Seri Spy X Family karya Tatsuya Endo saat ini menjadi bahan perbincangan para penggemar manga dan juga anime. Serinya sendiri menghadirkan sesuatu yang unik dan menarik, di mana ada berbagai elemen yang muncul dalam ceritanya. Mulai dari politik, percintaan, persahabatan, dan tentunya komedi. Tidak heran memang jika kemudian serinya berhasil merebut perhatian dari para fans.

Spy X Family sendiri berkisah tentang keluarga Forger, di mana keluarga tersebut sengaja dibangun untuk kebutuhan sebuah misi rahasia. Mereka adalah Loid Forger alias Twilight, Yor Forger alias Yor Briar, dan Anya Forger. Namun, tanpa masing-masing sadari mereka memiliki sebuah rahasia yang tidak ingin keluarga mereka ketahui. Loid Forger sebenarnya adalah mata-mata nomor satu. Sementara istrinya, Yor, adalah seorang pembunuh terkenal.

Loid mengenal sosok Yor sebagai pekerja kantoran di gedung pemerintah. Sedangkan, Yor mengenal Loid sebagai seorang psikiatris dan juga ayah dari Anya. Loid sendiri merupakan mata-mata yang bekerja untuk WISE, sedangkan Yor bekerja untuk The Garden. Apa dan siapa sebenarnya WISE dan The Garden? Apakah mereka saling terkait? Berikut adalah penjelasan mengenai kedua organisasi tempat Yor dan Loid “bekerja.”

Mengenal WISE

Dalam kilas balik dari Loid Forger di chapter 62, terungkap bahwa Loid bisa menjadi seorang mata-mata setelah ada seseorang melihat talentanya saat bergabung menjadi tentara. Loid sendiri merasa bahwa sudah tidak ada lagi hal yang bisa dia lakukan di militer, semenjak semua teman-temannya tewas dalam sebuah operasi. Dan akhirnya, dia pun menerima tawaran dari sosok misterius tersebut.

Pria misterius yang merekrut Loid bekerja untuk W.I.S.E. atau Westalia Inteligence Service atau Biro Rahasia Westalia. Secara garis besarnya, WISE merupakan sebuah organisasi atau biro rahasia yang berasal dari Westalis. Loid benar-benar mendapatkan pelatihan yang sangat berat dan juga panjang untuk bisa menjalankan setiap tes yang mereka berikan. Saat Loid sudah siap, dia pun kemudian mendapatkan nama samaran Twilight.

Dengan kecerdasan yang Loid miliki, tidak butuh waktu lama baginya untuk menjadi seorang mata-mata terhebat di Westalis. WISE sendiri memiliki misi untuk mencegah berbagai ancaman dan juga hal lainnya, yang berusaha merusak proses perdamaian antara Westalis dan Ostania. Banyak misi yang harus Loid dan agen rahasia lainnya lakukan demi terjaganya semua hal.

Layaknya sebuah organisasi rahasia, sering kali ketika Loid menerima sebuah misi baru, maka akan ada komunikasi tersembunyi yang muncul. Loid menerima perintah dari seorang penyelia, bernama Sylvia Sherwood. Sylvia adalah seorang wanita yang tangguh, namun dia sangat tenang dan penuh dengan perhitungan. Dia juga merupakan sosok yang cerdas yang mengagumi kehebatan dari sosok Loid.

BACA JUGA: Naruto: 10 Kage Berkekuatan Dahsyat!

WISE memiliki banyak kontak, yang mengurusi berbagai hal. Franky Franklin adalah salah satu kontak yang bekerja untuk WISE. Franky biasanya bertugas untuk memberikan berbagai informasi, membuat peralatan mata-mata, dan sebagainya. Sosoknya sangat mirip dengan peran “Q” di franchise James Bond. WISE sendiri saat ini sedang menjalankan sebuah misi terbesar dan paling panjang yang mereka pernah lakukan.

Operation Strix

Nama operasi yang sedang Loid jalani saat ini adalah ‘Operation Strix’, di mana inilah alasan mengapa Loid kemudian membentuk keluarga Forger. Operasi jangka panjang ini memiliki misi besar yaitu menghentikan rencana politik jahat dari Desmond Donovan. Dan untuk bisa melakukannya, Loid perlu untuk menghabisi nyawanya. Desmond sendiri adalah sosok yang luar biasa tertutup. Sehingga sangat sulit untuk bisa sekedar mendekatinya.

