saitama yang berasal dari timeline atau universe lain. Dengan apa yang terjadi sebelumnya, sudah sangat jelas bahwa kekuatan Saitama hampir tidak memiliki batasan, membuatnya nampak seperti seorang dewa/tuhan.

Selain itu dengan munculnya konsep perjalanan waktu yang membuat semuanya menjadi mungkin, perbandingan antara God dan Saitama juga masuk ke poin pertimbangan. Dalam spekulasinya, beberapa poin yang muncul tentang kesamaan keduanya, pertama adalah bentuk fisiknya. Juga, bisa jadi keinginan Saitama untuk menemukan sosok lawan yang sepadan dengannya adalah alasan yang sama God meminjamkan kekuatannya kepada orang-orang.

Hal ini mirip dengan spekulasi sebelumnya, di mana dalam artikel lain tertulis bahwa ada kemungkinan jika sosok Saitama jahat akan muncul dan menjadi lawan sepadan Saitama. Sosok Saitama jahat itu berasal dari universe lainnya, yang mana akan menjadi lawan terakhir Saitama, Blast, dan yang lainnya. Mereka akan muncul dan mengancam keselamatan bumi dan seluruh umat manusia.

Masalah Dalam Teorinya

Namun, ada beberapa catatan yang kemudian muncul dalam teori ini. Pertama, ketika mereka pertama kali bertemu di bawah tanah, God sama sekali tidak mengenal Saitama. Kedua, God sepertinya memiliki semacam batasan atas kemampuannya yang membuatnya tidak bisa mengerahkan seluruh kemampuannya di bumi. Ketiga, God menganggap Saitama adalah “sosok yang mampu membantah God/Tuhan.”

Dengan kata lain, Saitama adalah “alat” milik God untuk menghabisi mereka yang sudah membantahnya. Sehingga, di sisi lain, jika hal ini benar maka cukup masuk akal jika God adalah sosok Saitama dari masa depan yang mendapatkan tantangan dari sosoknya di masa lalu. Atau bisa jadi juga God adalah sosok Saitama yang berasal dari timeline lainnya seperti yang banyak fans spekulasikan.

Alur Cerita One Punch Man

Jika kemudian semua spekulasi tersebut bisa terjadi atau terbukti, maka bukan hal mustahil jika akan ada kejutan atau twist yang tidak terduga. Dalam hal ini, ada kemungkinan jika sebenarnya semua peristiwa yang terjadi di seri One Punch Man bersetting setelah misi dari sosok Saitama yang asli – yaitu mencari lawan seimbang – justru merubah Saitama menjadi sosok God.

Saitama asli yang kemudian menjadi God tersebut kemudian merubah timeline yang ada, menciptakan cerita lain yang kita ikuti sejauh ini. Jika hal ini benar, maka Murata berhasil menghadirkan sebuah twist yang paling besar di serinya. Untuk saat ini, memang semuanya masih belum pasti. Namun, rasanya sulit untuk tidak melihat bagaimana sosok God memiliki kemiripan dengan Saitama dan berpikir ada semacam koneksi di dalamnya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.