Marco The Phoenix

Marco memiliki beberapa peran penting selama dia bergabung di kelompok bajak laut Whitebeard. Di awal-awal bergabungnya Marco dengan Whitebeard, dia hanyalah kru biasa. Namun, seiring berjalannya waktu, dia pun kemudian naik pangkat menjadi wakil kapten. Baru di arc Wano kita kemudian mengetahui fakta lain tentang Marco, bahwa sebenarnya dia juga merupakan dokter di kapal tersebut.

Marco merupakan dokter di kapal Whitebeard memang masuk akal. Hal ini karena kemampuan buah iblis miliknya. Selain karena kemampuan medisnya, berkat buah iblis miliknya dia mampu menyembuhkan berbagai penyakit ataupun luka. Hal ini bisa kita lihat ketika dia berusaha menyembuhkan luka Nekomamushi, atau ketika memperlambat efek racun Ice Demon milik Queen.

Trafalgar D. Water Law

Tidak perlu kita ragukan lagi bahwa Law merupakan dokter bedah paling ahli dan paling jenius dalam cerita One Piece. Semua kemampuan tersebut berkat buah iblis Ope Ope no Mi yang dia konsumsi. Tidak ada satu pun operasi yang tidak bisa dia lakukan. Bahkan, yang paling “gila” adalah kemungkinan dia sendiri kini menjadi sosok yang kekal berkat buah iblis tersebut.

Berkat kemampuan medisnya, dia berhasil menyelamatkan nyawa Luffy setelah perang di Marineford selesai. Selain dari segi medis, Law juga memiliki kecerdasan dari sisi lainnya yaitu dalam hal menyusun strategi. Bukti nyata dari hal ini adalah bagaimana strategi penyerangan ke Onigashima sendiri sebenarnya disusun dengan baik oleh Law, selain oleh Kinemon. Intinya, selain menjadi sosok dokter yang dahsyat dia juga adalah sosok yang luar biasa cerdas.

Dr. Hogback

Dr. Hogback juga merupakan salah satu dokter jenius dalam cerita One Piece. Bagaimana tidak, dia merupakan sosok dokter yang ahli dalam membangkitkan kembali mereka yang sudah mati. Hogback dahulunya bekerja sebagai bawahan dari Gecko Moria, mantan salah satu dari tujuh penguasa lautan alias Shichibukai. Dialah yang membangun ribuan pasukan zombie Moria, serta sosok yang membangkitkan kembali Oars.

Dari segi kekuatan fisik, sosok Hogback memang tidak terlalu kuat. Bahkan, dia juga tidak memiliki kemampuan bertarung. Meskipun begitu, dia memiliki kecerdasan di mana Hogback akan memanfaatkan pasukan zombienya untuk menjadi pasukannya menghadapi musuh. Yang menarik adalah nama Hogback sebenarnya cukup populer di dunia One Piece, terbukti Chopper merupakan salah satu penggemar dari sang dokter.

Tony Tony Chopper

Chopper adalah seorang dokter yang handal dan telah berkali-kali menyelamatkan anggota Topi Jerami saat mereka mengalami luka atau sakit parah. Hal ini terbukti saat dia berhasil menyelamatkan Luffy dari racun mengerikan di penjara Udon. Sebelumnya, dia juga sudah sangat sering menyelamatkan nyawa Sanji yang kehilangan banyak darah akibat mimisan. Meskipun pengetahuan medis Chopper awalnya tidak terlalu luas, namun pasca timeskip dia sudah berubah menjadi sosok yang jenius.

Dalam pertempuran di Onigashima sendiri Queen bahkan terheran-heran dengan Chopper, yang mampu memahami dan mengetahui berbagai hal medis yang rumit. Chopper bisa berubah wujud menjadi monster rusa dengan menggunakan bantuan pil buatannya sendiri. Kecerdasan Chopper sebagai dokter pasca timeskip benar-benar berkembang pesat. Misalnya, bagaimana efek dari pil monsternya bisa menjadi jauh lebih lama.

Dr. Kureha

Dr. Kureha adalah salah satu orang yang memiliki usia panjang di wilayah pulau Drum atau pulau Sakura. Dia adalah dokter yang selalu menjadi andalan di pulau bersalju itu. Dr. Kureha merupakan salah satu orang yang mendukung Chopper untuk menjadi dokter dan dia juga merupakan orang yang membujuk Chopper untuk bergabung bersama Luffy.

Karena penampilan dan usianya yang panjang, penduduk di pulau tersebut sering kali menganggap Kureha adalah penyihir. Usia Dr. Kureha sendiri diperkirakan adalah 141 tahun. Sebenarnya, kita masih belum tahu seberapa dahsyat kemampuan medis Kureha. Namun, bagaimana penduduk di pulau Sakura begitu menyanjung sosok Kureha, dan dia memiliki rahasia awet muda, menunjukan bahwa kemampuan medisnya memang tidak bisa kita remehkan.

Para dokter di seri One Piece mungkin adalah salah satu karakter yang underrated atau kurang begitu terapresiasi. Padahal, peran mereka juga tidak kalah penting bila membandingkannya dengan para bajak laut atau angkatan laut. Tanpa kehadiran mereka, mungkin karakter yang terluka – seperti Luffy – tidak akan selamat. Mudah-mudahan saja Oda lebih banyak lagi menghadirkan para dokter di Saga terakhir ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.