Power Rangers adalah waralaba superhero live action Amerika yang mengadaptasi tokusatsu Jepang, Super Sentai. Tayang perdana pada awal tahun 90-an, sampai sekarang sudah ada banyak sekali tim Power Rangers yang bermunculan. Mulai dari Mighty Morphin sampai yang terbaru Dino Fury, semuanya telah menghadapi banyak monster yang mengerikan. Untungnya, mereka mempunyai pedoman dan juga sekutu dari generasi Power Rangers sebelumnya yang tidak jarang membantu mereka.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi tim Power Rangers pertama, Morphin Masters. Karena bagi Power Rangers kuno ini tidak ada satu pun yang bisa mereka andalkan, selain anggota di tim mereka sendiri. Mirisnya, bahkan ketika mereka berada pada titik terendah, salah satu anggota Morphin Masters, yaitu Morphinaut, malah menjadi musuh terberat bagi mereka. Dengan berbagai masalah besar tersebut, pada akhirnya Master Morphin sendiri berhasil mencapai tingkat tertinggi dengan menjadi para Dewa Morphin. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

BACA JUGA: Mengenal Kekasih Baru Iron Man di Marvel!

Melakukan Pengorbanan Heroik

Baik di komik maupun di tayangan live action Power Ranger, cukup jelas bahwa Morphin Master adalah Power Ranger pertama yang sudah ada sejak alam semesta tercipta. Sejak saat itu juga mereka telah bertempur melawan kekuatan Dark Specter. Tujuan mereka hanya satu, yaitu memastikan dunia bisa selamat atau setidaknya bisa kabur dari segala jenis ancamannya. Sayangnya, pengaruh dari Dark Specter sendiri justru malah merasuki salah satu anggota mereka, yaitu Morphinaut. Pada titik inilah para Morphin Master hampir kehilangan harapan dan membiarkan Dark Specter menguasai dunia.

Power Rangers ini Jadi Dewa Morphin Pertama!, Greenscene

Syukurnya, para Morphin Master ini bisa kembali bersatu lagi dan membalikan keadaan, seperti yang baru-baru ini terjadi di komik Power Rangers Universe #6 (2022). Di komik ciptaan Nicole Andelfinger ini, Morphin Master mau tidak mau harus melakukan pengorbanan untuk sesuatu yang lebih besar. Mereka menghancurkan alat perubahan mereka, yaitu Morpher, dan menjadi satu dengan Morphin Grid sendiri. Sejak saat itulah Power Ranger pertama ini menyerahkan seluruh hidupnya dan terlahir kembali sebagai para Dewa Morphin.

BACA JUGA: DC: Mengenal Para Anggota Justice Society of America!

Menciptakan Banyak Power Ranger

Setelah menjadi para Dewa Morphin, mereka kemudian membimbing sekaligus menciptakan Power Ranger generasi berikutnya untuk melindungi dunia dari Dark Spectre. Salah satu upayanya adalah dengan muncul sebagai Emissaries Three alias tiga entitas Ranger yang mewakili warna merah, kuning, dan biru. Keberadaan Morphin Master di Morphin Grid sendiri secara tidak langsung telah menjelaskan mengapa Emissaries sering muncul dengan wujud Power Ranger yang berganti-ganti. Karena mungkin mereka mempunyai sekaligus mengetahui semua kekuatan Power Rangers dari semua generasi.

Power Rangers ini Jadi Dewa Morphin Pertama!, Greenscene

Sepanjang sejarahnya di waralaba Power Ranger, Morphin Master yang telah menjadi Dewa Morphin ini tercatat telah menciptakan banyak sekali alat Morpher. Termasuk Ninja Nexus Prism yang memberi kekuatan kepada Ninja Steel Rangers, sampai Dino Gems yang membuat seseorang bisa berubah menjadi Dino Rangers. Karena keberadaan mereka jugalah mengapa Power Ranger selalu mempunyai Ranger merah, biru, dan kuning. Sedangkan warna lainnya berasal dari Morphin Master yang sebelumnya memegang identitas sebagai Ranger hijau, hitam, dan merah muda.

Mengetahui bahwa Dark Spectre tidak bisa lagi menyentuh para Morphin Master, akhirnya mereka juga menciptakan Empyreals untuk menyaingi Emissaries. Di komiknya, para Empyreals ini juga memungkinan sosok lain untuk berubah menjadi monster seperti Power Ranger yang mengabdikan dirinya kepada Dark Spectre. Kehadiran Emissaries dan Empyreals inilah yang pada akhirnya mengakibatkan banyak kelahiran sekaligus kematian dari Power Ranger dan monster sampai sekarang. Sekaligus menjaga keseimbangan dan juga harmoni dunia selama ribuan tahun lamanya.

BACA JUGA: Marvel: 7 Armor Terlemah Sepanjang Masa!

Itulah pembahasan mengenai Power Ranger Mophin Master yang menjadi Dewa Morphin pertama. Selama Dark Specter masih melanglang buana di alam semesta, para Dewa Morphin melalui Emissaries-nya ini akan terus menciptakan berbagai Morpher untuk Power Ranger generasi baru. Karena jika mereka berhenti untuk sesaat saja, artinya pengorbanan awal mereka untuk menyatu dengan Morphin Grid akan menjadi sia-sia.