Buah iblis adalah salah satu bentuk kekuatan yang sangat luar biasa yang ada di dunia One Piece. Buah ini memberikan kekuatan dahsyat dan unik kepada penggunanya. Namun, ada efek samping ketika menggunakan buah iblis, di mana penggunanya akan kehilangan kemampuan berenang. Buah iblis sendiri secara umum terbagi menjadi tiga jenis yaitu Paramecia, Zoan, dan yang paling langka, adalah Logia.

Dari ketiga jenis buah iblis tersebut, Paramecia mungkin adalah jenis buah iblis yang paling sering kita lihat dalam ceritanya. Baru setelah itu jenis buah iblis Zoan, dan kemudian Logia. Buah iblis memang sudah menjadi elemen penting di sepanjang serinya, selain kemampuan dahsyat lainnya yaitu Haki. Namun, dari ketiga jenis buah iblis ini manakah yang lebih unggul di One Piece?

Buah Iblis Zoan

Jenis buah iblis ini mampu memberikan kekuatan makhluk hidup (umumnya binatang) kepada mereka yang memakannya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung. Selain mendapatkan kemampuan dahsyat, mereka juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal masa penyembuhan di mana waktu penyembuhan mereka menjadi lebih singkat.

Pengguna buah iblis berjenis Zoan akan memiliki tiga bentuk utama yaitu bentuk manusia, bentuk hewannya, dan bentuk hybrid alias gabungan manusia dan binatangnya. Banyak yang percaya bahwa mode hybrid adalah mode yang terbaik ketika sedang bertarung dan pengguna Zoan memang sangat berguna ketika dalam pertarungan jarak dekat. Belum lagi kemampuan fisik yang luar biasa.

Buah Iblis Logia

Jenis kedua adalah Logia. Pengguna buah iblis Logia adalah sosok yang spesial karena buah iblis jenis ini adalah yang paling langka daripada dua jenis lain. Buah iblis jenis ini biasanya memberikan kemampuan kepada mereka yang memakannya untuk menjadi sebuah elemen atau kekuatan alam, dengan juga kekuatan untuk memanipulasi elemen tersebut. Contoh nyatanya adalah Mera Mera no Mi.

Buah iblis tersebut membuat Ace dan Sabo mampu mengendalikan, memanipulasi, bahkan berubah menjadi api itu sendiri. Para pengguna Logia biasanya dianggap sebagai sosok yang terkuat, karena tidak semua orang mampu melukai mereka. Hanya mereka yang memiliki kemampuan Haki yang mampu mengalahkan atau mampu menahan serangan Logia. Dan ini juga yang menjadi keunikan dan kelebihan dari jenis Logia.

Buah Iblis Paramecia

Jenis terakhir adalah Paramecia. Buah iblis berjenis Paramecia menawarkan beragam kekuatan, dan kebanyakan dari buah iblis ini, membuat penggunanya bisa menghasilkan zat/bahan tertentu dari tubuhnya atau memanipulasi benda-benda yang ada di sekitar mereka. Ada juga beberapa buah iblis Paramecia yang membuat penggunanya menjadi zat/bahan tersebut.

Contoh nyata dari hal ini adalah Gura Gura no Mi milik Whitebeard. Atau mungkin buah iblis milik Donquixote Doflamingo yaitu Ito Ito no Mi, di mana teknik Birdcage miliknya membuat seluruh Dressrosa terkurung. Yang menarik adalah Paramecia adalah buah iblis yang banyak dimiliki para karakter di serinya. Selain itu, Paramecia juga memiliki sub-jenis yang khusus yaitu Paramecia Special. Contohnya adalah Mochi Mochi no Mi milik Katakuri.

KE HALAMAN 2

1
2