Inikah bounty Angkatan Laut? Di tengah-tengah banyaknya elemen yang menarik yang muncul dalam seri One Piece, salah satu yang cukup unik adalah sistem nilai buruan. Nilai buruan merupakan sebuah sistem lainnya yang Pemerintah Dunia ciptakan. Hal ini sengaja mereka lakukan demi menjaga kedamaian dan juga ketertiban di seluruh dunia. Karena, mereka tidak bisa selalu berada di semua tempat.

Sistem nilai buruan sengaja mereka ciptakan sebagai upaya untuk bisa menangkap para penjahat yang ada. Dunia One Piece sangatlah luas dengan berbagai pulau dan bagian daratan lain. Meskipun angkatan laut memiliki armada yang besar, namun untuk bisa menangkap semua buronan tersebut tentunya akan menjadi sebuah pekerjaan yang sangat sulit.

Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa sistem nilai buruan terbentuk, karena demi mempermudah Pemerintah Dunia menjalankan tugasnya. Berbicara mengenai nilai buruan, biasanya angkatan laut yang mengeluarkan nilai buruan tersebut untuk mengincar nyawa para bajak laut yang ada. Namun, bagaimana jika kemudian mereka yang justru menjadi incaran? Berapa nilai mereka?

Patokan Nilai Buruan?

Ketika seorang bajak laut sudah mendapatkan perhatian dari angkatan laut terkait apa yang mereka lakukan, maka angkatan laut akan menawarkan sejumlah uang bagi siapa pun yang bisa menangkap atau membawa para penjahat atau bajak laut tersebut ke pihak angkatan laut. Dalam poster buruan yang pihak angkatan laut sebarkan ke seluruh dunia selalu terdapat tulisan “hidup atau mati”.

Namun, ketika pihak angkatan laut yang menjadi incaran, tidak ada tulisan tersebut dalam poster buruan mereka. Berdasarkan dari apa yang muncul di chapter 1056 kemarin, Cross Guild hanya memberikan bintang kepada para angkatan laut tersebut. Tidak ada informasi apa maksud bintang tersebut. Apakah merupakan level ancaman, pangkat, atau hal lainnya.

Meskipun begitu, asumsi yang paling banyak muncul adalah bintang tersebut merupakan pangkat mereka. Seperti yang kita ketahui, angkatan laut memiliki pangkat yang terstruktur mulai dari yang paling bawah sampai paling atas. Untuk membedakan dengan angkatan laut, Cross Guild menilai mereka kemungkinan dari pangkatnya. Misalnya, Rear Admiral yang merupakan pangkat tertinggi keempat di angkatan laut.Bisa juga Komodor yang merupakan pangkat tertinggi kelima di angkatan laut. Kemudian ada posisi Kapten, yang mana seperti yang sudah kita ketahui, mereka biasanya bertugas untuk menjadi pemimpin dari beberapa cabang angkatan laut yang ada di pulau-pulau di seluruh dunia. Mereka yang berpangkat Captain, akan dianggap sudah memiliki pengalaman dan kemampuan bertarung yang baik.

Bisa juga Komodor yang merupakan pangkat tertinggi kelima di angkatan laut. Kemudian ada posisi Kapten, yang mana seperti yang sudah kita ketahui, mereka biasanya bertugas untuk menjadi pemimpin dari beberapa cabang angkatan laut yang ada di pulau-pulau di seluruh dunia. Mereka yang berpangkat Captain, akan dianggap sudah memiliki pengalaman dan kemampuan bertarung yang baik.

Berapa Bounty Angkatan Laut?

Geeks perlu ingat karena ini baru pertama kali terjadi, belum ada patokan angka atau apa yang kemudian menjadi standar nilai buruan atau bounty Angkatan Laut. Semuanya hanya berdasarkan pangkat tersebut. Berdasarkan hal tersebut, untuk pangkat menengah seperti kapten, komodor, sampai rear admiral, kemungkinan nilainya akan berada di angka puluhan hingga ratusan juta Belly.

Semuanya tergantung pada popularitas dan juga kekuatan, selain jabatan. Sedangkan, untuk menengah atas seperti wakil admiral dan juga admiral, nilai buruannya mungkin bisa mulai dari ratusan juta Belly sampai milliaran. Misalnya, untuk sosok admiral seperti Kizaru nilai buruannya bisa mencapai 2 milliar. Atau misalnya Aramaki yang mungkin bisa mencapai 1 milliar Belly.

Sedangkan untuk level Fleet Admiral pastinya jumlah buruannya sangat tinggi, mungkin bisa mencapai kisaran 3 milliar Belly. Beberapa karakter mungkin akan memiliki pengecualian seperti Garp atau Sengoku, yang sudah menjadi legenda angkatan laut. Garp mungkin akan memiliki nilai yang sama dengan Roger di angka 4-5 milliar Belly. Kembali, ini semua masih sebatas spekulasi karena belum pernah terjadi sebelumnya.

Namun, menarik juga untuk melihat bagaimana sekarang situasinya sudah mulai berbalik. Seperti yang Kid ungkapkan di chapternya, dengan adanya nilai buruan ini para angkatan laut mungkin tidak akan bisa tidur nyenyak karena mereka akan menjadi target bagi banyak orang yang tergiur dengan uangnya. Bagaimana nasib angkatan laut selanjutnya?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.