Jauh sebelum kelompok pahlawan Justice League terbentuk, dunia mendapatkan perlindungan dari kelompok pahlawan lainnya yaitu Justice Society of America. Mereka adalah kelompok pahlawan pertama di dunia. Kelompok yang berisi para pahlawan epik ini terbentuk pada tahun 1940an, yang mana warisan dari kelompok tersebut masih bertahan sampai sekarang.

JSA sendiri untuk pertama kalinya akan muncul di film layar lebar, tepatnya  di film Black Adam. Sampai sejauh ini, sudah ada beberapa anggota dari JSA ayang terkonfirmasi akan muncul di filmnya nanti. Lantas, siapa saja anggota tim pahlawan pertama di dunia ini?

The Flash/Jay Garrick

Jauh sebelum Barry Allen atau pun Wally West menyandang gelar Scarlet Speedster ini, ada sosok Jay Garrick yang menyandang gelar tersebut. Dalam cerita di DC Comics, Jay Garrick adalah sosok pertama yang menyandang titel The Flash pada era 1940an. Dan Jay Garrick pun menjadi salah satu anggota inti dan pendiri dari JSA.

Selain itu, Jay Garrick merupakan pemimpin pertama dari Justice Society of America. Di sepanjang karirnya menjadi anggota JSA, dia sempat keluar dari organisasi tersebut sebelum kemudian kembali bergabung. Pertemuan antara Jay Garrick dan Barry Allen menjadi momen pertama bagi DC Comics untuk kemudian memperkenalkan multiverse DC pada era 1950an.

The Atom

Sebelum ada sosok Atom Smasher, pahlawan yang menggunakan nama “atom” adalah The Atom. Memiliki nama asli Al Pratt, The Atom merupakan sosok anak muda yang melatih dirinya sendiri untuk bisa berkompromi dengan tubuhnya yang tidak terlalu besar. Setelah latihan dan kerja keras yang dia alami, Al Pratt pun akhirnya berhasil mengembangkan berbagai kekuatan dahsyat.

Mulai dari kelincahan, tenaga yang epik, bahkan pukulan radioaktif. Dalam cerita komiknya, Pratt merupakan ayah baptis dari Albert Rothstein alias Atom Smasher, yang sudah terkonfirmasi akan muncul di film Black Adam. Karena warisan dan hubungan antar generasi menjadi tema utama dari JSA, tentunya menarik untuk melihat Al Pratt dan Albert Rothstein bertemu dalam satu frame.

The Spectre

The Spectre merupakan salah satu karakter terkuat yang memiliki kekuatan epik di universe DC. Dia sering dideskripsikan sebagai sosok arwah balas dendam (spirit of vengeance) dan juga perwujudan dari amarah tuhan. Meskipun ada beberapa versi dari The Spectre, yang paling populer adalah sosok Jim Corrigan, yang merupakan seorang polisi di kota Gotham. Dia tewas setelah dibunuh oleh seorang kriminal.

Namun, jiwanya kemudian kembali ke bumi untuk menjadi perwakilan tuhan dalam membalas jiwa-jiwa yang jahat. The Spectre sendiri merupakan salah satu anggota pendiri dari JSA dan sempat terlibat dalam banyak peristiwa epik. Salah satunya adalah Crisis on Infinite Earths. Dengan kemunculan Dr. Fate yang memiliki kekuatan sihir, tentunya film Black Adam bisa menjadi jalan untuk memperkenalkan sosok The Spectre.

Green Lantern/Alan Scott

Buat Geeks yang pernah menonton film Green Lantern yang Ryan Reynolds pernah perankan pada 2011, mungkin akan terkejut mengetahui penampilan sosok Green Lantern pertama. Sosok Green Lantern pertama tersebut adalah Alan Scott. Dia bukanlah seorang pilot seperti halnya Hal Jordan atau para anggota Green Lantern Corps lainnya. Selain itu, cincinnya pun bukan berasal dari luar angkasa.

Alan Scott mendapatkan kekuatan super dari cincinnya yang berasal dari sebuah kekuatan sihir, bernama Starheart. Alan juga tidak mengenakan kostum Green Lantern seperti yang kita kenal sekarang, melainkan menggunakan jubah berwarna merah dan juga hijau. Aktor Jeremy Irvine sendiri kabarnya akan memerankan karakter Scott dalam seri Green Lantern di HBO Max, artinya ada kemungkinan bahwa sosok Alan Scott juga akan muncul di film Black Adam nanti.

BACA JUGA: Marvel: 5 Kekuatan Superhero ini Sangat Aneh!

Hourman

Rex Tyler adalah seorang pria yang memiliki kelebihan yaitu otaknya yang cerdas. Kecerdasan itulah yang kemudian membuat Rex menjadi ahli kimia, dan kemudian mengembangkan sebuah obat yang bernama Miraclo. Obat atau stimulus tersebut mampu memberikannya kekuatan super, seperti kecepatan dan juga stamina dan lainnya.

