Para fans dari seri One Piece penasaran dengan apa yang terjadi dengan nasib para Yonko. Seperti yang kita ketahui, dua Yonko akhirnya kalah dalam pertempuran besar di Wano. Dua Yonko yang dimaksud adalah Big Mom dan Kaido, dua sosok Yonko terkuat. Kekalahan dari kedua Yonko tersebut tentunya benar-benar sangat mengguncang semua orang.

Seperti yang banyak fans spekulasikan sebelumnya, kemungkinan besar kabar mengenai kekalahan Kaido dan juga Big Mom akan tersebar ke seluruh dunia dalam waktu yang singkat. Dan Gorosei sendiri menyadari hal tersebut, seperti yang kita lihat di chapter sebelumnya. Ternyata, hal tersebut terbukti di mana Apoo dan Inbi kemudian muncul dengan surat kabar yang memberikan informasi besar.

Meskipun belum ada konfirmasi resminya, Apoo adalah sosok yang kemungkinan besar membocorkan semua informasi yang terjadi di Wano. Menurut Apoo, ada sosok yang akan menggantikan dua Yonko yang kalah tersebut. Untuk kandidat yang pertama, tidak lain sosok yang akan menjadi seorang Yonko adalah Monkey D. Luffy. Semua orang sudah menduga mengenai hal ini.

Di sisi lain, petunjuk mengenai Luffy menjadi seorang Yonko sendiri sudah muncul sejak di arc Whole Cake Island. Saat itu, pihak surat kabar Morgan menganggap Luffy adalah sosok Yonko kelima. Dan prediksi tersebut pada akhirnya menjadi kenyataan pasca kekalahaan Kaido. Kemudian, sebagian fans berpendapat bahwa karakter lainnya yang akan menjadi Yonko adalah salah satu dari Law dan juga Kid.

BACA JUGA: Spy X Family: Mengenal Organisasi Rahasia Loid & Yor!

Namun, terdapat sebuah spekulasi menarik di mana kemungkinan sosok lain yang akan mengisi posisi tersebut. Sosok lainnya yang akan mengisi kekosongan posisi Yonko adalah Buggy. Mengapa Buggy? Bukankah seharusnya yang menjadi Yonko juga adalah salah satu dari Law dan Kid? Pihak surat kabar Morgan mungkin tidak akan menganggap keduanya sebagai partner dari Luffy, melainkan bawahannya.

Mereka mungkin akan menganggap kekalahan Kaido dan juga Big Mom merupakan bukti kedahsyatan dari Luffy. Sedangkan, Kid dan Law hanyalah sosok yang “membantu” Luffy untuk bisa menang. Geeks pun mungkin bertanya, lalu bagaimana Buggy bisa menjadi seorang Yonko? Apa yang membuat dia bisa menjadi seorang Yonko?

Alasan Buggy Menjadi Yonko di One Piece

Ada beberapa alasan mengapa kemudian Buggy memiliki peluang untuk menjadi seorang Yonko, berdasarkan spekulasi yang beredar.

  • Semua orang tahu bahwa Buggy memiliki “koneksi” yang luar biasa. Mereka tahu bahwa Buggy merupakan sosok teman dekat dari Shanks. Dia juga merupakan mantan kru dari sang raja bajak laut, Gol D. Roger. Semua hal tersebut akhirnya sampai ke telinga Pemerintah Dunia setelah dia kabur dari Impel Down. Di sisi lain, hal ini juga yang kemudian membuat Buggy menjadi seorang Shichibukai.
  • Kekalahan dan juga kejatuhan dunia bawah tanah di Dressrosa terjadi pasca kekalahan Doflamingo. Sosok penguasa Dressrosa tersebut akhirnya kalah setelah Luffy datang dan kemudian ikut membantu membebaskan negara tersebut. Absennya Dofy membuat para kriminal atau dunia bawah tanah kehilangan arah. Buggy dan anak buahnya yang kemudian mengisi kekosongan tersebut, yang mana kemudian dia menjadi salah satu sosok yang berpengaruh di sana.

  • Buggy memiliki pengaruh yang tidak kalah besar dari Luffy. Pasca kekalahan Kaido dan Big Mom dari Luffy, artinya akan ada ruang atau ‘gap’ yang kosong. Seperti halnya yang terjadi di Dressrosa, Luffy akan mendapatkan satu kekosongan tersebut, dan Buggy akan mengisi kekosongan yang lain berkat pengaruhnya yang besar.

Kesimpulannya

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, kemungkinan susunan Yonko yang baru adalah Luffy, Buggy, Shanks, dan juga Blackbeard. Meskipun Trafalgar Law dan Eustass Kid memiliki peluang untuk bisa menjadi Yonko, namun beberapa hal mencegah mereka untuk bisa menjadi Yonko. Pertama, keduanya tidak memiliki pengaruh. Terlepas dari keduanya adalah sosok yang populer berkat kekuatan mereka, namun mereka tidak memiliki pengaruh di dunia tersebut.

Kemudian, mereka pun tidak memiliki wilayah kekuasaan. Dua hal tersebut adalah sesuatu yang para Yonko miliki, dan bahkan bisa kita katakan merupakan “syarat” untuk menjadi Yonko. Di sisi lain, dengan Apoo yang kemungkinan menyebarkan atau membocorkan kabar tentang apa yang terjadi di Wano, bukan hal yang mustahil jika dia kemudian memberikan perubahan atau menghadirkan twist tentang sosok Kid dan Law. Kita tunggu aja kelanjutan ceritan One Piece ya Geeks!

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/