Obi-Wan Kenobi adalah serial terbaru Star Wars yang baru saja menyelesaikan penayangan episode terakhirnya pada tanggal 22 Juni kemarin. Serial garapan Deborah Chow ini bercerita tentang petualangan Obi-Wan setelah sepuluh tahun berlalu dari peristiwa Revenge of the Sith (2005). Kali ini dia telah menjadi buruan dari Galactic Empire, khususnya Darth Vader yang mempunyai dendam kesumat kepadanya. Dan dalam prosesnya, Vader sendiri sampai menurunkan para Inquisitor untuk memburu Obi-Wan.

Para Inquisitor sendiri telah menjadi elemen yang sangat menarik di serial Obi-Wan Kenobi. Apalagi dengan kemunculan sosok Reva alias Third Sister (Moses Ingram), yang ternyata memburu Obi-Wan agar bisa mendekati Vader. Sebagai mantan youngling yang menaruh dendam kepada Vader, Reva sendiri akhirnya bisa bertarung langsung dengan Vader di Jabiim, sebelum akhirnya dia kalah secara mengenaskan. Di Obi-Wan episode 6, Reva kemudian memutuskan untuk mengincar anak Vader, yaitu Luke Skywalker. Namun, di ending dia justru malah menyelamatkannya dan tidak jadi membunuh Luke.

BACA JUGA: Selain Kryptonite, Ini 5 Kelemahan Superman!

Nasib Awal Reva di Series Obi-Wan Kenobi

Pada adegan terakhirnya di episode 6 kita bisa melihat bagaimana Reva mengungkapkan semua perasaannya kepada Obi-Wan. Dan sang Jedi Knight tersebut menyarankan agar Reva bertobat dan membuka lembaran baru. Setelah itu, dia tidak pernah terlihat lagi sampai serial Obi-Wan Kenobi selesai. Dan sekarang, penulis Stuart Beattie baru saja berbicara kepada The Direct bahwa sebenarnya Reva mati di akhir naskah asli Obi-Wan Kenobi. Hal ini merujuk pada naskah awal yang tadinya dimaksudkan untuk menjadi sebuah film trilogi Star Wars.

“Pada akhirnya dia (Reva) mati di tangan Vader. Saya sangat menginginkan kisah ini [untuk terwujud], saya ingin kisahnya berakhir,” ungkap Beattie. “Pada akhirnya dia adalah sosok yang membuat Vader berhenti memburu Kenobi. Dia mengakhiri obsesi Vader terhadap Kenobi. Dia mengkalim bahwa semuanya telah berakhir. Itulah peran [Reva] yang sebenarnya. Dan dia telah melakukan banyak hal buruk, menurut saya dia harus mati.”

BACA JUGA: 10 Kematian Thor Paling Tragis!

Meskipun serial Obi-Wan Kenobi tidak memperlihatkan nasib akhir Reva, tetapi kita juga tidak bisa memastikan apakah dia akhirnya mati karena lukanya atau tidak. Serialnya seakan-akan ingin memberi kesempatan kepada penggemar untuk menginterpretasikan sendiri nasib akhir Reva. Bagaimana menurut kalian, apakah Reva mati seperti di naskah asli Obi-Wan Kenobi, atau justru malah hidup sebagai sosok baru di semesta Star Wars?