Meskipun begitu, efek dari Miraclo sendiri hanya bertahan selama satu jam saja. Hal ini bisa Rey lihat melalui jam pasir yang ada di kalungnya. Selama memiliki kekuatan super tersebut, Rex pun berubah menjadi sosok Hourman. Hourman mungkin masih asing di telingan banyak fans DCEU, namun dengan rumor bahwa DC Film akan membuat film solonya, maka Black Adam bisa menjadi jalan untuk memperkenalkan karakter ini.

The Sandman

The Sandman merupakan karakter yang diciptakan oleh Gardner Fox dan Bert Christman. Nama aslinya sendiri adalah Wesley Dodds, pewaris dari Dodds-Bessing Steel Corporation. Meskipun dia memiliki nama ‘Sandman’ namun, tidak ada satu pun kekuatan dari Dodds yang berkaitan dengan pasir. Dalam karirnya sebagai pahlawan, Dodds menggunakan kostum yang cukup mencolok.

Setelan mantel era 1940an, topeng gas dari era perang dunia I, senjata buatan sendiri yang mampu mengeluarkan berbagai jenis gas, serta serum mematikan selalu siap dalam arsenal Dodds. Pada momen perang dunia II, Sandman pun akhirnya menjadi bagian dari Justice Society of America. Dr. Fate sendiri yang merekrut Dodds sebagai bentuk rencana cadangan untuk melawan Nazi, dan membebaskan Presiden Roosevelt.

Hawkman

Sosok pahlawan yang memang ditakdirkan untuk bisa kembali terlahir lagi dan lagi. Hakwman sudah sangat sering memperlihatkan kemampuan epik yang dia miliki, yang mana level kekuatannya jauh melebihi manusia biasa. Hal tersebut bisa terwujud berkat penggunakan material Nth Metal. Carter Hall merupakan nama lain dari Hawkman, yang mana merupakan reinkarnasi dari sosok pangeran Mesir, Khufu.

Carter Hall sendiri merupakan seorang arkeolog yang sangat populer. Di Justice Society of America, Hawkman merupakan pemimpin dari kelompok itu setelah The Flash dan Green Lantern. Karir Hawkman sebagai anggota JSA sempat berhenti di era 1950an, sebelum kemudian mereka kembali berkumpul pada era 1960an. Dengan banyaknya cerita masa lalu dari Hawkman cukup membuat para fans kebingungan, apalagi DC pun sering kali melakukan retcon dengan ceritanya. Menarik tentunya melihat cerita masa lalu Carter di DCEU.

Dr. Fate

Salah satu karakter yang banyak para fans nantikan aksinya di film Black Adam nanti adalah Dr. Fate. Karakter yang Pierce Brosnan perankan ini merupakan salah satu karakter unik dan klasik dari DC Comics. Ada beberapa orang yang pernah menggunakan titel Dr. Fate, namun yang paling populer diantara para fans adalah Kent Nelson yang akan muncul di filmnya.

Dr. Fate sendiri mendapatkan kekuatan super yang dia miliki bukan berasal dari ilmu pengetahuan, melainkan dari kekuatan sihir. Dengan menggunakan helm yang memiliki daya magis tinggi, Helmet of Fate, serta jubah Cloak Destiny, siapa pun sosok yang menggunakan perpaduan tersebut akan memiliki kekuatan sihir yang luar biasa. Kemunculan Dr. Fate di film Black Adam ini akan menjadi pengenalan dunia sihir lainnya setelah Shazam.

Black Adam

Black Adam pernah bergabung dengan kelompok JSA dan menjadi bagian dari beberapa cerita epik yang melibatkan kelompok tersebut. Namun, kemudian Black Adam memutuskan untuk keluar dari JSA. Hal ini karena terkadang Black Adam memiliki pandangan yang berbeda dengan JSA.

Black Adam merupakan sosok antihero sekaligus juga pemimpin dari Khandaq, yang mana artinya dia hanya bergerak sesuai dengan apa yang dia yakini. Sama halnya seperti Shazam, Black Adam juga mampu untuk membagi kekuatannya kepada beberapa orang, karena kekuatannya berasal dari beberapa dewa Mesir. Namun, Black Adam sering kali memutuskan untuk membunuh orang-orang tersebut sehingga dia menyimpan kekuatannya sendiri.

Kemunculan Justice Sociecty of America di DCEU tentunya bisa menjadi ajang pengenalan kelompok pahlawan lainnya di jagat sinematik tersebut. Apalagi, kini nasib dari Justice League sendiri terkatung-katung dengan banyaknya kontroversi dan juga permasalahan lain yang berkaitan dengan para anggotanya. Kita nantikan saja ya Geeks penampilan apik dari kelompok superhero tertua ini.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/