Dalam chapter terbaru di seri manga One Piece kita mengetahui bagaimana dunia kedatangan sebuah organisasi kuat baru bernama Cross Guild. Itu adalah sebuah organisasi yang sangat kuat di mana di dalamnya terdiri dari tiga sosok bajak laut epik. Mereka adalah Crocodile, Dracule Mihawk, dan Buggy. Geeks mungkin sudah tahu siapa Crocodile dan Mihawk.

Mereka adalah mantan Shichibukai, sekaligus juga pemilik titel ahli pedang terkuat di dunia. Buggy sendiri saat ini merupakan salah satu penguasa samudera alias Yonko bersama dengan Luffy. Dan dari ketiganya, Buggy adalah pemimpin kelompok itu. Pengaruh politik yang besar serta reputasi yang mengerikan, membuat Cross Guild berani untuk memburu para angkatan laut.

Dan seperti yang muncul dalam laporan surat kabar, apa yang mereka lakukan sepertinya sangat efektif. Akibat dari hal tersebut, para angkatan laut kini mulai khawatir tentang nyawanya. Bukan hanya mereka akan mendapatkan serangan dari para bajak laut, tapi juga dari para pemburu bayaran. Untuk saat ini, tidak banyak yang bisa kita ketahui tentang Cross Guild, dan bagaimana organisasi ini bisa terbentuk.

BACA JUGA: Marvel: Para Superhero yang Pernah ke Indonesia!

Meskipun begitu, besar kemungkinan organisasi ini terbentuk di akhir peristiwa Reverie ketika Pemerintah Dunia memutuskan untuk membubarkan sistem Shichibukai. Buggy dan Mihawk pun kini menjadi kriminal lagi. Namun, yang menarik adalah Buggy kemudian terpilih untuk menjadi Yonko saat organisasi ini terbentuk. Law sendiri menyebutkan bahwa mungkin reputasi Buggy yang kemudian menjadi alasan Mihawk dan Crocodile mau bergabung.

Alasan Bergabung di Cross Guild

Sebagian fans berpendapat bahwa bukan seebuah kejutan besar Crocodile dan Mihawk kemudian bekerja sama dengan Buggy. Mengapa? Crocodile lebih senang untuk bergerak dari balik bayang-bayang. Dia adalah seorang manipulator dan dalang dari berbagai peristiwa. Dia mungkin melihat ada nilai atau keuntungan yang bisa dia raih dengan bergabung bersama organisasi itu.

Atau bisa juga dia tahu seperti apa sosok Buggy. Dan Crocodile menyadari keuntungan dari reputasi Buggy selama ini. Dengan begitu, tidak ada yang menyadari tentang keberadaannya sehingga dia bisa bergerak atau memanipulasi sesuka hati. Crocodile sadar bahwa Buggy tidak terlalu kuat. Namun, reputasinya sebagai mantan kru Roger, kedekatannya dengan Shanks, dan juga bagaimana dia menguasai dunia kriminal, Buggy sekarang bukanlah sosok yang bisa dia remehkan.

BACA JUGA: One Piece: Mengapa Shanks Dijuluki “Pembunuh Observation Haki?”

Berdasarkan hal tersebut rasanya masuk akal jika kemudian Crocodile menggunakan Buggy sebagai sosok pemimpin di organisasi itu. Hal ini juga akan mampu mempromosikan dan juga meningkatkan reputasi kelompoknya. Dia sadar jika dia yang menjadi pemimpinnya, maka tidak akan ada dampak apa pun yang muncul Orang-orang biasa mungkin tidak akan menyadarinya, namun sosok seperti Kid mungkin sadar apa yang terjadi.

Selain Crocodile, bergabungnya Mihawk menambah kekuatan dari Cross Guild. Dengan kemampuan berpedang dan titelnya tersebut rasanya tidak akan ada yang berani untuk membuat masalah dengan organisasi ini. Apa yang kemudian menjadi alasan Mihawk untuk bergabung dengan Cross Guild memang masih misterius. Namun, melihat bagaimana sosok Mihawk sepertinya Buggy atau organisasi ini berhasil untuk menarik minat Mihawk.

Mihawk sendiri bukanlah sosok yang senang untuk memimpin. Dia pun bukanlah seorang pemimpin. Hal ini bisa kita lihat bagaimana Mihawk cenderung lebih suka untuk sendiri. Sehingga, rasanya dia pun tidak akan keberatan ketika mengetahui Buggy adalah sosok pemimpin dari organisasi tersebut.

BACA JUGA: One Piece: Oda Konfirmasi Luffy Raja Bajak Laut?

Kru Terkuat?

Cross Guild mungkin hanya berisikan tiga orang, namun mereka bertiga bukanlah sosok yang sembarangan. Sepak terjang Crocodile sangatlah luar biasa, apalagi selama di arc Alabasta. Meskipun kemudian dia kalah dari Luffy, namun kemampuan Suna Suna no Mi miliknya tetap sangat luar biasa. Apalagi, dia sudah membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Untuk saat ini, Crocodile memang belum lagi terlihat bertarung. Sehingga, kita tidak tahu seberapa besar peningkatan kekuatannya saat ini. Bagaimana dengan Mihawk? Geeks pun rasanya sudah mengetahui seperti apa kedahsyatan dan kekuatan dari sosok Mihawk. Pertempuran di Marineford menjadi bukti kedahsyatan Mihawk sejauh ini.

Untuk Buggy, memang harus kita akui dia adalah yang paling lemah. Namun, mungkin hal ini sudah berubah pasca timeskip. Bisa jadi, Buggy sudah berubah menjadi sosok yang jauh lebih kuat dari sebelumnya meskipun mungkin peningkatannya tidak terlalu signifikan. Para fans pun penasaran dengan kekuatan Buggy saat ini, dan menantikan pertarungan epik yang melibatkan sosoknya.

Jadi, apakah Cross Guild memiliki kru terkuat? Untuk saat ini, mereka memang memiliki kru yang sangat kuat. Namun, mereka sepertinya tidak akan menjadi kru yang terkuat. Pasalnya, masih ada yang jauh lebih kuat lagi di lautan misalnya kru Topi Jerami. Namun, melihat dari segi kekuatannya, Cross Guild masih jauh lebih unggul dari kelompok Kid atau pun Law.

BACA JUGA: Ini Pemeran Spider-Woman di Madame Web!

Kedua kelompok tersebut hanya mengandalkan sang kapten. Sedangkan, Cross Guild memiliki kekuatan yang cukup merata. Menarik untuk melihat pertemuan para kru Cross Guild dengan salah satu dari ketiga kapten Worst Generation tersebut. Pertempuran yang terjadi diantara mereka pasti akan sangat luar biasa dan seru.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.