Dari sekian banyak proyek MCU yang akan datang, salah satunya yang baru saja Marvel Studios umumkan adalah serial Wonder Man. Marvel sendiri telah menunjuk Destin Daniel Cretton (Shang-Chi) untuk menggarap serial yang kabarnya akan memulai produksinya pada tahun depan ini. Sesuai dengan judulnya, serial terbaru Marvel ini akan berfokus pada karakter Wonder Man yang sudah melanglang buana di Marvel Comics sejak tahun 60-an.

Pengumuman tentang serial solo dari salah satu karakter terkuat Marvel ini, telah mendapatkan cukup banyak respons positif dari para penggemar. Salah satu alasannya mungkin karena ia adalah karakter komik yang sama sekali belum Marvel pernah eksplorasi di MCU. Jadi masih ada banyak sekali kisahnya yang bisa mereka kembangkan sebagai sebuah tayangan serial yang sangat menjanjikan. Sebelum melihat serialnya nanti, alangkah baiknya kita kenali dahulu siapa dan sekuat apa sebenarnya Wonder Man ini.

BACA JUGA: Obi-Wan Kenobi: Bagaimana Grand Inquisitor Kembali?

Dari Lawan Menjadi Kawan Avenger

Di Marvel Comics, karakter yang mempunyai nama asli Simon Williams ini muncul pertama kali di komik Avengers #9 (1964) karya Stan Lee dan Jack Kirby. Sehingga tidak aneh jika dia akhirnya menjadi calon superhero baru di MCU. Simon adalah anak kedua dari saingan Tony Stark alias Iron Man, yaitu Sanford Williams. Awalnya Simon sendiri adalah salah satu anggota tim supervillain Masters of Evil, di mana Baron Zemo berhasil menghasutnya untuk menjadi bahan percobaan sinar ion. Pada titik inilah dia mulai mendapatkan kekuatan supernya sebagai Wonder Man yang terkenal sebagai ‘energi ion hidup’.

Meskipun dia sempat menyusup sebagai anggota Avenger untuk menghancurkan tim, pada akhirnya dia menyadari bahwa Avenger adalah orang-orang baik. Dia kemudian berbalik melawan Masters of Evil dan menjadi superhero. Banyak sekali kisah menarik yang dia alami di Marvel Comics, salah satunya adalah ketika pikiran dia menjadi salinan dari Vision. Hal ini secara tidak langsung telah membuat mereka seperti saudara. Pada tahun 80-an, Wonder Man juga sempat bertemu Hawkeye dan bergabung West Coast Avenger. Sejak saat itulah dia makin yakin bahwa tempatnya adalah bersama para superhero.

BACA JUGA: Marvel Studios Garap Series Wonder Man!

Selain menjalin persahabatan dengan superhero pria, Wonder Man juga sempat beberapa kali berpacaran dengan superhero wanita di Avenger. Beberapa di antaranya adalah Scarlet Witch dan juga Captain Marvel. Dengan berbagai relasinya ini ada banyak sekali tim superhero yang pernah mengajak bergabung. Salah satunya yang paling menarik adalah saat dia bergabung dengan Babysitters Club. Di mana dia bersama Balder the Brave, Hawkeye Kate Bishop, dan Spider-Man Miles Morales, melakukan petualangan untuk menyelamatkan putri Odin, Laussa, di kisah War of the Realms.

Salah Satu Superhero Terkuat

Seperti yang sudah kita bahas di atas, Wonder Man adalah seorang energi ion hidup. Itulah mengapa saat seluruh orang di Kota New York terinfeksi symbiote, dia adalah satu-satunya orang yang tidak terinfeksi. Dia mengaku bahwa tubuhnya adalah ion, bukan darah maupun daging seperti manusia biasa. Dengan alasan ini juga dia tidak pernah terlihat mengeluarkan darah ketika bertarung. Sedangkan untuk kekuatan fisiknya, konon Wonder Man dapat menyaingi kekuatan Sentry yang terkenal sebagai karakter terkuat di galaksi. Karena hal ini juga dia menjadi salah satu yang terkuat di Avenger.

Seakan kekuatan fisik super masih belum cukup untuk Wonder Man, Marvel juga telah memberikan lebih banyak kemampuan lain dan membuatnya superior. Kemampuan tersebut di antaranya adalah kecepatan super, terbang, kekebalan, healing factor, berubah bentuk, dan kecerdasan super. Dia juga terbukti bisa menembakan energi ion dari mata dan tangannya. Dengan berbagai kekuatan ini bisa dibilang Wonder Man adalah paket lengkap superhero yang ada di Marvel Universe.

BACA JUGA: All of Us Are Dead: Karakter ini Kembali di Season 2?

Mental yang Tidak Stabil

Namun, di balik kekuatan supernya yang banyak, Wonder Man juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah mental yang kurang stabil. Karena kelemahan ini, dia pernah tiba-tiba melawan Avengers. Hal itu bisa terjadi karena dia merasa keberadaan tim telah membawa keburukan bagi Bumi. Kemudian dalam kesempatan lain dia juga pernah menolak untuk melakukan kekerasan, di mana hal ini membuatnya sama sekali tidak berguna. Untungnya berbagai kelemahan ini pada akhirnya mampu Wonder Man atasi dengan mencoba membangun kembali niatnya sebagai superhero sekaligus Avengers.

Itulah pembahasan mengenai karakter Wonder Man di Marvel Comics. Setelah pengumuman yang Marvel Studios sampaikan baru-baru ini, tinggal menunggu waktu sampai akhirnya kita bisa menyaksikannya versi MCU. Sampai saat ini masih belum terungkap siapa yang akan memerankan karakter Wonder Man di serialnya nanti. Kira-kira siapa aktor yang akan cocok untuk memerankannya, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.