Dalam seri anime, harus kita akui bahwa memang genre shounen adalah genre yang paling banyak peminatnya. Banyak judul-judul menarik dan populer dari genre shounen seperti One Piece atau Naruto. Dan judul baru yang populer adalah Jujutsu Kaisen atau bahkan Demon Slayer. Namun, ada juga genre anime lainnya yang tidak kalah populer dari genre shounen yaitu mecha atau robot.

Sesuai namanya, genre ini biasanya menghadirkan cerita tentang robot atau pertarungan robot. Genre mecha sendiri sudah sejak lama muncul, tepatnya setelah dirilisnya seri klasik Astro Boy dan Gigantor. Meskipun genre mecha sering kali erat kaitannya dengan seri Neon Genesis Evangelion, faktanya selain Evangelion ada beberapa seri lainnya yang cukup mengundang perhatian dari para fans. Apa saja?

Mobile Suite Gundam 00

Genre mecha mungkin sudah diawali oleh Astro Boy, tapi untuk kepopulerannya baru mulai ketika franchise Gundam muncul. Mobile Suit Gundam yang tayang pada 1979, menjadi sebuah gebrakan baru untuk genre ini. Franchisenya merubah tema dari “robot fantastis” di era 70an menjadi “robot sesungguhnya” yang kemudian populer di era 1980an. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya generasi baru anime mecha.

Selain series orisinalnya, Mobile Suit Gundam 00 yang tayang pada 2007 juga menjadi salah satu yang terbaik di franchisenya. Memang, ada series yang lebih baik dari series Gundam 00 di franchise Gundam, tetapi untuk series Gundam 00 ini menghadirkan sesuatu yang baru dan modern di dunia Gundam. Ceritanya pun tidak kalah menarik dibandingkan series Gundam lainnya.

Super Dimension Fortress Macross

Selain Gundam, series yang juga populer di era 1980an adalah Super Dimension Fortress Macross atau yang biasa disingkat Macross. Series ini coba mengikuti tren baru dari Gundam, untuk menghadirkan “robot sesungguhnya” dalam ceritanya. Premis ceritanya sendiri cukup sederhana sebenarnya, di mana manusia mencoba bertahan dari serangan alien dengan menggunakan robot ciptaan mereka.

Namun, ada satu hal yang unik yang membuat Macross cukup melegenda di genre Mecha. Ketika genre Mecha biasanya hanya menampilkan hal yang serius, Macross coba untuk memasukan unsur romantisme para karakternya ke dalam ceritanya. Dan tidak disangka bahwa tanggapannya sangat positif. Dan hal ini juga secara tidak langsung menjadi awal mula munculnya genre baru yaitu idola (idol).

Tengen Toppa Gurren Lagann

Pasca kesuksesan seri Evangelion, banyak series anime lain mencoba untuk mengikuti jejaknya, mencoba untuk menghadirkan kembali apa yang membuat series Evangelion sukses namun dibungkus dengan konsep yang berbeda. Sayangnya, sering kali usaha tersebut gagal. Meskipun begitu, Tengen Toppa Gurren Lagann yang tayang pada 2007 nampaknya cukup berhasil melanjutkan kesuksesan dari Evangelion.

Ceritanya sendiri berkisah tentang Simon dan Kamina yang merupakan kakak beradik, yang mencoba untuk menyelamatkan dunia bersama-sama. Serinya sendiri mencoba untuk memberikan pelajaran tentang saling percaya satu sama lain. Berbeda dengan seri Mecha sebelumnya yang cenderung serius, Gurren Lagann memperlihatkan bagaimana bombastis dan luar biasanya ketika seseorang menjadi pilot Mecha.

Armored Trooper Votoms

Chirico Cuvie merupakan mantan pasukan khusus dan pilot Armored Trooper pilot dari Gilgamesh Federation, yang mendapatkan tugas besar untuk memata-matai musuh. Sayangnya, ketika misinya tersebut justru gagal, dia malah terlantar dan dibiarkan di wilayah musuh yaitu Balarant Union. Setelah pada akhirnya berhasil melarikan diri dari wilayah musuh, Chirico mulai mencari tahu fakta sebenarnya dari misi yang dia jalani.

Seri Armored Trooper VOTOMS menjadi pilihan bagi Geeks yang merupakan penggemar mecha sekaligus juga berbagai aksi yang mengerikan. Dalam beberapa momen di serinya, bahkan terdapat sebuah adegan yang mirip dengan peristiwa mengerikan di dunia nyata, seperti perang Vietnam.

KE HALAMAN 2

1
2