Mana Buah Iblis Terkuat di One Piece?

Perlu Geeks catat bahwa pembahasan ini hanya berfokus pada kemampuan buah iblisnya saja. Secara garis besar dan di atas kertas, dari ketiga jenis buah iblis tersebut maka buah iblis berjenis Zoan mungkin yang paling kuat. Oda Sensei sendiri sudah mengonfirmasi mengenai hal ini, bahwa memang buah iblis jenis Zoan adalah yang paling kuat diantara Paramecia dan Logia.

Tetapi, yang menjadi catatan adalah Zoan memang bisa menjadi yang terkuat untuk jangka waktu singkat. Contohnya, seorang karakter biasa akan bisa langsung berubah menjadi sosok yang mengerikan setelah memakan buah iblis Mythical Zoan milik Marco, yaitu Tori Tori no Mi, Model: Phoenix. Artinya tidak perlu ada penyesuaian lagi dengan kekuatan tersebut.

Hal ini pun sama dengan pengguna buah iblis Logia. Mereka akan langsung mengalami peningkatan kekuatan dahsyat setelah mendapatkan buah iblis Logia, misalnya Pika Pika no Mi milik Kizaru. Orang biasa yang memakan buah iblis tersebut akan langsung bisa menjadi manusia tercepat di dunia. Namun, pengembangannya sendiri terbatas, artinya sudah ada semacam patokan kekuatan maksimal untuk Logia dan Zoan.

Bagaimana dengan pengguna Paramecia? Sejak awal seseorang mendapatkan kekuatan Paramecia, mereka tidak akan langsung mendapatkan kekuatan dahsyat. Biasanya, perlu pengalaman dan juga latihan selama bertahun-tahun untuk bisa meningkatkan kekuatan buah iblisnya. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Whitebeard, yang ketika masa mudanya jarang menggunakan kekuatan buah iblisnya.

Namun, ketika perang besar di Marineford, kita bisa menyaksikan bagaimana kedahsyatan buah iblisnya saat menciptakan tsunami besar yang hampir menenggelamkan seluruh markas angkatan laut. Contoh yang paling baru adalah kita melihat kekuatan dahsyat Jiki Jiki no Mi milik Kid dan juga Ope Ope no Mi milik Law, yang berhasil menaklukan kekuatan Big Mom dalam pertempuran Onigashima.

Kesimpulannya

Jadi, pada intinya, jenis buah iblis Paramecia bisa menjadi jenis buah iblis terkuat karena kemampuannya terus akan meningkat seiring berjalannya waktu. Sehingga, jika Zoan adalah buah iblis terkuat untuk jangka waktu pendek, maka Paramecia merupakan buah iblis terkuat untuk jangka waktu panjang. Dan yang paling utama juga adalah sejauh ini belum diketahui sampai mana batasan maksimal dari kekuatan buah iblis Paramecia.

Meskipun mungkin ada batasannya, namun batasan ini diyakini jauh lebih dahsyat dan mengerikan dari kekuatan buah iblis Zoan dan Logia, yang mana inilah alasannya Paramecia lebih unggul dari dua jenis buah iblis lainnya di One Piece. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan spekulasi ini?

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.