Dalam cerita Naruto, para Kage adalah sosok yang terkuat di sebuah desa shinobi dan mereka bertanggung jawab atas semua yang terjadi di desa tersebut. Seorang Kage juga harus rela menyerahkan nyawanya, demi melindungi orang-orang di desa tersebut. Karena itulah, meskipun semua orang bisa bermimpi menjadi Hokage, namun tidak semua bisa atau mampu mewujudkan hal tersebut.

Meskipun sebagian besar para Kage yang ada di cerita Naruto adalah sosok yang kuat, namun tentunya ada beberapa sosok yang memiliki kekuatan lebih dibandingkan para Kage lainnya. Masing-masing Kage memiliki keunikan dan kelebihan mereka sendiri. Meskipun begitu, pada intinya para Kage ini sangatlah dahsyat. Siapa saja mereka?

BACA JUGA: One Piece: Para Admiral ini Memilih Pensiun!

Mu

Mu merupakan Tsuchikage kedua dari desa Iwagakure. Dia adalah sosok shinobi yang hebat dan merupakan guru dari Onoki. Dia juga merupakan pengguna dari Particle Style Justu yang membuatnya bisa lepas dari kemampuan atau justu apa pun dalam sekejap. Mu juga memiliki kekuatan untuk membelah tubuhnya menjadi dua dan menjadi tidak terlihat.

Dia merupakan Kage yang paling underrated atau kurang diperhitungkan, terlepas dari kemampuannya yang cukup dahsyat. Yang juga menarik dari sosok Mu adalah dia memiliki kemampuan untuk mengetahui keberadaan seseorang dari jarak yang sangat jauh. Karena itulah, dia menjadi salah satu shinobi dengan kemampuan sensor yang dahsyat.

Gaara

Kazekage kelima dari desa Sunagakure. Gaara sudah menjadi Kage di usianya yang masih muda, dan sudah banyak pencapaian yang dia dapatkan dan perlihatkan. Gaara memang bukan Kazekage yang paling kuat di awal kepemimpinannya, namun seiring berjalannya waktu, kekuatan dan kemampuannya semakin meningkat, terutama saat perang besar ninja keempat.

Salah satu pencapaian besar Gaara adalah dia berhasil melampaui ayahnya, yang juga pernah menjabat sebagai seorang Kazekage, dengan memperlihatkan kemampuan bertarungnya saat menghadapi Madara Uchiha. Harus kita akui bahwa Gaara memiliki kedahsyatan dalam hal kemampuan bertarung. Dan tidak lupa juga, pengendalian pasir Gaara sudah sangat jauh berbeda dengan sosok Gaara yang dahulu.

Yagura Karatachi

Sebelum Mei Terumi menduduki posisi Mizukage, Yagura Karatachi merupakan Mizukage di desa Kirigakure alias dia merupakan Mizukage keempat. Dia sendiri merupakan Jinchuuriki dari Osobu, bijuu berekor tiga, yang menjadi sumber kekuatan bagi desanya. Yagura sudah menguasai seluruh kekuatannya di usia muda, dan kemudian berkembang menjadi pemimpin desa tersebut.

Tidak ada informasi kapan pastinya Yagura menjadi seorang Kage di desa Kirigakure. Namun, ada kemungkinan Yagura menduduki posisi tersebut ketika usianya masih 20an tahun. Sebagai seorang Jinchuuriki yang sempurna, Yagura berhasil menangani dua anggota Akatsuki, dan bahkan membunuh salah satunya. Karena hal inilah Yagura merupakan sosok yang sangat kuat untuk mendukung posisinya sebagai Kage.

Gengetsu Hozuki

Gengetsu Hozuki merupakan Mizukage kedua dari desa Kirigakure, dan juga merupakan Mizukage paling kuat. Meskipun secara penampilan dia tidak nampak seperti seorang Hokage, atau berpenampilan seperti halnya para Hokage lain, namun dia sebenarnya adalah sosok yang kuat dalam pertarungan, terutama dalam penggunaan Genjutsu.

Gengetsu memiliki kemampuan yang setara dengan Mu, dalam hal kemampuan bertarung dan keduanya juga sudah seri saling serang dan saling bunuh. Gengetsu sangat ahli dalam penggunaan jutsu Water Release dan juga sama seperti Mu, dia adalah seorang Kage yang sangat underrated dibandingkan dengan para Kage lainnya. Padahal, potensi dari Hozuki sendiri cukup besar sebagai seorang karakter.

Ay

Ay merupakan Raikage keempat dari desa Kumogakure dan merupakan salah satu karakter yang paling beringas dan tangguh dalam cerita Naruto. Kemampuan petir yang dia milki benar-benar dilatih sampai pada titik puncak kekuatannya. Kemampuan tersebut dia kombinasikan dengan kemampuan Taijutsu yang luar biasa, membuat Ay sulit untuk musuh kalahkan dalam sebuah pertarungan.

Ay juga terkenal sebagai shinobi yang paling cepat dan paling kuat di eranya, berkat kemampuan bertarungnya. Dengan seluruh kemampuan yang dia miliki, Ay bahkan mampu bertarung melawan Madara Uchiha untuk beberapa saat dalam peristiwa perang besar ninja keempat. Hal tersebut memberikan gambaran seberapa kuat karakternya.

