Superman adalah superhero DC yang mempunyai banyak julukan, seperti Man of Steel, Man of Tomorrow, dan God of Strength. Dari berbagai julukannya tersebut kita bisa mengetahui bahwa Superman adalah salah satu karakter paling kuat di DC Universe. Walaupun begitu, ternyata DC sendiri telah menyematkan kelemahan kepada Superman, yaitu batu kryptonite. Di mana batu asal Krypton ini dapat langsung membuat Superman melemah bahkan sampai membunuhnya. Dan yang tidak kalah menariknya lagi, ternyata selain kryptonite Superman juga mempunyai kelemahan lain yang cukup fatal. Berikut lima faktor yang dapat melemahkan sang Man of Steel selain kryptonite.

BACA JUGA: 5 Kejahatan yang Dilakukan Superman!

Baja

Superman memang terbukti mampu melipat atau menggulung lapisan baja dengan mudah, tetapi dalam beberapa kesempatan justru baja menjadi salah satu kelemahannya. Hal tersebut disebabkan karena kemampuan x-ray miliknya yang tidak bisa menembus lapisan baja. Baja sendiri memang terbukti bisa melindungi Superman dari radiasi kryptonite, tetapi di sisi lain, baja juga bisa menghalangi pandangannya. Bisa kita bayangkan apa yang terjadi jika seorang villain dapat mengekploitasi kelemahannya yang satu ini, villain tersebut mungkin akan bisa mengalahkan Superman hanya dengan bersembunyi di balik baja, sampai menemukan waktu yang tepat untuk menyerangnya.

Kekuatan Psionik

Di balik kekuatan fisiknya yang tidak perlu kita ragukan lagi, Superman sebenarnya mempunyai pikiran yang cukup lemah jika kita bandingkan dengan superhero lain. Karena kelemahan inilah musuh dengan kekuatan psionik dapat mengendalikan pikiran Superman. Seperti yang pernah dilakukan oleh Maxwell Lord, saat dia menggunakan kekuatan psioniknya untuk membuat Superman menyerang anggota Justice League lain. Meskipun Superman telah belajar untuk melindungi psikisnya, tetapi dia juga tetap tidak tahan terhadap kekuatan telepati yang dapat dengan mudah melukai pikirannya.

BACA JUGA: Villain Batman, Two-Face, Dapatkan Desain Baru!

Kekurangan Sinar Matahari

Seperti yang kita tahu, Superman adalah seorang Kryptonian yang akhirnya menjadi manusia super di Bumi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa hal itu bisa terjadi karena Matahari kuning di galaksi Bima Sakti telah memungkinkan dia untuk memiliki berbagai kekuatan super. Dan ketika Superman membutuhkan lebih banyak energi, dia selalu terbang mendekat ke Matahari agar menjadi lebih kuat. Sebaliknya, ketika dia tidak terkena sinar Matahari yang cukup, maka Superman akan melemah. Seperti di salah satu kisahnya, di mana Superman berangsur-angsur melemah saat Bumi kembali mengalami zaman es dan cahaya tidak bisa yang masuk ke permukaan Bumi.

Matahari Merah

Meskipun Superman akan menjadi makin kuat setelah terkena sinar Matahari kuning, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk Matahari Merah di sistem tata surya planet aslinya. Matahari Merah Krypton mempunyai efek yang sebaliknya dari Matahari Kuning Bumi. Jika terkena sinar Matahari Merah, Superman cenderung menjadi seperti manusia biasa, yang tidak bisa terbang dan juga memiliki kekuatan super. Di komik DC Comics Presents #51, bahkan ras alien Orgon pernah terbukti berhasil membunuh Superman dengan radiasi sinar Matahari merah. Untungnya Atom melakukan perjalanan waktu untuk mengubah takdir Superman yang cukup mengenaskan tersebut.

BACA JUGA: DC Resmi Bunuh Karakter Harley Quinn!

Sihir

Terakhir, selain lemah terhadap radiasai kryptonite, tidak bisa kita mungkiri bahwa ternyata Superman juga sangat rentan terhadap kekuatan sihir. Meskipun secara kekuatan fisik dia kebal terhadap berbagai serangan, tetapi mirisnya Superman tidak mempunyai pertahanan terhadap sihir. Sehingga tidak jarang ketika dia berhadapan dengan penyihir, Superman selalu berakhir kalah. Karena hal ini juga, tidak sedikit penggemar yang merasa bahwa supervillain Black Adam dapat mengalahkan sang God of Strength dengan kesaktian sihir petirnya. Bagaimana menurut kalian?

Jika kryptonite saja sudah cukup untuk melemahkan Superman, sepertinya akan sangat berbahaya jika seseorang mengetahui kelemahan lainnya ini. Apalagi jika villain tersebut dapat mengeksploitasi semua kelemahannya secara bersamaan. Misalnya dengan mengurung Superman di kurungan baja yang kedap sinar Matahari. Atau dengan mengendalikan pikiran Superman agar dia terbang menuju ke Matahari merah. Itulah lima kelemahan fatal Superman selain kryptonite.