Angkatan laut merupakan salah satu kekuatan besar dalam cerita One Piece, selain Pemerintah Dunia dan juga Yonko. Mereka merupakan ujung tombak bagi pihak Pemerintah Dunia, karena biasanya pihak pemerintah akan mengandalkan angkatan laut untuk melakukan berbagai hal yang terkait dengan keamanan. Contohnya membasmi ancaman bajak laut, atau menjaga keseimbangan dunia.

Para admiral merupakan contoh nyata dari kekuatan besar angkatan laut. Mereka yang terpilih menjadi sosok admiral angkatan laut merupakan sosok yang kuat. Para admiral ini juga memiliki pengalaman bertarung yang luar biasa, karena mereka sudah terbiasa menghadapi berbagai ancaman besar yang ada. Meskipun begitu, tidak selamanya para admiral tersebut akan bertugas. Berikut adalah para admiral yang sudah hengkang dari angkatan laut.

Sengoku

Sengoku the Buddha dahulu merupakan Fleet Admiral atau kepala markas pusat angkatan laut sebelum time-skip terjadi. Posisi Sengoku tersebut menggantikan posisi Kong, yang pindah ke Mary Geoise. Sengoku kemudian memutuskan untuk pensiun pasca perang besar Marineford, dan sekarang Sakazuki yang menggantikan posisinya. Bersama Garp dan Tsuru, Sengoku menjadi salah satu angkatan laut terkuat di generasinya.

Sengoku mengonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu, yang merupakan buah iblis langka yang bisa membuat Sengoku berubah menjadi sosok patung Buddha raksasa berwarna emas. Ketika Sengoku menjadi raksasa, dia bisa mengeluarkan gelombang kejut yang membuat musuh kewalahan. Selain buah iblis, kemampuan Haki Sengoku juga sangat kuat. Sebenarnya, meskipun sudah pensiun, Sengoku tetap diminta untuk berkontribusi demi angkatan laut.

BACA JUGA: One Piece: Begini Cara Kerja Sistem Bounty!

Zephyr

Zephyr memang bukan merupakan karakter kanon, namun dia adalah salah satu karakter yang cukup populer di franchise One Piece. Memiliki julukan si tangan hitam, Zephyr merupakan pemimpin dari Neo Marines dan merupakan antagonis utama dari film One Piece Film: Z. Sebelum membentuk Neo Marines, Dia sempat menjadi seorang admiral di angkatan laut. Namun, si tangan hitam tersebut kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Admiral.

Bersama dengan Sengoku, Garp, dan Tsuru, Zephyr merupakan salah satu angkatan laut terkuat di generasinya. Dia merupapakan sosok yang melahirkan angkatan laut hebat seperti sosok Sakazuki dan Kuzan. Meskipun usianya sudah terbilang tua, tetapi kekuatan fisiknya sangat luar biasa. Dia adalah satu-satunya admiral yang tidak memiliki kekuatan buah iblis. Namun, dia mampu menandingi kekuatan Admiral saat ini.

Monkey D. Garp

Monkey D. Garp atau yang lebih dikenal sebagai Garp sang pahlawan angkatan laut, merupakan seorang karakter yang luar biasa kuat dalam cerita One Piece. Sebagai rival dari Roger, Garp berhasil mengukuhkan namanya menjadi salah satu karakter yang paling kuat di seri ini. Garp merupakan sosok angkatan laut yang pernah mengalahkan Rocks D. Xebec, yang mana menjadikannya sosok yang menarik.

Garp memang bukanlah seorang admiral, melainkan wakil admiral. Namun, seperti yang muncul dalam ceritanya, dia beberapa kali menolak tawaran tersebut. Padahal, semua orang mengakui bahwa Garp memiliki potensi dan kemampuan seorang admiral. Garp sendiri beralasan bahwa dia tidak ingin berada di bawah kendali Pemerintah Dunia. Sehingga, dia selalu menolak tawaran tersebut.

Meskipun sudah pensiun atau tidak lagi aktif di angkatan laut, pada kenyataanya para mantan angkatan laut dan admiral ini tetap memiliki kekuatan dahsyat dalam diri mereka. Dengan kedahsyatan tersebut bukan tidak mungkin jika mereka akan kembali bertugas, seperti yang terjadi kepada Fujitora. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran mereka kedepannya dalam menghadapi berbagai ancaman yang akan muncul pasca apa yang terjadi di Wano.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.