Raikage Ketiga

Jika Raikage Keempat terkenal sebagai shinobi yang memiliki kecepatan dahsyat, maka Raikage Ketiga memiliki kekuatan yang sangat luar biasa. Bahkan, dia merupakan sosok Raikage yang paling kuat di desa Kumogakure. Raikage Ketiga sendiri merupakan ayah dari Ay. Dan sama seperti anaknya, Raikage Ketiga sangat ahali dalam pengendalian Kekkei Genkai Lightning Release.

Salah satu bukti kekuatan dari sang karakter adalah dia mampu mengalahkan seekor Bijuu, atau monster berekor, sendirian. Hal ini terjadi ketika monster berekor delapan, Gyuuki, mengamuk dan Raikage Ketiga kemudian menhadapi sang monster sendirian dan menang. Dalam perang besar ninja ketiga, dia pernah berhadapan dengan 10.000 shinobi musuh selama tiga hari berturut-turut.

Kazekage Ketiga

Kazekage ketiga ini terkenal sebagai Kazekage terkuat sepanjang sejarah desa Sunagakure, sebelum kemudian muncul sosok Gaara. Umumnya para Kazekage di desa tersebut, dia diberkahi Kekkei Genkai Jiton, atau pengendalian pasir magnet. Hal inilah yang menjadi salah satu sumber kekuatan dari Kazekage ketiga. Sayangnya, Kazekage ketiga harus tewas secara misterius.

Salah satu bukti kekuatan dari Kazekage ketiga ini, selain mampu menciptakan dan mengendalikan pasir magnet, dia pun hampir mampu lepas dari pengendalian Orochimaru saat dia menggunakan Edo Tensei. Dan dalam upayanya tersebut Kazekage Ketiga hanya menggunakan kekuatan tekadnya.

Hashirama Senju

Salah satu karakter terkuat dari seluruh seri Naruto, Hashirama Senju adalah Hokage pertama dari desa Konoha. Meskipun Hashirama diberkahi oleh kekuatan fisik yang kuat, kemampuan terbesarnya ada pada teknik Kekkei Genkai yaitu berupa pengendalian elemen kayu. Bahkan, pada saat itu – sampai sekarang pun – tidak ada shinobi lain yang memiliki teknik serupa selain Hashirama.

Oleh karena itu, Kekkei Genkai tersebut tidak akan mampu untuk bisa orang lain lakukan atau saingi. Selain itu, ada lagi teknik eksklusif lain yang tidak mampu untuk orang atau shinobi lain gunakan, yaitu teknik True Several Thousand Hands. Teknik ini membuat Hashirama bisa mengeluarkan ribuan tangan untuk menahan atau menyerangan musuhnya. Orang-orang sering kali menganggap Hashirama sebagai salah satu “dewa shinobi” dan dia juga yang mewariskan tekad api kepada penduduk Konoha.

Hiruzen Sarutobi

Hiruzen Sarutobi atau yang terkenal dengan sebutan sang professor atau dewa dari para shinobi, merupakan salah satu Hokage yang paling kuat. Sarutobi merupakan murid dari dua shinobi besar Konoha, Hashirama dan Tobirama. Sarutobi lulus dari akademi ninja di usianya yang ke 12 tahun, dan di usia tersebut juga Sarutobi sudah ikut serta dalam perang besar ninja pertama.

Sayangnya, dalam perang tersebut Tobirama Senju harus tewas. Ketika perang tersebut kemudian Tobirama menunjuk Sarutobi untuk menjadi Hokage ketiga. Hal tersebut terjadi setelah Tobirama melihat bakat dan kemampuan bertarungnnya dan juga semangatnya. Hiruzen menjadi Hokage dalam seri Naruto yang kemudian titel tersebut Naruto sendiri teruskan. Berkat kemampuannya yang mengetahui berbagai macam jutsu, serta menjadi salah satu orang yang bisa mempelajari berbagai teknik ninja, Sarutobi kemudian mendapatkan gelar “sang professor.”

Uzumaki Naruto

Mungkin Geeks sudah tidak aneh dengan sosok Naruto yang menjadi Hokage di desa Konoha. Sedari awal serinya muncul, Naruto selalu mengatakan mimpinya yaitu menjadi seorang Hokage di desa Konoha. Mimpi tersebut akhirnya tewujud, seperti yang diperlihatkan dalam cerita Boruto. Naruto sendiri sudah ikut dalam perang besar ninja di usianya yang masih 17 tahun.

Dia adalah sosok shinobi yang paling kuat di serinya dan satu-satunya orang yang memiliki kekuatan sama dengan Naruto adalah Sasuke Uchiha. Kekuatan Naruto masih terus berkembang dan semakin kuat setelah dia mendapatkan kemampuan baru yang diberikan oleh Hagoromo Otsutsuki. Namun, sayangnya, pasca pertarungan melawan Isshiki, Naruto harus kehilangan Kurama dan sebagian besar kekuatannya. Meskipun begitu, Naruto tetap menjadi salah satu shinobi dan Kage terkuat di franchise ini.

Dengan kekuatan dan kedahsyatan dari kemampuan mereka, rasanya wajar jika kemudian para karakter ini mampu untuk menjadi seorang pemimpin. Mereka rela mengorbankan nyawa dan juga mengerahkan semua kekuatan demi melindungi desa. Meskipun begitu, tentunya pada masa depan nanti akan muncul para generasi baru yang memiliki potensi sama dengan mereka.