Dalam cerita One Piece, admiral merupakan jabatan tertinggi di angkatan laut, di mana mereka berada di bawah Fleet Admiral. Para admiral tersebut adalah orang-orang yang sudah berpengalaman di angkatan laut, dan juga memiliki kekuatan yang dahsyat. Hanya orang-orang kuat di angkatan laut yang bisa mengisi posisi Admiral.

Bahkan, para Gorosei sendiri yang menunjuk langsung siapa orang atau kandidat para admiral tersebut. Dengan semua kelebihan dan kedahsyatan kekuatan mereka, wajar jika kemudian para admiral menjadi sosok yang mengerikan. Apalagi, mereka memiliki kekuatan buah iblis yang juga sangat luar biasa. Tetapi, apakah mereka lebih kuat dari para Yonko?

BACA JUGA: One Piece: 16 Komandan Yonko Terkuat!

Kekuatan Tiga Admiral

Ketiga admiral merupakan senjata terkuat yang Pemerintah Dunia miliki. Dalam berbagai kesempatan, kita sudah sering melihat seberapa dahsyat dan kuat mereka. Dalam perang puncak di Marineford, para Admiral memperlihatkan kekuatan mereka dengan berhasil mengalahkan kelompok bajak laut Whitebeard. Aokiji nampak bertarung melawan Jozu, Kizaru bertarung melawan Marco, dan Akainu bertarung melawan Whitebeard.

Ketiga Admiral tersebut memiliki buah iblis yang sangat mengerikan yang membuat mereka menjadi sosok kuat, baik sebelum time-skip atau pun sesudahnya. Bukti kedahsyatan para admiral sebelum time-skip bisa kita lihat di mana Kizaru berhasil menghabisi semua Worst Generation di Sabaody. Atau Aokiji yang menghancurkan kelompok bajak laut Topi Jerami dengan mudah.

Pasca time-skip ada perubahan di mana Aokiji dan Akainu tidak lagi menjadi admiral. Posisinya kemudian digantikan oleh Fujitora dan juga Green Bull. Fujitora memiliki kekuatan dahsyat dari Zushi Zushi no Mi yang mampu mengendalikan gravitasi. Sedangkan Green Bull, berdasarkan chapter terbarunya, memiliki kekuatan buah iblis yang mampu mengendalikan tanaman serta mampu mencuri cairan atau nutrisi orang lain.

Selain kekuatan buah iblis, para admiral ini juga tentunya memiliki kedahsyatan lainnya terutama dalam hal kekuatan Haki. Di Marineford, kita melihat ketiga admiral mampu menahan efek yang muncul dari serangan dahsyat Gura Gura no Mi milik Whitebeard. Berdasarkan hal di atas, rasanya wajar jika hanya yang terkuat yang bisa menjadi admiral dan merekalah senjata terkuat Pemerintah Dunia.

BACA JUGA: One Piece: Terungkap, Lokasi Road Poneglyph Terakhir!

Admiral Vs Yonko

Harus kita akui bahwa para admiral memang memiliki kedahsyatan yang sangat luar biasa dalam hal kekuatan. Namun, jika membandingkan kekuatan Admiral dengan Yonko tentunya akan ada perbedaan yang cukup terlihat. Kekuatan dan kemampuan Yonko berada di atas rata-rata para bajak laut lainnya, karena mereka adalah sosok yang terkuat. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa Yonko disebut sebagai penguasa samudra.

Ada beberapa bukti bagaimana Yonko jauh lebih kuat dibandingkan para admiral. Pertama, ucapan dari Garp saat mereka hendak menangkap Rayleigh. Saat itu, pihak angkatan laut mendapatkan panggilan darurat setelah Luffy menghajar salah satu kaum naga langit. Akibatnya, pihak angkatan laut mengirimkan pasukan mereka. Namun, disaat yang sama, mereka mengetahui bahwa ada buronan besar di Sabaody, yaitu Silvers Rayleigh.

Saat angkatan laut mencoba menangkap Rayleigh, Garp pun memberikan sebuah peringatan. Menurut Garp, pihak pemerintah tidak akan mau menghadapi dua legenda sekaligus di waktu yang bersamaan, karena resiko kekalahan dan kehilangan mereka bisa sangat besar. Rayleigh bukanlah bagian dari Yonko, namun banyak yang beranggapan bahwa kekuatannya setara atau hampir setara dengan Yonko.

Kedua, Sengoku pernah mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah bisa mengalahkan Whitebeard dan pasukannya dengan kekuatan militer. Pihak angkatan laut mengakui bahwa mereka butuh taktik yang lebih baik dan juga serangan dadakan untuk bisa mengalahkan Whitebeard. Ketiga, Oda Sensei sejauh ini hanya memperlihatkan bahwa para admiral tersebut memiliki kedahsyatan kekuatan yang setara atau sedikit di atas para komandan Yonko.

Contohnya, saat Marco menghadapi Kizaru pertarungan mereka bisa kita anggap seimbang. Keempat, saat perang di Marineford, Whitebeard sempat melancarkan sebuah serangan dahsyat. Beruntung, serangan tersebut berhasil tertahan oleh Haki dari para admiral.

BACA JUGA: One Piece: Marco Tidak Dapat Dikalahkan?

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa para admiral memang adalah sosok yang paling kuat dan hebat dari angkatan laut. Mereka adalah ujung tombak dari organisasi pembasmi bajak laut tersebut. Mereka bukanlah sosok yang lemah, karena faktanya mereka merupakan senjata terkuat yang angkatan laut dan Pemerintah Dunia miliki.

Tetapi, meskipun kekuatan mereka dahsyat, tetap saja masih ada para Yonko yang jauh lebih superior dibandingkan ketiga admiral. Sebagai penguasa samudra, para Yonko merupakan mimpi buruk bagi angkatan laut. Jika pihak Pemerintah Dunia sendiri tidak mau berurusan dengan mereka, bahkan sampai mereka khawatir dengan kekuatan Yonko, artinya kecil peluang angkatan laut untuk bisa menang menghadapi mereka.

Sejauh ini, bahkan mereka tidak sanggup untuk mengalahkan Big Mom, Kaido, Shanks, atau bahkan Blackbeard. Angkatan laut bisa menang menghadapi Whitebeard karena mereka menggunakan beberapa taktik, seperti memanfaatkan Ace untuk menarik mereka keluar. Yonko sendiri sekarang mengalami perubahan atau pergeseran, di mana Luffy dan Buggy menjadi sosok yang baru. Apakah para admiral akan sanggup menghadapi mereka?