Industri animasi Jepang menjadi salah satu industri terbesar di dunia. Banyak judul-judul baru dari seri anime yang dinantikan oleh para fans, bukan hanya di Jepang namun juga di luar Jepang. Kepopuleran seri anime ini sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Berbagai genre mulai dari mecha, ninja, dan genre lainnya muncul seiring dengan berkembangnya industri anime.

Yang menarik adalah ada beberapa seri anime yang mampu bertahan sangat lama. Mereka muncul dengan episode yang sangat panjang. Hal ini karena kepopuleran dari seri animenya, yang membuat akhirnya seri tersebut terus berjalan. Jumlah episodenya sendiri bisa mencapai ribuan. Berikut adalah beberapa seri anime terpanjang.

Doraemon (1979) – 1787 Episode

Seri anime Doraemon menjadi salah satu seri yang terpopuler di dunia, bahkan di Indonesia. Seri ini pertama kali muncul pada 1979 dan proses animasinya sendiri dikerjakan oleh Shin-Ei Animation. Selama kurang lebih 25 tahun seri orisinalnya ini berjalan, di mana serinya selesai pada 2005. Dan kemudian, seri Doraemon kembali dengan versi yang lebih baru.

Selama berjalan kurang lebih 25 tahun, seri orisinal dari Dorameon tersebut sudah menghasilkan sebanyak 1787 episode. Seperti yang kita ketahui, seri Doraemon berkisah tentang petualangan Nobita dan Doraemon yang merupakan kucing ajaib dari abad 22. Dia datang ke masa lalu untuk membantu Nobita kecil agar hidupnya tidak menderita pada masa yang akan datang.

Prince Mackaroo (Ojarumaru) – 1947+ Episode

Tema tentang perjalanan waktu atau time travel adalah sesuatu yang klasik atau biasa muncul dalam berbagai cerita, termasuk juga Prince Mackaroo. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang bangsawan muda bernama Ojarumaru yang berhasil mengirim dirinya sendiri ke zaman 1000 tahun yang lalu. Dia melakukannya dengan menggunakan sebuah tongkat ajaib dari sang raja iblis, Enma.

Di masa lalu, dia kemudian bersahabat dengan seorang anak lainnya bernama Kazuma, yang mana Kazuma sendiri kemudian menjadi bagian dari keluarga Ojarumaru. Tongkat ajaib yang Ojarumaru miliki tersebut selalu berusaha dicuri oleh tiga orang iblis. Inilah yang kemudian membuat serinya menarik, karena kita juga melihat petualangan kedua karakter untuk menghindari serangan para iblis. Tayang sejak 1998, serinya masih terus berjalan sampai sekarang.

Ninja Boy Rantaro – 2321+ Episode

Jauh sebelum era kepopuleran Naruto atau Boruto, seri anime Ninja Boy Rantaro sudah terlebih dahulu menghadirkan kisah dan tema tentang ninja di televisi. Serinya sendiri pertama kali tayang pada 1993 dan masih terus berjalan sampai sekarang. Total epiosdenya sendiri sudah lebih dari 2000 episode. Ninjaboy Rantaro berkisah tentang tiga orang ninja muda yaitu Rantarou, Kirimaru, dan Shinbei.

Mereka bertiga berusaha untuk belajar menjadi ninja yang baik, dengan mempelajari semua hal. Dengan target pasarnya adalah anak-anak, tidak heran jika banyak unsur komedi yang kemudian muncul dalam ceritanya.

KE HALAMAN 2

1
2