Avengers adalah tim superhero paling terkenal di Marvel Universe. Sejak kemunculan pada tahun 1963, sampai sekarang ada banyak sekali superhero yang terdaftar sebagai anggotanya. Namun, yang paling terkenal dan konsisten di antara semuanya adalah Tony Stark alias Iron Man. Dia adalah pendiri Avengers, yang cukup sering juga berperan sebagai otak di Tim Superhero Terbaik Bumi ini. Berdasarkan hal tersebut, cukup masuk akal mengapa Iron Man sering tampil sebagai pemimpin Avengers.

Dalam suatu kisah, Iron Man bahkan pernah juga terpaksa mengganti semua anggota Avengers dengan armor canggihnya. Hal ini tentunya adalah sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh Iron Man seorang. Tim Avengers yang terdiri dari para robot ciptaannya ini dia beri nama ‘Iron Avengers’. Meskipun hanya replika dari para karakter aslinya, tetapi Iron Avengers juga terbukti berguna ketika berbicara tentang melindungi Bumi. Seperti apa mereka dan siapa saja yang menjadi anggota dari Iron Avengers ini? Jika kalian tertarik, simak pembahasan lebih lanjutnya di bawah ini, Geeks!

BACA JUGA: Mengenal Hammer Supreme, “Fusion” 8 Superhero Marvel!

Menggantikan Avengers Asli

Kemunculan pertama Iron Avengers terjadi di komik Earth X (1999) karya Alex Ross, Jim Krueger, dan John Paul Leon. Komik yang menceritakan peristiwa jauh pada masa depan ini berlangsung di universe alternatif Earth-9997. Di mana sebagian besar manusia telah mendapatkan kekuatan supernya sendiri setelah terpapar Terrigen Mist. Terlepas dari para manusia yang sebenarnya sudah bisa mandiri, tetapi pada kenyataannya mereka masih membutuhkan pertolongan para Avengers. Termasuk ketika supervillain Absorbing Man muncul di Washington D.C. dan menciptakan kekacauan yang sangat besar.

Melihat kejahatan di depan mata mereka, Avengers langsung bertempur dengan Absorbing Man yang ternyata jauh lebih kuat dari mereka. Dengan kemampuan super barunya, dia berhasil membunuh sejumlah anggota Avengers, kecuali Iron Man, Captain America, Hulk, Vision, dan Thor. Sejak saat itulah dunia melihat kejatuhan dari para Avengers dan superhero secara keseluruhan. Puluhan tahun kemudian, Iron Man yang sudah tidak lagi muda berniat untuk mengenang para sahabatnya. Dia menciptakan banyak robot yang menyerupai para anggota Avengers, termasuk karakteristik dan kekuatannya.

Melihat hal ini, ternyata Captain America tidak setuju para mendiang sahabatnya tersebut disamakan dengan robot. Tidak peduli dengan ocehan Cap, Iron Man tetap menalanjutkan rencananya. Dia berharap suatu hari nanti akan mempunyai lebih banyak uang untuk membuat lebih banyak lagi Iron Avengers. Sehingga ketika penjahat seperti Absorbing Man muncul kembali, dia sudah mempunyai pasukan robot Avengers. Salah satu misi tersulit yang pernah Iron Avengers selesaikan adalah menyelamatkan Captain America dari penyakit alien Hydra di Kota New York.

BACA JUGA: Perbedaan Mutan dan Inhuman di Marvel!

Para Anggota Iron Avengers

Sesuai dengan namanya, Iron Avengers adalah tim robot ciptaan Iron Man yang menyerupai para anggota Avengers asli. Adapun para robot yang menjadi bagian dari tim ini adalah Vision, Sting, Monolith, Bolt, Crimson Sage, dan Steelbow, yang merupakan replika dari Vision, Wasp, Giant-Man, Quicksilver, Scarlet Witch, dan Hawkeye. Pada dasarnya armor mereka mirip seperti kostum Iron Man pada umumnya, tetapi mempunyai ciri khas desain dan warna dari para anggota Avengers asli.

Melihat aksi Steelbow yang menggunakan panah seperti Hawkeye, artinya robot lain juga mempunyai kekuatan yang kurang lebih mirip seperti pendahulunya. Misalnya seperti Monolith yang mempunyai ukuran paling besar dan Sting yang ukurannya paling kecil. Dari hal tersebut kita bisa melihat bahwa Iron Man bukan hanya fokus pada penampilan Iron Avenges saja, tetapi juga kekuatan, kemampuan, dan juga keahliannya dari para role modelnya.

KE HALAMAN 2

1
2