Dunia One Piece mungkin berfokus pada pertarungan epik antara para bajak laut dan juga pihak angkatan laut. Kita juga melihat bagaimana tema tentang pewarisan tekad dan mimpi menjadi hal lainnya yang Oda suguhkan kepada para fans. Meskipun begitu, tidak selamanya cerita One Piece berisi pertempuran, kekerasan, dan hal mengerikan lainnya. Kita pun sering kali melihat “sisi lain” dari dunia tersebut.

Misalnya, kita melihat ada berbagai karakter cerdas dan ahli dalam bidang-bidang tertentu yang memberikan kontribusi besar terhadap dunia di One Piece. Contoh nyata dari hal ini adalah para peneliti di Ohara atau para ahli cuaca di Weatheria. Namun, selain mereka, kita juga tentu mengetahui para dokter yang bertugas menyelamatkan nyawa orang-orang. Dengan cerita yang menarik dan unik, para dokter di seri ini pun memiliki keunikan sendiri. Berikut adalah para dokter terkuat di franchise One Piece.

Hiluluk

Hiluluk merupakan sosok dokter yang berjasa besar bagi Chopper. Dia merupakan mentor sekaligus “ayah” bagi Chopper. Mereka memiliki ikatan yang sangat dekat satu sama lain. Meskipun tidak jarang mereka juga saling adu argumen, mereka berdua tetap saling peduli satu sama lain. Contohnya adalah ketika Chopper mengetahui penyakit yang menggerogoti tubuh dari Hiluluk.

Chopper pun berusaha untuk mencari obat yang bisa menyembuhkan penyakit mengerikan tersebut. Hiluluk merupakan orang yang mendukung Chopper untuk menjadi dokter, dan dia juga yang kemudian mengajarkan banyak hal kepada Chopper tentang medis dan kesehatan. Meskipun Chopper juga lebih sering menghabiskan waktunya bersama Kureha, tapi Chopper mengakui Hiluluk sebagai “dokter paling hebat di seluruh dunia.” Dan penduduk di pulau Drum pun mengakui kehebatan Hiluluk.

Nightin

Dalam film One Piece: 3D2Y kita melihat bagaimana latihan keras dari Luffy dan kelompok Topi Jerami lainnya pada saat timeskip terjadi. Selain momen latihan keras yang meningkatkan kekuatan mereka, di film tersebut juga kita melihat bagaimana Luffy dan Boa Hancock bekerjasama untuk bertarung menghadapi kelompok bajak laut kuat yaitu World Pirates. Brynndi World adalah kapten dari kelompok bajak laut tersebut.

Salah satu kru bajak laut World yang mencoba mengalahkan Luffy adalah Night. Karakter Night mirip seperti Dr. Kureha, di mana usia sebenarnya dari dokter Night sudah sangat tua. Namun, karena obat dan ramuan yang dia minum, pada akhirnya membuat dia bisa kembali muda untuk sementara waktu. Selain dokter yang hebat, Nightin juga terbukti adalah petarung yang cukup kuat.

Doc Q

Doc Q merupakan salah satu anggota awal dari kelompok bajak laut Blackbeard, sekaligus juga menjadi sosok masih misterius sampai sejauh ini. Menurutnya, dia memiliki sebuah penyakit kronis yang membuat dia kehilangan sebagian besar energinya. Karena itulah dia tidak mampu untuk berjalan dengan jarak yang jauh, tanpa adanya bantuan. Inilah alasan mengapa Doc Q memiliki kuda yang selalu dia andalkan, Stronger.

Yang menarik adalah Doc Q merupakan sosok yang berbeda dari kebanyakan dokter, di mana dia justru memiliki niatan jahat. Dia selalu berusaha untuk menghabisi nyawa orang lain. Contoh nyatanya adalah bagaimana Doc Q memiliki sekeranjang apel, yang mana sebagian dari apel tersebut akan meledak ketika termakan. Sayangnya, kita masih belum tahu seberapa besar kekuatan dan juga kemampuan medis Doc Q.

The 100 MDs

The 100 MDs bukanlah satu orang dokter saja, melainkan sekelompok dokter dan tenaga medis lainnya. Mereka memiliki satu misi utama yaitu membuat Wapol tetap hidup alias menjaga kesehatan Wapol. Dengan begitu, dia akan tetap bisa memakan apa pun yang dia inginkan. Kerajaan Sakura merupakan surga bagi para dokter atau berbagai tenaga medis yang ada di dunia One Piece.

Ketika Wapol menjadi takut atau paranoid tentang kesehatannya sendiri, dia pun mulai mengumpulkan berbagai tenaga medis profesional dan berpengalaman. Wapol kemudian menamakan tim medis ini sebagai “The 100 MDs”. Berkat adanya tenaga medis ini, Wapol pun bisa terus bertarung melawan Luffy karena kemampuan menyembuhkan mereka yang sangat dahsyat.

Crocus

Tidak banyak memang informasi yang bisa kita ketahui tentang sosok Dr. Crocus selain informasi dulu dia adalah dokter di kapal Oro Jackson, kapal milik Gol D. Roger. Kita juga tidak tahu apa saja kekuatan atau kemampuan Crocus, selain memiliki kecerdasan dalam hal medis. Salah satu bukti nyata dari kehebatannya sebagai dokter adalah Roger sampai rela menghabiskan waktunya untuk menemukan Crocus.

Berkat bantuan dan kemampuan dari Crocus, Roger akhirnya bisa sedikit menahan lebih lama penyakit yang menyerang tubuhnya. Dan dengan Roger yang berhasil menahan rasa sakit tersebut, dia pun akhirnya berhasil pergi menuju Laugh Tale. Bagaimana Crocus mampu memperpanjang usia Roger untuk sementara memberikan gambaran kejeniusannya sebagai dokter. Yang menarik, saat ini Crocus menjadi sosok yang menjaga dan merawat paus hitam raksasa, Laboon.

KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.