Monkey D. Luffy merupakan karakter utama dalam seri karangan Eiichiro Oda yaitu One Piece. Dia memiliki mimpi untuk bisa menjadi seorang raja bajak laut. Dalam hal kekuatan, Luffy juga terkenal karena kemampuan dan juga kekuatannya yang dahsyat. Luffy juga memiliki determinasi yang tinggi dalam setiap pertarungan.

Dalam petualangannya, Luffy bertemu dengan banyak sekali orang. Sebagian dari mereka ada yang kemudian bergabung dengan Luffy dan menjadi bagian dari krunya. Namun, ada juga yang justru menjadi musuh dari Luffy. Sepanjang menjadi bajak laut, sudah ada banyak musuh yang dia hadapi. Beberapa dari mereka adalah Enel dan juga Crocodile, yang menjadi dua musuh awal dari Luffy.

Kedua karakter tersebut merupakan musuh awal Luffy sebelum timeskip terjadi. Enel sendiri merupakan villain utama dalam arc Pulau Langit atau Skypiea. Sedangkan Crocodile adalah villain utama dalam arc Alabasta. Kedua villain itu memberikan dampak besar, baik bagi keseluruhan cerita atau juga bagi perkembangan karakter dari Luffy. Misalnya, Crocodile menjadi lawan pertama yang mengalahkan Luffy.

Kemudian, Enel menjadi orang pertama yang “memperkenalkan” kepada Luffy tentang Observation Haki. Meskipun keduanya sempat memberikan momen buruk dan juga kesulitan kepada Luffy, namun pada akhirnya sang protagonis utama tetap berhasil untuk bisa menjadi pemenangnya. Dari kedua villain tersebut, hanya Crocodile yang kembali ke cerita utama serinya. Sedangkan, Enel kembali di cerita sampul.

Potensi Dua Karakter

Berbicara mengenai Crocodile dan Enel, keduanya merupakan dua karakter dan villain yang penuh dengan potensi. Crocodile mampu membangkitkan buah iblis Suna Suna miliknya, dan Enel merupakan sosok yang sangat kuat dengan Goro Goro no Mi apalagi dengan Hakinya. Dengan adanya kekuatan buah iblis tersebut, keduanya benar-benar menguasai wilayah mereka masing-masing.

Buah iblis Goro Goro no Mi merupakan salah satu buah iblis yang unik yang muncul dalam cerita One Piece. Buah iblis tersebut bisa memberikan penggunanya sebuah kekuatan menarik yaitu mampu mengendalikan, menciptakan, dan merubah dirinya menjadi listrik sesuka hati. Dengan kata lain, penggunanya sudah berubah menjadi seorang manusia listrik.

Enel menggunakan kekuatan ini ketika dia bertarung melawan musuh-musuhnya, dan ketika dia menghukum para penduduk pulau langit yang melanggar aturan, menjadikannya sosok dewa/penguasa di pulau langit tersebut. Selain memanfaatkan buah iblisnya, kemampuan Enel juga luar biasa berkat Observation Haki yang dia sebut sebagai ‘Mantra.’

Tidak kalah dari Enel, Crocodile pun adalah sosok yang luar biasa. Pertarungan antara Luffy dan Crocodile masih menjadi salah satu pertarungan epik dan ikonik di seri One Piece. Ini merupakan pertarungan pertama dari Luffy, di mana dia harus benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan dan juga tenaganya. Dan dalam pertarungan ini pun Luffy harus merasakan bagaimana pahitnya sebuah kegagalan dalam pertarungan.

KE HALAMAN 2

1
2