Sandai Kitetsu

Karena memiliki citra yang buruk sebagai sebuah pedang kutukan, pedang ini pada awalnya tidak diperjual belikan oleh Ipponmatsu. Namun, karena Zoro membutuhkannya, akhirnya dia pun terus memaksa dengan melakukan tes keburuntungan. Pedang tersebut dilemparkan kepadanya dan Zoro harus merelakan bagian tubuhnya yang mana pun bila terkena pedang tersebut.

Namun, ternyata pedang tersebut sama sekali tidak mengenai anggota tubuh dari Zoro yang mana hal itu membuat Ipponmatsu sempat terkejut. Akhirnya, pedang ini menjadi milik Zoro. Hal menarik dari pedang ini adalah, meskipun Sandai Kitetsu tingkatnya lebih rendah dari Yubashiri, namun daya tahannya lebih kuat. Terbukti sampai sekarang pedang tersebut ada di pinggang Zoro.

Nidai Kitetsu

Selain Sandai Kitetsu, pedang Kitetsu lainnya yang juga termasuk dalam pedang kutukan atau Yoto adalah Nidai Kitetsu. Nidai Kitetsu sendiri adalah pedang hasil karya seorang ahli pedang terkenal bernama Kotetsu. Pedang ini adalah salah satu dari 21 pedang kelas atas, sama dengan pedang Shisui dan Enma. Katana ini pernah “dipinjam” oleh Luffy untuk sementara waktu, sebelum akhirnya dikembalikan ke pemiliknya yang sah.

Nidai Kitetsu memiliki ketajaman dan kekuatan yang luar biasa, sampai-sampai Luffy dapat memotong pedang lain dengan mudah. Padahal, Luffy bukanlah seorang yang ahli untuk menggunakan pedang. Banyak fans yang berspeklulasi bahwa Nidai Kitetsu mungkin akan menjadi salah satu pedang yang Zoro miliki pasca arc Wano selesai.

Masih belum ada informasi sampai sekarang apa yang membuat sebuah pedang bisa menjadi pedang terkutuk. Menurut penjelasan Kozaburo, sebuah pedang memang memiliki kepribadiannya masing-masing. Namun, apakah itu merupakan bagian dari proses kutukannya? Masih harus kita tunggu konfirmasi tersebut dari Oda Sensei.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.