Melalui keluarga, Loid memiliki rencana di mana dia akan menggunakan anak adopsinya, Anya, untuk bisa mendekati Desmond. Caranya adalah membuat Anya bisa dekat atau menjadi teman dari Damian, anak kedua dari Desmond. Berbagai hal lucu dan menarik terjadi ketika Anya berusaha untuk membantu ayahnya menjalankan misi ini. Para fans sendiri masih penasaran dengan kelanjutan misi rahasia dari Loid ini.

Kehidupan Yor Briar Sebagai Pembunuh di Spy X Family

Sebelum Yor menikahi Loid, dia merupakan kakak dari Yuri. Nama asli mereka adalah Yor dan Yuri Briar. Sejak kecil, keduanya sudah menjadi yatim piatu. Dan mereka pun menghabiskan masa kecil mereka di Eastern Nielsberg, Ostania. Sedari kecil, Yor sudah melakukan kerja paruh waktu untuk membantu keuangan mereka berdua. Yor benar-benar mengisi semua peran demi sang adik.

Ketika remaja, Yor kemudian direkrut oleh sebuah organisasi rahasia yang menyadari potensi kekuatan fisik dan juga kemampuan yang ada dalam diri Yor. Pada saat itu, Yor benar-benar mau melakukan apa pun demi bisa melanjutkan kehidupan mereka. Dan inilah yang kemudian membuka jalan bagi Yor sebagai seorang pembunuh paling terkenal, di mana dia sering dipanggil sebagai ‘Thorn Princess’.

Mengenal The Garden

Organisasi rahasia yang kemudian merekrut, melatih, dan mempekerjakan Yor sebagai seorang pembunuh bayaran dikenal dengan nama “The Garden”. Mereka adalah organisasi paramiliter tidak resmi, yang berfokus untuk menghabisi berbagai target tertentu. Biasanya, para target ini merupakan sosok yang pemerintah Ostania anggap sebagai ancaman atau pengkhianat.

Meskipun begitu, tidak jarang juga mereka akan menyediakan jasa untuk perlindungan bagi beberapa sosok khusus. Misalnya para pejabat dari Pemerintah Ostania atau tamu-tamu VIP lainnya. Seperti halnya WISE, The Garden juga penuh dengan para pembunuh yang sangat hebat. Meskipun begitu, dari semua aset atau pembunuh hebat yang ada di The Garden, Yor adalah sosok terbaik mereka.

Bukti nyata dari hal tersebut adalah Yor diketahui tidak pernah gagal dalam menjalankan tugas yang mereka berikan. Dalam kehidupan sehari-hari, Yor bekerja di kantor pemerintahan Berlint sebagai pegawai biasa. Pimpinan dari tempat Yor kerja sendiri sebenarnya adalah bagian dari The Garden. Jika WISE menghubungi Loid untuk menjalankan misi melalui kode atau pesan rahasia, lain halnya dengan The Garden.

Biasanya, mereka akan langsung menghubungi nomor milik Yor atau nomor kantornya. Meskipun begitu, tetap ada pesan rahasia dalam percakapan mereka untuk menghindari kecurigaan. Pemimpin dari The Garden sendiri merupakan seorang laki-laki paruh baya, yang biasa disebut sebagai “The Shopkeeper.” Dia pun sebenarnya adalah seorang pembunuh yang handal. Semenjak Yor menikah, dia pun perlahan mengurangi aktifitasnya sebagai pembunuh. Saat ini, dia hanya akan bergerak ketika sang pemimpin langsung yang memintanya atau ketika ada sebuah misi khusus.

Baik WISE atau pun The Garden merupakan organisasi rahasia yang menjadi tempat Yor dan Loid bernaung. Mereka berasal dari dua negara yang berbeda, namun kedua organisasi rahasia ini benar-benar sangat efektif dan luar biasa dalam menjalankan apa yang mereka lakukan. Ini yang kemudian menjadi salah satu elemen menarik yang muncul dalam seri Spy X Family.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.