Dalam dunia One Piece pengguna pedang merupakan salah satu sosok yang begitu dihormati. Misalnya kita mengenal Dracule Mihawk yang merupakan ahli pedang terbaik di dunia. Atau mungkin sosok Ryuma yang merupakan dewa pedang yang berasal dari Wano. Pedang seolah memiliki koneksi mendalam dengan berbagai peristiwa dalam ceritanya, serta menjadi salah satu elemen penting.

Meskipun pedang menjadi salah satu senjata utama bagi banyak karakter, tapi tidak semua pedang memiliki ketangguhan yang sama. Masing-masing pedang memiliki kategorinya tersendiri. Ada kurang lebih tiga klasifikasi/kategori pedang dalam cerita One Piece. Yang pertama adalah pedang Meito atau populer. Kedua adalah pedang Kokuto atau pedang hitam. Dan terakhir adalah pedang Yoto atau terkutuk.

Mengenal Pedang Terkutuk

Pedang Yoto atau yang bisa diartikan sebagai pedang kutukan/pedang misterius, merupakan pedang yang kabarnya memiliki sebuah kutukan. Dalam ceritanya, kutukan dari pedang tersebut akan dirasakan oleh para pengguna pedangnya. Banyak orang yang kemudian percaya dengan cerita mistis ini, di mana bahkan pada akhirnya orang-orang cenderung menghindari beberapa pedang agar tidak terkena kutukan.

Namun, seiring berjalannya waktu penjelasan mengenai pedang ini mulai terungkap. Berdasarkan dari apa yang Shimotsuki Kozaburo katakan di chapter sebelumnya, berbagai kutukan yang ada di sebuah pedang bisa mereka hindari jika keberuntungan si pengguna lebih unggul, atau penggunanya memiliki tekad yang jauh lebih besar dari tekad pedang itu.

Dan Kouzaburo sendiri mengatakan bahwa memang sudah seharusnya pedang memiliki kengerian. Karena, tujuan utama dari pedang sendiri adalah mencabut nyawa atau menghilangkan nyawa orang lain. Jika mereka tidak mampu mengendalikannya, maka merekalah yang akan dikendalikan oleh pedang tersebut.

Berbagai Pedang Terkutuk

Eiichiro Oda sendiri sudah memperkenalkan beberapa pedang kutukan di sepanjang ceritanya. Apa saja?

Kikoku

Ini merupakan pedang milik dari Trafalgar Law. Sayangnya, sampai sekarang kita masih belum mengetahui apa peringkat pedangnya. Secara penampilan, Kikoku merupakan versi yang lebih besar dari katana. Karena ukurannya yang besar, sering kali Law membawanya dan kemudian menyimpannya di bahu. Terkadang, dia juga meminta tolong krunya, seperti Bepo untuk membawanya.

Dalam salah satu kolom SBS, Oda Sensei mengonfirmasi bahwa Kikoku merupakan salah satu pedang Yoto atau pedang kutukan. Dan seperti halnya Enma sekarang, sepertinya Law sudah berhasil menaklukan Kikoku sehingga dia bisa mengendalikannya sesuka hati. Hal ini bisa kita lihat dalam berbagai pertarungan yang Law lakukan, seperti saat menghadapi Big Mom.

KE HALAMAN 2

1
2