Level kekuatan Crocodile berada jauh di atas Luffy. Crocodile sendiri saat itu masih menjadi bagian dari Shichibukai. Dalam pertarungan ini, Luffy bahkan bukan hanya berhasil dikalahkan sekali melainkan dua kali. Pertama, dia dibuat tidak berdaya dan hampir tenggelam di dalam pasir. Kedua, Luffy dibuat dehidrasi oleh Crocodile setelah cairan tubuhnya dihisap.

Gagal Jadi Kuat

Berdasarkan dari informasi yang kita ketahui tentang karakternya, sebenarnya kedua villain tersebut berpotensi untuk menjadi sosok yang sangat kuat. Namun, sayangnya, kekalahan harus mereka alami akibat kurangnya pengalaman atau pun karena ada faktor lainnya. Misalnya, untuk Enel sendiri dia berhasil Luffy kalahkan karena minimnya pengetahuan tentang dunia luar. Dia benar-benar tidak tahu apa pun selain pulau langit, dan inilah yang menjadi salah satu faktor kekalahannya.

Enel benar-benar tidak paham tentang kekuatan Luffy yang berkaitan dengan karet. Seperti yang kita ketahui, karet bukanlah penghantar listrik alami. Artinya serangan listrik yang Enel hadirkan terhadap Luffy tidak akan memberikan banyak pengaruh terhadap Luffy. Bahkan, ketika Enel berubah menjadi sosok terkuatnya atau berubah menjadi form terkuatnya, dia masih belum bisa mengalahkan Luffy karena ketidaktahuannya akan informasi lain.

Jika saja Luffy tidak datang ke pulau langit dan bertemu dengan Enel, maka pertarungan tersebut tidak akan terjadi. Enel mungkin masih berkuasa dan menjadi sosok yang menindas para penduduk pualu langit. Di sisi lain, jika Enel mau turun ke dunia bawah mungkin dia akan menjadi salah satu ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Oda Sensei sendiri pernah mengatakan bahwa Enel bisa saja mendapatkan nilai buruan yang besar.

Bagaimana dengan Crocodile? Sebenarnya, Crocodile adalah sosok yang jauh lebih kuat dari Luffy dalam pertarungannya di arc Alabasta. Faktor determinasi Luffy yang besar untuk bisa menang, dan juga ketidak beruntungan yang ada di dalam diri Crocodile, pada akhirnya membuat sang villain harus menelan kekalahan yang memalukan. Ini menjadi momen pertama Shichibukai berhasil dikalahkan oleh bajak laut biasa.

Crocodile sudah tidak diragukan lagi adalah salah satu karakter tercerdas di One Piece. Crocodile mampu melumpuhkan suatu negara, mempengaruhi rakyatnya, dan hampir menyebabkan adanya pemberontakan berskala besar. Namun, pada akhirnya, dia harus kalah dari Luffy. Dan hal itu membuatnya gagal untuk bisa menjadi sosok yang kuat dan berpengaruh di dunia One Piece.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.