Ketika berbicara tentang tim superhero Marvel, para penggemar pasti akan langsung ingat kepada Avengers. Karena di Marvel Comics sendiri Avengers adalah Earth’s Mightiest Heroes yang artinya tim ‘paling kuat’ di Bumi. Walaupun begitu, pada kenyataannya secara pengalaman sebenarnya ada tim lain yang jauh ‘lebih’ matang dari Avengers. Mereka adalah All-Winners Squad, tim superhero paling pertama di Marvel Comics yang terdiri dari para superhero veteran Bumi.

Jika kita bandingkan dengan sejarah Avengers yang lahir pada tahun 1963, faktanya All-Winners Squad mempunyai usia tujuh belas tahun lebih tua dari mereka. Debut pada tahun 1946, hanya segelintir superhero saja yang bisa bergabung dengan superhero tua ini. Karena memang pada saat itu masih belum ada superhero populer, seperti Iron Man, Spider-Man, bahkan dewa seperti Thor. Lantas siapa saja yang pernah menjadi anggotanya? Makin penasaran bukan, Geeks? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Avengers ini Dapat Kekuatan Kosmik!

Tim Superhero Pertama di Marvel Universe

Pada awal tahun 40-an, hanya sedikit sekali superhero yang menjadi bagian dari Marvel Universe. Mereka adalah Namor-the Submariner, Human Torch, Toro, Captain America Steve Rogers, dan sidekick-nya Bucky Barnes. Pada saat itu mereka memang sempat bekerja sama untuk melawan Nazi di Eropa. Namun, setelah Steve dan Bucky menghilang pada pertengahan tahun 1945, Presiden Harry S. Truman mulai mendirikan tim superhero baru. Di mana dia menunjuk William Naslund dan Fred Davis untuk mengisi peran Captain America dan Bucky, serta menambah dua superhero baru, yaitu Miss America dan Whizzer.

Barulah pada tahun 1946 saat perang usai, di komik All Winners Comics #19, Miss America menyebut tim superhero pertama ini dengan nama All-Winners Squad. Ada banyak sekali misi besar yang telah mereka selesaikan, termasuk saat mereka mengalahkan sosok penjahat bernama Isbisa yang ingin mencuri bom atom. Kemudian dalam petualangan lain, ketujuh superhero ini juga pernah menghadapi Adam-2, android jahat seperti Human Torch yang merupakan ciptaan Phineas T. Horton. Pada titik inilah Adam-2 berhasil membunuh William, yang akhirnya digantikan oleh Jeff Mace yang sebelumnya terkenal sebagai Patriot.

BACA JUGA: Mengenal Avengers Baru Ciptaan Iron Man!

Dalam kesempatan lain, All-Winners Squad juga pernah berhadapan dengan villain penjelajah waktu yang sangat kuat. Jika Avengers mempunyai musuh bernama Kang the Conqueror yang berasal dari abad ke-31, All-Winners Squad justru pernah berhadapan dengan musuh bernama Future Man yang berasal dari tahun 1.000.000 masehi. Dalam prosesnya, mereka bahkan mampu menghancurkan mesin waktu milik Future Man. Mengingat All-Winners Squad adalah tim superhero yang aktif pada tahun 40-an, tentunya prestasi ini membuat mereka tidak kalah hebat dari Avengers dan tim super mana pun.

KE HALAMAN 2

1
2